OPPO Berencana Investasi USD7 Miliar untuk Kembangkan Ekosistem Perangkat Pintar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 11 Desember 2019 - 17:31 WIB

Tony Chen, Founder dan CEO OPPO
Tony Chen, Founder dan CEO OPPO

INDUSTRY.co.id - Jakarta - OPPO menyelengarakan perhelatan OPPO INNO DAY 2019 di Shenzhen dengan tema besar Create Beyond Boundaries, event ini bertujuan memberikan gambaran mengenai inovasi pada era koneksi cerdas.

Pada event ini, OPPO menunjukkan berbagai macam perangkat pintar termasuk smart watch, smart headphone, 5G CPE, AR Glass bersama dengan terobosan teknologi utama OPPO seperti pengisian daya cepat, 5G, teknologi pencitraan dan optimasi perangkat lunak. Event ini juga mengajak partner, ahli industri dan ahli teknologi untuk berkolaborasi untuk teknologi masa depan.

Dalam keynote yang dipresentasikan pada event ini, Tony Chen, Founder dan CEO OPPO mengatakan, sebagai adopsi teknologi 5G dan peningkatan kecerdasan buatan, era konektifitas cerdas akan semakin terjangkau, kami percaya konsep dari sebuah koneksi hanyalah menjadi dasar, sedangkan integrasi dan konvergensi dari perangkat akan menjadi masa depan.

"Konsep dari konektifitas cerdas terdiri dari empat bagian utama, termasuk konvergensi teknologi dan layanan, konvergensi organisasi, konvergensi budaya dan konvergensi dari teknologi, seni dan manusia," kata Chen melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Rabu (11/12/2019).

Chen juga mengatakan, OPPO lebih dari sekedar produsen perangkat telepon sejak awal, faktanya, smartphone hanyalah menjadi pintu gerbang untuk menghadirkan berbagai macam portofolio layanan teknologi. Bagi OPPO bahkan seluruh industri, tidak akan ada perusahaan yang hanya berfokus pada smartphone.

Dalam 3 tahun kedepan, Chen mengumumkan anggaran untuk penelitian dan pengembangan sebesar USD7 miliar akan digunakan dalam pengembangan teknologi inti pada perangkat keras, perangkat lunak dan pengembangan 5G/6G, AI, AR, big data dan teknologi terdepan lainnya.

Untuk meraih kesempatan pengembangan 5G, OPPO berencana mengimplementasikan tiga strategi kunci. Sebagai permulaan, perusahaan akan tetap berkomitmen pada pengembangan dan penelitian teknologi untuk mengembangkan teknologi terkemuka di dunia, kedua, OPPO akan membangun ekosistem multi-portal perangkat cerdas dengan smartphone sebagai gateway utama; dan akhirnya, OPPO terus akan melihat kembali layanan pengguna dan mengoptimalkan konten dan menawarkan inovasi layanan.

Levin Liu, OPPO Vice President dan Kepala OPPO Research Institute mengatakan, karena pentingnya konvergensi antara teknologi dan layanan yang menjadi sebuah faktor utama, OPPO sedang membangun model teknologi terintegrasi  yang mencakup lima bidang, peralatan, data, komputasi, layanan dan skenario.

"Model teknologi dimana 5G dan Kecerdasan buatan berfungsi sebagai infrastruktur dan kapasitas inti, menintegrasikan keseluruhan teknologi untuk menciptakan sebuah pengalaman teknologi konsisten yang menyeluruh. OPPO akan mengikuti konsep 3 strategi kunci sebagai roadmap yang mencakup skenario pribadi, skenario vertikal dan konvergensi skenario untuk merencanakan susunan lini perangkat kedepan," kata Liu.

Dengan ini, Liu menambahkan bahwa OPPO berencana untuk meluncurkan smart watch, smart wireless headphone dan 5G CPE pada kuartal pertama tahun 2020.

Selama acara, OPPO dan IHS Markit, salah satu penyedia informasi global terkemuka, bekerjasama merilis whitepaper dengan judul, “Intelligent Connectivity: Unleashing Opportunities wuth the Power of 5G, AI and Cloud.” Dengan memberikan gambaran mengenai tren dan prospek industri pada era konektivitas cerdas yang didukung oleh jaringan 5G. Pada whitepaper ini juga memberikan saran dan panduan untuk pengembangan ekosistem cerdas dan konvergen di masa depan.

OPPO juga menjadi tuan rumah sebuah forum dengan judul “Future Integration in the 5G World”, dengan beberapa partner terdepan dalam industri, termasuk OPPO Chief 5G Scientist Henry Tang, Finansial Writer and Founder of Hangzhou Bajiuling Cultural Creativity Co.,Ltd and Lashizi Finansial Publishing Center Wu Xiaobo, IHS Markit Executive Director Tom Morrod, Microsoft (China) National Technology Officer Qing Wei, Endowed Boya Professor of Peking University and Executive Director of Center on Frontiers of Computing Studies Chen Baoquan, and Founder of Context Lab Sheng Wu, bertukar pandangan tentang konektifitas cerdas yang ditenagai oleh jaringan 5G.

Menggabungkan wawasan yang berasal dari tren konektifitas cerdas dan penguraian dari pengembangan roadmap teknologi, OPPO berkomitmen untuk melanjutkan fokusnya pada pengembangan teknologi dan inovasi masa depan. Tujuan utama adalah mendorong pengembangan jangka panjang pada bisnis perangkat pintar, menyajikan pengguna pengalaman teknologi yang lebih komprehensif dan personal.

Pada konferensi tersebut, Chen mengatakan OPPO akan tetap setia pada nilai – nilai inti perusahaan “Benfen”, sekaligus secara aktif berkeja sama dengan seluruh mitra di seluruh rantai industri dengan terbuka dan saling menguntungkan untuk mengeksplorasi masa depan konektifitas pintar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Menkominfo Johnny G Plate mengadakan pertemuan dengan President Qualcomm Cristiano Amon

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:18 WIB

Menkominfo Bahas Kerja Sama Pengembangan Teknologi 5G dengan Qualcomm di Davos

Menteri Johnny menyampaikan bahwa Indonesia berpeluang besar dan sedang bersiap untuk menjadi digital hub di kawasan Asia.

Evelina F. Pietruschka selaku Presiden Komisaris WanaArtha Life.

Jumat, 24 Januari 2020 - 18:32 WIB

WanaArtha Life Ambil Bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020

Switzerland-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life kembali ambil bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020 yang ke-50, tanggal 21-24 Januari…

Komoditas Porang

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:49 WIB

Kementan Fasilitasi Madiun Bangun Kawasan Porang Genjot Ekspor

Tanaman porang saat ini mulai dilirik untuk dikembangkan secara luas. Pasalnya, produk dari komoditas ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Yang paling menarik untuk dijadikan bahan baku kosmetik…

Ilustrasi penipuan

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:03 WIB

Sepeda Listrik Murah Menjamur, Waspada Penipuan

Transaksi penipuan online seakan tak pernah henti dilakukan. Berbagai cara dan modus dilakukan untuk meraih keuntungan besar, meskipun ada ancaman pidana yang siap menjerat para pelaku.

Direksi PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI). Dari kiri ke kanan : Nicolaus Prawiro, Sujaya Dinata Pangestu, Grace Juliana (Direktur Keuangan). Foto: istimewa

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:00 WIB

Asuransi Cakrawala Proteksi Tempati Kantor Baru di Citra Towers

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI) saat ini terus memperkuat kegiatan operasional seiring pertumbuhan bisnis yang dialaminya. Salah satu usaha memperkuat…