Rakornas Kamkamla 2019 Resmi Ditutup

Oleh : Herry Barus | Minggu, 01 Desember 2019 - 05:30 WIB

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R.
Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R.

INDUSTRY.co.id - Jakarta   Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R. yang diwakili oleh Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Nursyawal Embun resmi menutup Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Keamanan dan Keselamatan Laut Bakamla RI 2019 yang digelar di Aula Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/19).

Dalam kata sambutannya, Kepala Bakamla RI menyatakan bahwa Rakornas ini sangatlah penting artinya untuk mensinergikan kegiatan operasi keamanan laut Bakamla RI dan instansi yang berwenang di laut. Sehingga kegiatan operasi kedepannya dapat optimal, baik yang dilaksanakan secara terpadu dengan Bakamla maupun operasi sendiri masing-masing instansi.

Perkembangan permasalahan di perairan Indonesia, katanya, terus bergerak dinamis dengan beragamnya modus operandi yang juga berkembang. Demikian pula isu-isu keamanan laut di perairan Indonesia maupun di wilayah yuridiksi Indonesia, terutama dibatas maritim Indonesia dan negara tetangga.

Kepala Bakamla RI berharap ada keselarasan pelaksanaan operasi, seperti ketepatan dalam pemilihan waktu dan daerah operasi serta interoperabilitas sarana dan prasaran secara bersinergi antara instansi keamanan laut.

"Rakornas menyepakati adanya pertukaran informasi dan sinergi dalam pelaksanaan operasi antar instansi maritim penegakan hukum di laut, kemudian permasalahan yang muncul atau ditemui dalam pelaksanaan tugas operasi keamanan laut dilapangan dapat didiskusikan bersama, untuk mendapat perhatian bersama dan mendapat solusi pemecahan yang tepat dan sesuai dengan norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Kepala Bakamla RI.

Acara Rakornas Kamkamla Bakamla RI 2019 yang digelar sejak 28 November 2019 itu dihadiri oleh puluhan peserta dari unsur Kapal Bakamla RI dan undangan dari instansi maritim Indonesia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vaksin Covid-19 (ist)

Jumat, 25 September 2020 - 18:20 WIB

Kabar Gembira! Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sukses, WHO Segera Distribusikan ke Seluruh Penjuru Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengonfirmasi keberhasilan ujiklinis vaksin COVID-19 buatan China, termasuk CoronaVac buatan Sinovac. WHO menyatakan distribusi segera dilakukan merata…

Migas Ilustrasi

Jumat, 25 September 2020 - 18:16 WIB

Tender TPPI Berjalan Secara Transparan dan Bersih, Angka Impor Migas akan Ditekan

Jakarta- Kabar baik muncul dari rencana pembangunan pusat produksi olefin dan aromatik di kompleks PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Dody Widodo

Jumat, 25 September 2020 - 18:15 WIB

Jaga Ketahanan Industri Nasional, Kemenperin Bakal Evaluasi Sejumlah Kebijakan

Industri manufaktur merupakan salah satu sektor yang selama ini berperan penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Sementara itu, pandemi Covid-19 membawa dampak yang signifikan bagi…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Jumat, 25 September 2020 - 18:00 WIB

Pelatih Tingkatkaan Kemampuan Menyerang Tim Skuad Pangeran Biru

Pelatih Robert Alberts mengatakan, timnya terus meningkatkan kemampuan menyerang sebagai persiapan menghadapi bergulirnya kembali Liga 1 2020 pada Oktober mendatang.

Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat memberikan bantuan mesin dan peralatan kepada UPT Tekstil Majalaya

Jumat, 25 September 2020 - 17:45 WIB

Kemenperin Salurkan Bantuan Mesin dan Peralatan Kepada UPT Tekstil Majalaya

Kementerian Perindustrian aktif memfasilitasi pemberian mesin dan peralatan produksi bagi pelaku industri kecil menengah (IKM). Program ini diyakini dapat meningkatkan produktivitas dan daya…