Tingkatkan Layanan Kesehatan, Grab-Good Doctor Luncurkan GrabHealth

Oleh : Herry Barus | Selasa, 10 Desember 2019 - 16:00 WIB

Tingkatkan Akses Kesehatan, Grab-Good Doctor Luncurkan GrabHealth
Tingkatkan Akses Kesehatan, Grab-Good Doctor Luncurkan GrabHealth

Jakarta - Good Doctor Technology Indonesia, perusahaan penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi bermitra dengan Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan solusi layanan kesehatan digital lengkap dalam satu platform Grab yang disebut GrabHealth powered by Good Doctor.

GrabHealth powered by Good Doctor merupakan solusi layanan kesehatan lengkap yang menyediakan tanya jawab kesehatan secara daring (online) dengan dokter-dokter profesional, E-commerce (perdagangan elektronik) untuk berbagai produk kesehatan & kebugaran serta berbagai konten mengenai kesehatan, kebugaran dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter. Indonesia merupakan pasar pertama yang Grab meluncurkan layanan kesehatan digital di aplikasinya. Didukung oleh jangkauan geografis Grab yang luas di Indonesia, GrabHealth powered by Good Doctor hadir dengan tujuan untuk meningkatkan akses terhadap layanan dokter dan kesehatan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia.

dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia, mengatakan, “Good Doctor Technology Indonesia memiliki visi untuk menyediakan ‘Satu Dokter untuk Satu Keluarga (One Doctor for One Family)’ di Indonesia. Kami bekerja sama dengan Grab, platform online to offline (O2O) terkemuka di Asia Tenggara yang akan memungkinkan kami dalam menyediakan akses ke dokter dan spesialis bagi seluruh keluarga di Indonesia."

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia mengatakan, Selasa (10/12/2019) , “Kami percaya bahwa setiap orang berhak memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Untuk itu sebagai bagian dari investasi Softbank senilai US$2 miliar yang diumumkan pada Juli lalu saat kunjungan kepada Presiden Jokowi, kami sangat senang meluncurkan GrabHealth powered by Good Doctor, sebagai upaya pertama kami untuk memberikan layanan kesehatan online. Didukung dengan jangkauan yang luas di seluruh wilayah Indonesia dan pemahaman mendalam mengenai pasar dalam negeri, kami berharap GrabHealth powered by Good Doctor dapat menjadi solusi yang layak untuk memperluas aksesibilitas layanan kesehatan berkualitas, sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan komunitas yang kami layani di seluruh Indonesia.”

Salah satu prioritas layanan kesehatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional adalah untuk mengimplementasikan Program Indonesia Sehat dengan fokus Pendekatan Keluarga, berdasarkan 12 indikator utama keluarga sehat. Pada Juli 2019, Indeks Keluarga Sehat (IKS) adalah 0,18 atau 18%[1], yang berarti sebagian besar keluarga Indonesia masih tergolong tidak hidup sehat. Tantangan lain yang masih ada adalah distribusi tenaga profesional kesehatan yang tidak merata di seluruh negara, yang saat ini hanya 12 provinsi yang memiliki rasio sehat 1: 2500[2]. Selain itu, Arah Kebijakan RPJMN 2020-2024[3] juga bertujuan untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta dengan penekanan pada penguatan pelayanan kesehatan dasar (primary health care) dengan mendorong peningkatan upaya promotif dan preventif didukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Letjen TNI (Pur.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad(K) RI, Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Dr. dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K), M.Epid, MH.Kes mengatakan “Kementerian Kesehatan menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh Good Doctor dan Grab dengan menghadirkan layanan GrabHealth powered by Good Doctor. Kami menyadari, pada era digital seperti sekarang ini, inovasi terkait pelayanan kesehatan memang harus terus dilakukan dan ditingkatkan untuk membangun serta memperkuat ekosistem digital bidang kesehatan. Good Doctor telah menjadi mitra penting dari inisiatif ini melalui penandatanganan MoU kami bulan lalu selama Hari Kesehatan Nasional. Layanan kesehatan digital GrabHealth powered by Good Doctor merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi di bidang layanan kesehatan yang bertujuan untuk mendorong upaya promotif dan preventif sehingga dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan mempromosikan gaya hidup sehat dan memperkuat upaya pencegahan yang pada akhirnya akan membantu pemerintah menurunkan biaya layanan kesehatan yang semakin tinggi di Indonesia saat ini.”

Lebih lanjut dr. Agus mengatakan, “Kami juga mengapresiasi komitmen Good Doctor untuk mendukung misi Kementerian Kesehatan memajukan pelayanan kesehatan berbasis aplikasi serta membangun ekosistem digital bidang kesehatan. Dalam hal ini kami berharap agar layanan GrabHealth powered by Good Doctor terus dapat berkontribusi secara aktif dalam berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan mengembangkan aplikasi dan fitur-fitur guna memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sehingga Grab bersama Good Doctor dapat tumbuh dan berkembang untuk mewujudkan ekosistem digital bidang kesehatan.

