Kegagalan Pemerintahan Jair Bolsonaro dalam menanggulangi Deforestasi Hutan Amazon

Oleh : Baiq Alfia Nur Chandra Mustika | Selasa, 19 November 2019 - 18:25 WIB

Ilustrasi Hutan (Foto: BBPK)
Ilustrasi Hutan (Foto: BBPK)

INDUSTRY.co.id, Deforestasi di Hutan Amazon, Brazil telah mencapai titik tertinggi dalam kurun satu decade terakhir, hal ini berdasarkan data dara pemerintahan baru yang dibawah Jair Bolsonaro.

Dilansir dari Agensi Luar Angkasa Brazil, INPE, angka terbaru menunjukkan bahwa hamper 10.000 km persegi telah raib dalam beberapa waktu terakhir. Ini merupakan sebuah tamparan terhadap penyerap karbon dioksida terbesar di dunia, yang sayangnya harus berkurang karena kepentingan tambang, agribisnis, dan penebang illegal yang jumlahnya semakin bertambah. Dalam data satu tahun terakhir sampai dengan tanggal 30 Juli 2019, sejumlah 9.762 km persegi telah hilang. Terdapat lebih dari 29,5% peningkatan dibandingkan periode 12 bulan yang lalu.

Kecepatan hilangnya lahan Hutan Amazon setara dengan dibentuknya dua lapangan bola dalam satu menit, dan itu adalah rekor tercepat sejak tahun 2008- membuat Brazil sangat sulit untuk mencapai target Paris Agreement yang bertujuan untuk memotong emisi karbon.

Angka tahunan dan informasi yang telah dikumpulkan dari system satelit Prodes, yang dianggap sebagai pengukuran deforestasi paling konservatif. Bagaimanapun juga, peningkatan yang terjadi tidak lah setajam yang diungkapkan oleh sistem Deter yang mengkonfirmasi tren peningkatan pada era Bolsonaro dan para menterinya- yang menganggap hasil sistem tersebut adalah sebuah “kebohongan”, dan pada akhirnya mantan kepala agensi luar angkasa diberhentikan karena telah mengulangi hasil laporan yang sama.

Kelompok-kelompok pencinta lingkungan menyalahkan penerintah untuk “setiap inci dari peningkatan tersebut dikarenakan lemahnya perlindungan akan lingkungan, dan legislasi yang dianggap mendukung para penebang pohon,”

Adriana Ramos, yang merupakan perwakilan dari Socio-environmental Institute mengatakan, “Itu tidaklah mengejutkan melihat presiden yang acap kali melindungi kejahatan lingkungan dan mempromosikan kekebalan hukum.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT SUCOFINDO (Persero) melaksanakan kegiatan web seminar (webinar) guna mendukung peningkatan daya saing industri melalui kalibrasi peralatan operasi secara berkala.

Rabu, 23 September 2020 - 21:10 WIB

Dukung Peningkatan Daya Saing Industri, SUCOFINDO Sharing Pentingnya Kalibrasi Peralatan Operasi Secara Berkala

Jakarta (22/09) - PT SUCOFINDO (Persero) melaksanakan kegiatan web seminar (webinar) guna mendukung peningkatan daya saing industri melalui kalibrasi peralatan operasi secara berkala.

Tingkatkan Kolaborasi, Pemprov DKI dan Bank DKI gandeng Gopay untuk Mudahkan pembayaran pajak

Rabu, 23 September 2020 - 20:37 WIB

Mudahkan Pembayaran Pajak! Kini Pemprov DKI dan Bank DKI Gandeng Gopay

Jakarta – Permudah warga Jakarta melakukan pembayaran PBB secara praktis, Bank DKI dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan GoPay, uang elektronik bagian…

Kunjungan Mappilu PWI Dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PWI Pusat

Rabu, 23 September 2020 - 20:30 WIB

Aziz Syamsuddin: Pensiunan ASN dan TNI-POLRI Perlu Jeda 5 Tahun Terjun ke Politik

Sekertaris Mappilu PWI mengatakan wacana yang dilontarkan Aziz terkait perlunya jeda lima tahun bagi pensiunan ASN dan TNI-Polri untuk terjun ke politik praktis menjadi wacana yang patut didiskusikan…

Serah terima bantuan PT PP ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati

Rabu, 23 September 2020 - 20:26 WIB

PTPP Salurkan Bantuan Logistik ke Rumah Sakit di Jakarta

PT PP (Persero) Tbk, menyalurkan kebutuhan logistik Tim Medis ke Rumah Sakit Polri dan Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu. Bantuan logistic yang diberikan kepada masing-masing Rumah Sakit…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Rabu, 23 September 2020 - 18:00 WIB

Ini Alasan Pelatih PERSIB Robert Berikan Sesi Latihan Bek Lebih Awal

Pelatih Robert Alberts mengungkapkan pentingnya materi latihan yang spesifik bagi pemain di setiap posisi. Oleh sebab itu, dalam agenda latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 23…