C3 Anime Festival Asia (AFA) Akan Hadir di Singapura

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 November 2019 - 17:09 WIB

Anime Festival Asia (AFA)
Anime Festival Asia (AFA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Konvensi tahunan anime Jepang hadir kembali di Singapura. Acara yang menawarkan pertunjukan budaya pop Jepang ini akan menghadirkan berbagai tren, mode, anime dan manga.

Kegiatan yang selalu dipadati berbagai kalangan itu akan dimeriahkan oleh penampilan para pemain kostum (cosplayer), voice artist (pengisi suara), penyanyi, seniman, grup musik lokal hingga negara-negara sekitar Asia. C3 Anime Festival Asia (C3AFA) akan berlangsung di Suntec Singapore Convention and Exhibition Center akhir November ini.

Menurut pendiri platform digital untuk wisata Singapura SGB Tatiana Gromenko, budaya Jepang memang sudah dikenal dan diadopsi secara luas oleh masyarakat dunia, termasuk Singapura dan bahkan Indonesia.

Kegiatan apapun yang bernuansa Jepang selalu dipadati oleh setiap masyarakat pecinta anime di kedua negara tersebut. Sebagai orang Rusia yang pernah tinggal di Indonesia, Tatiana merasakan bahwa infiltrasi budaya Jepang di Indonesia bisa dikatakan cukup berhasil.

“Kita bisa melihat komik-komik Jepang sangat laris di Indonesia. Bahkan film animasinya pun menduduki rating tertinggi di televisi lokal dengan pemirsa anak-anak dan dewasa. Uniknya, komik Jepang itu lintas generasi. Saya amati selama tinggal di Indonesia, penggemar Doraemon, Sinchan, Detective Conan bervariasi dari anak-anak hingga yang sudah punya anak,” kata Tatiana melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Rabu (20/11/2019).

Menurut Tania, panggilan akrabnya, Singapura dan Indonesia memiliki kemiripan dalam hal adopsi kultur Jepang. Masing-masing negara tersebut memiliki penggemar fanatik yang menjadikan Jepang sebagai second culture dalam keseharian mereka. Apa saja yang popular di Jepang biasanya akan popular juga di Singapura atau Indonesia.

“Adanya C3 Anime Festival Asia yang akan berlangsung tanggal 29 November sampai 1 Desember nanti akan menjadi obat rindu pecinta budaya pop Jepang. Apalagi Singapura cukup dekat diakses dari Indonesia. Pengunjung nantinya bisa menikmati sajian dengan nuansa Jepang yang kental.” tambahnya.

C3AFA mulai diselenggarakan sejak 2008 dan menjadi acara budaya Jepang terbesar di dunia yang diselenggarakan di Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, Hongkong dan Jepang sendiri.  Dalam 10 tahun terakhir telah diselenggarakan hampir 30 festival dan menghadirkan 1,7 juta pengunjung.

Tahun lalu, festival ini juga diselenggarakan di Jakarta dengan menghadirkan 58 ribu pengunjung dan 173 ekshibitor. Sementara di Singapura menarik 105 ribu pengunjung dan 211 pameran.

“Dari data yang saya dapatkan, C3AFA tahun lalu di Jakarta, sebanyak 57 persen pengunjung berusia 17 hingga 21 tahun, sedangkan di Singapura 47 persen berumur 21 hingga 29 tahun. Saya pikir tahun ini di Singapura tidak jauh beda komposisi demografinya,” tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

imoo Watch Phone

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:38 WIB

imoo Watch Phone Kado Natal Impian Anak Kini Turun Harga

Baru-baru ini imoo Watch Phone meluncurkan produk terbarunya yaitu imoo Watch Phone Z6 dengan mode flip Front & Rear Dual Camera. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1995 ini dalam lima tahun…

Konferensi Pers Kinerja Industri Asuransi Jiwa Kuartal III 2019

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:01 WIB

Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Naik Sebesar 14,7%

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memaparkan kinerja industri asuransi jiwa pada kuartal 2019, dengan menghimpun data dari 59 perusahaan dari 60 total anggota. Hasil data tersebut menunjukkan…

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Minggu, 15 Desember 2019 - 20:00 WIB

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Swiss-Belhotel International, yang merupakan jaringan manajemen hotel global, ikut berpartisipasi dalam mempromosikan Bali sebagai daerah tujuan yang ideal bagi mereka yang membutuhkan “bleisure…

Asuransi Ilustrasi

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:30 WIB

Literasi Dorong Industri Asuransi Syariah

Jakarta - Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah (Islamic Insurance Society) atau IIS melakukan kegiatan literasi untuk mempromosikan dan mensosialisasikan ilmu dan pengetahuan tentang perasuransian…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah) bersama Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), Direktur Wholesale and International Business Telkom Edwin Aristiawan (kedua dari kanan), dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (paling kanan)

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:15 WIB

Indigo Game Startup Incubation Dukung Pengembangan Ekosistem Game di Indonesia

Jakarta – Setelah diluncurkan pada September 2019 lalu, rangkaian kegiatan Indigo Game Startup Incubation yang diiniasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara resmi berakhir yang…