C3 Anime Festival Asia (AFA) Akan Hadir di Singapura

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 November 2019 - 17:09 WIB

Anime Festival Asia (AFA)
Anime Festival Asia (AFA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Konvensi tahunan anime Jepang hadir kembali di Singapura. Acara yang menawarkan pertunjukan budaya pop Jepang ini akan menghadirkan berbagai tren, mode, anime dan manga.

Kegiatan yang selalu dipadati berbagai kalangan itu akan dimeriahkan oleh penampilan para pemain kostum (cosplayer), voice artist (pengisi suara), penyanyi, seniman, grup musik lokal hingga negara-negara sekitar Asia. C3 Anime Festival Asia (C3AFA) akan berlangsung di Suntec Singapore Convention and Exhibition Center akhir November ini.

Menurut pendiri platform digital untuk wisata Singapura SGB Tatiana Gromenko, budaya Jepang memang sudah dikenal dan diadopsi secara luas oleh masyarakat dunia, termasuk Singapura dan bahkan Indonesia.

Kegiatan apapun yang bernuansa Jepang selalu dipadati oleh setiap masyarakat pecinta anime di kedua negara tersebut. Sebagai orang Rusia yang pernah tinggal di Indonesia, Tatiana merasakan bahwa infiltrasi budaya Jepang di Indonesia bisa dikatakan cukup berhasil.

“Kita bisa melihat komik-komik Jepang sangat laris di Indonesia. Bahkan film animasinya pun menduduki rating tertinggi di televisi lokal dengan pemirsa anak-anak dan dewasa. Uniknya, komik Jepang itu lintas generasi. Saya amati selama tinggal di Indonesia, penggemar Doraemon, Sinchan, Detective Conan bervariasi dari anak-anak hingga yang sudah punya anak,” kata Tatiana melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Rabu (20/11/2019).

Menurut Tania, panggilan akrabnya, Singapura dan Indonesia memiliki kemiripan dalam hal adopsi kultur Jepang. Masing-masing negara tersebut memiliki penggemar fanatik yang menjadikan Jepang sebagai second culture dalam keseharian mereka. Apa saja yang popular di Jepang biasanya akan popular juga di Singapura atau Indonesia.

“Adanya C3 Anime Festival Asia yang akan berlangsung tanggal 29 November sampai 1 Desember nanti akan menjadi obat rindu pecinta budaya pop Jepang. Apalagi Singapura cukup dekat diakses dari Indonesia. Pengunjung nantinya bisa menikmati sajian dengan nuansa Jepang yang kental.” tambahnya.

C3AFA mulai diselenggarakan sejak 2008 dan menjadi acara budaya Jepang terbesar di dunia yang diselenggarakan di Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, Hongkong dan Jepang sendiri.  Dalam 10 tahun terakhir telah diselenggarakan hampir 30 festival dan menghadirkan 1,7 juta pengunjung.

Tahun lalu, festival ini juga diselenggarakan di Jakarta dengan menghadirkan 58 ribu pengunjung dan 173 ekshibitor. Sementara di Singapura menarik 105 ribu pengunjung dan 211 pameran.

“Dari data yang saya dapatkan, C3AFA tahun lalu di Jakarta, sebanyak 57 persen pengunjung berusia 17 hingga 21 tahun, sedangkan di Singapura 47 persen berumur 21 hingga 29 tahun. Saya pikir tahun ini di Singapura tidak jauh beda komposisi demografinya,” tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mega Life Ass

Sabtu, 11 Juli 2020 - 11:00 WIB

Mega Investa Link Luncurkan Produk Single Premium dengan Redenominasi US Dollar

Bank Mega dan PFI Mega Life (perusahaan patungan antara Prudential Financial Inc dan CT Corporation) bersama-sama mengumumkan peluncuran produk baru yaitu Mega Investa Link pada hari Senin (6/7).…

Kegiatan Membangun Rumah di Kampung Natabui

Sabtu, 11 Juli 2020 - 10:15 WIB

Prajurit TNI Bersama Warga Kampung Natabui Gotong Royong Bangun Rumah

Prajurit TNI dari Kodim 1709/Yawa yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun 2020 bersama warga melaksanakan gotong-royong dalam kegiatan membangun rumah di…

Industri Air Minum Dalam Kemasan (Ist)

Sabtu, 11 Juli 2020 - 10:10 WIB

Masyarakat Diminta Jangan Takut! Kemenperin Pastikan Produk AMDK di Pasaran Sudah Penuhi SNI Wajib

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan bahwa produk air minum dalam kemasan (AMDK) yang beredar di pasar domestik dan diproduksi oleh industri di tanah air telah memenuhi standar…

Suryacipta Melihat Prospek Kawasan Industri di Subang

Sabtu, 11 Juli 2020 - 10:00 WIB

Suryacipta Kepincut Kembangkan kawasan industri Subang Jadi Pusat Industri Manufaktur

Dijuluki sebagai kota nanas, Subang ternyata tidak hanya memiliki perkebunan nanas serta makanan olahan nanas yang melimpah ruah. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2018 terdapat…

Dokter Reisa Jubir Corona

Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:46 WIB

Berolahraga di Ruang Publik, Dokter Reisa: Jika Lari atau Jogging Pastikan Berjarak Sepuluh Meter

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Dokter Reisa Broto Asmoro mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang tersedia di ruang publik…