Sementara itu Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang diwakili oleh Bapak Nyoman Adhiarna, Plt Direktur Ekonomi Digital yang mewakili  mengatakan, “Pada era digital 4.0 ini, tidak dapat dipungkiri segala aspek kehidupan kita berkaitan dengan teknologi. Dengan adanya layanan seperti GrabHealth powered by Good Doctor ini, diharapkan dapat membuka akses masyarakat terhadap layanan dan informasi akurat yang disampaikan langsung dari para pakar kesehatan yaitu para dokter melalui aplikasi. Kementerian Kominfo melihat bahwa layanan kesehatan berbasis kesehatan memungkinkan lebih banyak masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan yang berkualitas dengan lebih mudah dan nyaman khususnya di banyak wilayah bukan hanya kota besar melalui jaringan komunikasi dan informatika yang saat ini sudah mengalami banyak peningkatan."

Di tempat yang sama dr. Daeng M. Faqih, S.H, M.H, Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia mengatakan, “Kami mendukung kehadiran layanan kesehatan online GrabHealth powered by Good Doctor ini karena akan segera membuka akses yang lebih luas untuk layanan kesehatan dan secara langsung dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebelumnya, IDI dan Good Doctor juga telah melakukan kolaborasi strategis dengan Good Doctor untuk menghadirkan aktivitas penelitian berbasis ‘real world evidence’ yang bertujuan membantu para praktisi kesehatan dalam mengembangkan rencana aksi yang efektif dalam langkah-langkah preventif dan promotif. Kemitraan dengan Good Doctor juga merupakan kolaborasi dan kepercayaan terhadap masa depan industri layanan kesehatan yang diikuti oleh meningkatnya inovasi teknologi.”

GrabHealth powered by Good Doctor, menyediakan berbagai layanan kesehatan digital, termasuk:
●     Tanya jawab kesehatan secara daring (online) dengan dokter-dokter profesional bersertifikat: pengguna dapat berbicara dengan dokter bersertifikat dalam beberapa menit melalui obrolan, panggilan, atau panggilan video untuk menjelaskan masalah kesehatan yang mereka;
●     Membuat perjanjian konsultasi tatap muka dengan dokter: pengguna dapat membuat perjanjian dengan dokter medis pilihan untuk melakukan konsultasi secara langsung. Konsultasi tatap muka dengan dokter yang dirujuk akan secara otomatis dijadwalkan di dalam platform;
●     E-commerce (perdagangan elektronik) untuk berbagai produk kesehatan & kebugaran: pengguna dapat membeli produk kesehatan & kebugaran melalui platform, dan produk akan dikirimkan segera oleh pengemudi Grab ke depan pintu mereka pada hari yang sama;
●     Konten mengenai kesehatan, kebugaran dan gaya hidup yang dikurasi oleh dokter: pengguna dapat mencari dan menerima pesan notifikasi tentang informasi kesehatan, kebugaran, dan gaya hidup yang dikurasi oleh dokter, termasuk artikel, tips, dan video.

Lebih lanjut dr. Adhiatma menambahkan bahwa GrabHealth powered by Good Doctor berupaya untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat akan platform kesehatan yang terpercaya, andal, kredibel, dan inovatif. “Dokter merupakan mitra konsultan kesehatan kami yang sangat ahli di bidangnya masing-masing dan secara senantiasa mematuhi sumpah dan kode etik kedokteran. Salah satu komitmen kami adalah menyediakan konsultasi dokter yang dapat diakses setiap saat selama 24 jam setiap hari. Tidak hanya melalui layanan konsultasi, Good Doctor berkomitmen terhadap layanan kesehatan berkualitas dengan menghadirkan e-commerce di mana pengguna dapat membeli produk kesehatan berkualitas yang disediakan di lebih dari 300 mitra apotek berlisensi. Pengguna dapat dengan mudah menggunakan platform kami untuk memilih produk kesehatan pilihan yang ditawarkan oleh para mitra farmasi dengan harga transparan.”

Saat ini layanan GrabHealth powered by Good Doctor baru tersedia bagi semua pengguna Grab di area Jabodetabek. Namun, layanan ini juga akan diluncurkan secara luas ke daerah-daerah lainnya di Indonesia dalam waktu dekat.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu,

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:24 WIB

Jaga Perekonomian Indonesia, Pemerintah Akan Terus Pantau Dampak Perlambatan Ekonomi Global

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan pemerintah akan terus memantau dampak perlambatan ekonomi global untuk menjaga perekonomian Indonesia. 

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…

Petugas Bank Mandiri mengecek keuangan yang akan ditukarkan ke masyarakat

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:39 WIB

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,3 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret –…

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:27 WIB

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Dalam rangka Ramadan, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT ke-54 pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, PT Jamkrindo melakukan kegiatan Safari Ramadan di beberapa daerah. Dalam kegiatan Safari…

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…