C3 Anime Festival Asia (AFA) Akan Hadir di Singapura

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 November 2019 - 17:09 WIB

Anime Festival Asia (AFA)
Anime Festival Asia (AFA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Konvensi tahunan anime Jepang hadir kembali di Singapura. Acara yang menawarkan pertunjukan budaya pop Jepang ini akan menghadirkan berbagai tren, mode, anime dan manga.

Kegiatan yang selalu dipadati berbagai kalangan itu akan dimeriahkan oleh penampilan para pemain kostum (cosplayer), voice artist (pengisi suara), penyanyi, seniman, grup musik lokal hingga negara-negara sekitar Asia. C3 Anime Festival Asia (C3AFA) akan berlangsung di Suntec Singapore Convention and Exhibition Center akhir November ini.

Menurut pendiri platform digital untuk wisata Singapura SGB Tatiana Gromenko, budaya Jepang memang sudah dikenal dan diadopsi secara luas oleh masyarakat dunia, termasuk Singapura dan bahkan Indonesia.

Kegiatan apapun yang bernuansa Jepang selalu dipadati oleh setiap masyarakat pecinta anime di kedua negara tersebut. Sebagai orang Rusia yang pernah tinggal di Indonesia, Tatiana merasakan bahwa infiltrasi budaya Jepang di Indonesia bisa dikatakan cukup berhasil.

“Kita bisa melihat komik-komik Jepang sangat laris di Indonesia. Bahkan film animasinya pun menduduki rating tertinggi di televisi lokal dengan pemirsa anak-anak dan dewasa. Uniknya, komik Jepang itu lintas generasi. Saya amati selama tinggal di Indonesia, penggemar Doraemon, Sinchan, Detective Conan bervariasi dari anak-anak hingga yang sudah punya anak,” kata Tatiana melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Rabu (20/11/2019).

Menurut Tania, panggilan akrabnya, Singapura dan Indonesia memiliki kemiripan dalam hal adopsi kultur Jepang. Masing-masing negara tersebut memiliki penggemar fanatik yang menjadikan Jepang sebagai second culture dalam keseharian mereka. Apa saja yang popular di Jepang biasanya akan popular juga di Singapura atau Indonesia.

“Adanya C3 Anime Festival Asia yang akan berlangsung tanggal 29 November sampai 1 Desember nanti akan menjadi obat rindu pecinta budaya pop Jepang. Apalagi Singapura cukup dekat diakses dari Indonesia. Pengunjung nantinya bisa menikmati sajian dengan nuansa Jepang yang kental.” tambahnya.

C3AFA mulai diselenggarakan sejak 2008 dan menjadi acara budaya Jepang terbesar di dunia yang diselenggarakan di Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, Hongkong dan Jepang sendiri.  Dalam 10 tahun terakhir telah diselenggarakan hampir 30 festival dan menghadirkan 1,7 juta pengunjung.

Tahun lalu, festival ini juga diselenggarakan di Jakarta dengan menghadirkan 58 ribu pengunjung dan 173 ekshibitor. Sementara di Singapura menarik 105 ribu pengunjung dan 211 pameran.

“Dari data yang saya dapatkan, C3AFA tahun lalu di Jakarta, sebanyak 57 persen pengunjung berusia 17 hingga 21 tahun, sedangkan di Singapura 47 persen berumur 21 hingga 29 tahun. Saya pikir tahun ini di Singapura tidak jauh beda komposisi demografinya,” tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Berinternet (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:15 WIB

Pengguna Internet Makin Meningkat, Ini Cara untuk Melindungi Data Pribadi

Menurut data yang dihimpun Social-Hootsuite pada Januari 2021 menunjukan pengguna internet di Indonesia tumbuh 15,5 persen atau sebesar 27 juta orang selama pandemi. Sementara pengguna media…

Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:00 WIB

Sandiaga Berharap Desa Wisata jadi Lokomotif Perkembangan Ekonomi di Indonesia

Dalam Webinar Desa Wisata – Desa Kreatif Sumatera Selatan, yang diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:30 WIB

Sudah Menjadi Gaya Hidup, Kenali Dampak Dari Digitalisasi

Digitalisasi telah mengubah interaksi sosial di masyarakat. Dengan bantuan teknologi yang sebenarnya memudahkan kehidupan, di balik itu terdapat kehati-hatian gaya hidup yang membuat masyarakat…

Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:00 WIB

DPR: Pembentukan Holding Jadi Upaya Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional

Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin menilai upaya pembentukan holding gula Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan upaya yang strategis untuk memenuhi kebutuhan gula nasional.

Ilustrasi Digital UMKM (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 06:30 WIB

Berkat Marketplace, Pelaku UMKM Bisa Bertahan Selama Pandemi

Survei terbaru mengungkapkan sebanyak 4,7 juta UMKM telah merambah ke ekosistem digital dalam kurun waktu 11 bulan terakhir selama pandemi. Totalnya kini sekitar 64 juta UMKM secara keseluruhan…