Meski Lesu di 2019, KRAH Patok Pertumbuhan Hingga 3 Kali Lipat di 2020

Oleh : Ridwan | Kamis, 05 Desember 2019 - 19:05 WIB

Direktur Utama PT Grand Kartech Tbk., (KRAH) Johannes Budi Kartika (tengah) seusai Public Expose di Jakarta (Foto:Ridwan/Industry.co.id)
Direktur Utama PT Grand Kartech Tbk., (KRAH) Johannes Budi Kartika (tengah) seusai Public Expose di Jakarta (Foto:Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Grand Kartech, Tbk (KRAH) mencatatkan perlambatan pertumbuhan pendapatan selama 2019, dari sebelumnya sebesar Rp259 miliar pada 2018 diperkirakan menjadi Rp240 miliar di 2019. 

Meskipun demikian, perseroan optimistis akan menorehkan kinerja yang lebih baik di 2020, dengan sektor petrokimia, pembangkit listrik, minyak dan gas sebagai penopang utama.

Direktur Utama KRAH, Johannes Budi Kartika mengatakan, melemahnya ekonomi global menjadi salah satu faktor perlambatan pertumbuhan kami di tahun 2019. 

"Harus diakuai, gejolak ekonomi global turut mempengaruhi bisnis kami di tahun ini," kata Johannes Budi seusai acara Public Expose KRAH di Jakarta, Kamis (5/12).

Johannes menambahkan, pihaknya akan berfokus pada evaluasi biaya produksi guna meningkatkan daya saing dari segi harga jual, namun tanpa mengurangi kualitas dan kehandalan produk.

"Selain itu, kami pun akan berfokus pada penjualan produk-produk yang mempunyai nilai tambah tinggi," ujarnya.

Dirinya optimis kinerja perusahaan di 2020 akan lebih baik. Terlebih, adanya dukungan signifikan dari pemerintah terhadap industri manufaktur dalam negeri.

"Tahun depan optimis bisa 2 sampai 3 kali lipat, dan pertumbuhan laba kita patok 20 sampai 30 persen," harap Johannes.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, oil and gas dan petrochemical masih menjadi sektor andalan yang bisa mendongkrak pertumbuhan bisnisnya. 

"Tahun kemarin, kami sudah teken proyek jangka panjang dengan Chevron, dan tahun ini juga kami akan kerjakan proyek oil and gas di Kalimantan Timur dan salah satu perusahaan Petrochemical terbesar di Indonesia," paparnya.

KRAH adalah perusahaan manufaktur yang menyediakan layanan rancang dan bangun permesinan untuk berbagai industri, diantaranya adalah boiler dan separation instrument.

Sejak 2017, KRAH menjadi distributor tunggal produk steam boiler terkemuka asal Jepang, Samson. Steam boiler Samson tak hanya dirancang untuk keperluan industri energi, akan tetapi dapat dikostumisasikan untuk industri makanan, farmasi hingga pengolahan aspal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peduli ODHA, Pegadaian Serahkan Bantuan Sebesar Rp.41 Juta di Sragen

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:56 WIB

Peduli ODHA, Pegadaian Serahkan Bantuan Sebesar Rp.41 Juta di Sragen

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Pemimpin Wilayah Pegadaian Semarang Mulyono kepada penerima bantuan berinisial AS.

Bioskop CGV* Cinemas

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:37 WIB

Lanjutkan Ekspansi di 2020, CGV Luncurkan Layar Starium di Bogor

Hadir dengan tujuh layar pada debutnya di Sentul Bogor kini CGV* ada di 68 lokasi dengan 396 layar yang tersebar di 35 kota dan 16 Provinsi di Indonesia

 Menkominfo Johnny G Plate mengadakan pertemuan dengan President Qualcomm Cristiano Amon

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:18 WIB

Menkominfo Bahas Kerja Sama Pengembangan Teknologi 5G dengan Qualcomm di Davos

Menteri Johnny menyampaikan bahwa Indonesia berpeluang besar dan sedang bersiap untuk menjadi digital hub di kawasan Asia.

Evelina F. Pietruschka selaku Presiden Komisaris WanaArtha Life.

Jumat, 24 Januari 2020 - 18:32 WIB

WanaArtha Life Ambil Bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020

Switzerland-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life kembali ambil bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020 yang ke-50, tanggal 21-24 Januari…

Komoditas Porang

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:49 WIB

Kementan Fasilitasi Madiun Bangun Kawasan Porang Genjot Ekspor

Tanaman porang saat ini mulai dilirik untuk dikembangkan secara luas. Pasalnya, produk dari komoditas ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Yang paling menarik untuk dijadikan bahan baku kosmetik…