Kadin-IHK Tingkatkan Pelatihan SDM Bertaraf Internasional

Oleh : Ridwan | Jumat, 17 Maret 2017 - 11:37 WIB

Kadin
Kadin

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerjasama dengan Kadin Jerman (IHK Trier) menyelenggarakan Pelatihan pelatih tempat kerja bertaraf Internasional (Training of the Trainers/ TOT) di wilayah Karawang dan Bekasi.

Kerjasama ini dalam rangka mempercepat revitalisasi pendidikan dan pelatihan menjadi pendidikan sistem ganda (Teori Praktek), serta memperisapkan proses gerakan pemagangan di wilayah Karawang dan Bekasi.

Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani mengatakan, pelatihan ini khusus untuk mengajarkan bagaimana mengajar tentang pekerjaan di masing-masing perusahaan, agar pengajaran dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

Pelatihan ini dilakukan selama 7 hari (5 Hari belajar dan 2 Hari Ujian), dan diikuti oleh Asosiasi, perusahaan, guru dan instansi pemerintah dengan total 24 peserta. 

"Para pelatih ini akan diterjunkan langsung untuk melatih para pimpinan di tiap perusahaan, agar dapat mengusai kompetensi sebagai instruktur dan juga sebagai mentor yang mempunyai kompetensi pedagogik sehingga mampu melahirkan anak didik yang mempunyai kompetensi sesuai persyaratan Nasional," ungkap Rosan.

Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Tenaga Kerja dan Hubungan Industrial, Anton J. Supit mengucapkan terimakasih kepada Kadin Jerman, Pemda, Apindo dan semua pihak yang terkait, yang telah membantu mensukseskan Pelatihan Pelatih Tempat Kerja ini. 

"Saya berharap agar ilmu yang telah didapat ini terus diajarkan ke perusahaan di Karawang dan sekitarnya, sehingga dampak kemajuan SDM akan lebih dirasakan, dan kemudian membantu agar aktivitas pelatihan dapat berjaian dengan baik," terang Anton.

Kadin optimis dengan bantuan berbagai pihak, Gerakan Pemagangan di Kabupaten Karawang dan Bekasi akan berhasil dengan baik 

Sementara itu, Wakil dari Kedutaan Besar Jerman Johannes Kemer menegaskan, ini adalah bentuk komitmen pemerintah Jerman untuk bermitra dengan Indonesia khususnya untuk bersama-sama mengembangkan semua kebutuhan pendidikan kejuruan.

"Jerman melihat Indonesia merupakan partner strategis di Asia Tenggara," ujar Kemer.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:00 WIB

54 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal, Ketua DPR RI Prihatin

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian saat menjalankan…

Ilustrasi SDM Industri

Senin, 22 April 2019 - 19:45 WIB

Sektor Industri Mampu Serap 672 Ribu Tenaga Kerja per Tahun

Kementerian Perindustrian terus berperan aktif menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten untuk memenuhi kebutuhan dunia industri.

Jimly Asshiddiqie Ketum ICMI (Foto: Teropong Senayan)

Senin, 22 April 2019 - 19:30 WIB

Jimly: Sebaiknya Jokowi-Prabowo Bertemu Silaturahmi

Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Prof Dr Jimly Asshiddiqie menganjurkan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto untuk…