Meski Lesu di 2019, KRAH Patok Pertumbuhan Hingga 3 Kali Lipat di 2020

Oleh : Ridwan | Kamis, 05 Desember 2019 - 19:05 WIB

Direktur Utama PT Grand Kartech Tbk., (KRAH) Johannes Budi Kartika (tengah) seusai Public Expose di Jakarta (Foto:Ridwan/Industry.co.id)
Direktur Utama PT Grand Kartech Tbk., (KRAH) Johannes Budi Kartika (tengah) seusai Public Expose di Jakarta (Foto:Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Grand Kartech, Tbk (KRAH) mencatatkan perlambatan pertumbuhan pendapatan selama 2019, dari sebelumnya sebesar Rp259 miliar pada 2018 diperkirakan menjadi Rp240 miliar di 2019. 

Meskipun demikian, perseroan optimistis akan menorehkan kinerja yang lebih baik di 2020, dengan sektor petrokimia, pembangkit listrik, minyak dan gas sebagai penopang utama.

Direktur Utama KRAH, Johannes Budi Kartika mengatakan, melemahnya ekonomi global menjadi salah satu faktor perlambatan pertumbuhan kami di tahun 2019. 

"Harus diakuai, gejolak ekonomi global turut mempengaruhi bisnis kami di tahun ini," kata Johannes Budi seusai acara Public Expose KRAH di Jakarta, Kamis (5/12).

Johannes menambahkan, pihaknya akan berfokus pada evaluasi biaya produksi guna meningkatkan daya saing dari segi harga jual, namun tanpa mengurangi kualitas dan kehandalan produk.

"Selain itu, kami pun akan berfokus pada penjualan produk-produk yang mempunyai nilai tambah tinggi," ujarnya.

Dirinya optimis kinerja perusahaan di 2020 akan lebih baik. Terlebih, adanya dukungan signifikan dari pemerintah terhadap industri manufaktur dalam negeri.

"Tahun depan optimis bisa 2 sampai 3 kali lipat, dan pertumbuhan laba kita patok 20 sampai 30 persen," harap Johannes.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, oil and gas dan petrochemical masih menjadi sektor andalan yang bisa mendongkrak pertumbuhan bisnisnya. 

"Tahun kemarin, kami sudah teken proyek jangka panjang dengan Chevron, dan tahun ini juga kami akan kerjakan proyek oil and gas di Kalimantan Timur dan salah satu perusahaan Petrochemical terbesar di Indonesia," paparnya.

KRAH adalah perusahaan manufaktur yang menyediakan layanan rancang dan bangun permesinan untuk berbagai industri, diantaranya adalah boiler dan separation instrument.

Sejak 2017, KRAH menjadi distributor tunggal produk steam boiler terkemuka asal Jepang, Samson. Steam boiler Samson tak hanya dirancang untuk keperluan industri energi, akan tetapi dapat dikostumisasikan untuk industri makanan, farmasi hingga pengolahan aspal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cibinong New City

Minggu, 05 Juli 2020 - 22:17 WIB

Winner Group Hadirkan Cibinong New City, CBD Pertama Di Cibinong

Pengembang properti asal Batam, Winner Group berkolaborasi dengan Sapta Group, yang merupakan anak perusahaan PT. Bumi Citra Permai, Tbk,. tengah mengembangkan Cibinong New City. Proyek prestisius…

Pesan Protokol Kesehatan di Sosial Media Facebook Presiden Jokowi

Minggu, 05 Juli 2020 - 20:13 WIB

Jokowi Unggah Pesan Berperilaku di Era New Normal, Netizen: Gregetan Pak, Orang Pada Gak Sadar, Malah Buka Maskernya Baru Batuk

Presiden Joko Widodo (Jokowidalam sebuah postingan di platform sosial media Facebook miliknya @Presiden Joko Widodo, Minggu (5/7) menjelaskan bagaimana masyarakat berperilaku dalam tatanan hidup…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:53 WIB

Kabar Gembira! Pemerintah Tetapkan Dana Desa Rp71,19 Triliun, Keluarga Penerima Manfaat Mendapat Rp2,7 juta

Pemerintah telah menerbitkan PMK 50/2020 yang mengubah ketentuan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa yang mengatur relaksasi persyaratan, tahapan penyaluran, serta prioritas penggunaan Dana Desa.…

Bank BNI

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:31 WIB

Rayakan Ulang tahun ke-74 di Tengah Pandemi, Dirut Herry Sidharta: Sikap Sense of Crisis Tertanam dalam Benak BNI

Ulang tahun ke-74, yang jatuh hari ini, 5 Juli 2020, menjadi momen istimewa bagi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI karena hari bahagia itu dirayakan ketika Indonesia tengah dilingkupi…

Lerby Eliandry Bali United FC

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:00 WIB

Lerby Penggawa Bali United Sap Berlatih Bersama Tim

Kompetisi Liga 1 2020 yang akan diselenggarakan kembali pada bulan Oktober mendatang mendapat respon positif dari salah satu penyerang Bali United. Kabar baik ini berdasarkan surat resmi PSSI…