Kegagalan Pemerintahan Jair Bolsonaro dalam menanggulangi Deforestasi Hutan Amazon

Oleh : Baiq Alfia Nur Chandra Mustika | Selasa, 19 November 2019 - 18:25 WIB

Ilustrasi Hutan (Foto: BBPK)
Ilustrasi Hutan (Foto: BBPK)

INDUSTRY.co.id, Deforestasi di Hutan Amazon, Brazil telah mencapai titik tertinggi dalam kurun satu decade terakhir, hal ini berdasarkan data dara pemerintahan baru yang dibawah Jair Bolsonaro.

Dilansir dari Agensi Luar Angkasa Brazil, INPE, angka terbaru menunjukkan bahwa hamper 10.000 km persegi telah raib dalam beberapa waktu terakhir. Ini merupakan sebuah tamparan terhadap penyerap karbon dioksida terbesar di dunia, yang sayangnya harus berkurang karena kepentingan tambang, agribisnis, dan penebang illegal yang jumlahnya semakin bertambah. Dalam data satu tahun terakhir sampai dengan tanggal 30 Juli 2019, sejumlah 9.762 km persegi telah hilang. Terdapat lebih dari 29,5% peningkatan dibandingkan periode 12 bulan yang lalu.

Kecepatan hilangnya lahan Hutan Amazon setara dengan dibentuknya dua lapangan bola dalam satu menit, dan itu adalah rekor tercepat sejak tahun 2008- membuat Brazil sangat sulit untuk mencapai target Paris Agreement yang bertujuan untuk memotong emisi karbon.

Angka tahunan dan informasi yang telah dikumpulkan dari system satelit Prodes, yang dianggap sebagai pengukuran deforestasi paling konservatif. Bagaimanapun juga, peningkatan yang terjadi tidak lah setajam yang diungkapkan oleh sistem Deter yang mengkonfirmasi tren peningkatan pada era Bolsonaro dan para menterinya- yang menganggap hasil sistem tersebut adalah sebuah “kebohongan”, dan pada akhirnya mantan kepala agensi luar angkasa diberhentikan karena telah mengulangi hasil laporan yang sama.

Kelompok-kelompok pencinta lingkungan menyalahkan penerintah untuk “setiap inci dari peningkatan tersebut dikarenakan lemahnya perlindungan akan lingkungan, dan legislasi yang dianggap mendukung para penebang pohon,”

Adriana Ramos, yang merupakan perwakilan dari Socio-environmental Institute mengatakan, “Itu tidaklah mengejutkan melihat presiden yang acap kali melindungi kejahatan lingkungan dan mempromosikan kekebalan hukum.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peduli ODHA, Pegadaian Serahkan Bantuan Sebesar Rp.41 Juta di Sragen

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:56 WIB

Peduli ODHA, Pegadaian Serahkan Bantuan Sebesar Rp.41 Juta di Sragen

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Pemimpin Wilayah Pegadaian Semarang Mulyono kepada penerima bantuan berinisial AS.

Bioskop CGV* Cinemas

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:37 WIB

Lanjutkan Ekspansi di 2020, CGV Luncurkan Layar Starium di Bogor

Hadir dengan tujuh layar pada debutnya di Sentul Bogor kini CGV* ada di 68 lokasi dengan 396 layar yang tersebar di 35 kota dan 16 Provinsi di Indonesia

 Menkominfo Johnny G Plate mengadakan pertemuan dengan President Qualcomm Cristiano Amon

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:18 WIB

Menkominfo Bahas Kerja Sama Pengembangan Teknologi 5G dengan Qualcomm di Davos

Menteri Johnny menyampaikan bahwa Indonesia berpeluang besar dan sedang bersiap untuk menjadi digital hub di kawasan Asia.

Evelina F. Pietruschka selaku Presiden Komisaris WanaArtha Life.

Jumat, 24 Januari 2020 - 18:32 WIB

WanaArtha Life Ambil Bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020

Switzerland-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life kembali ambil bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020 yang ke-50, tanggal 21-24 Januari…

Komoditas Porang

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:49 WIB

Kementan Fasilitasi Madiun Bangun Kawasan Porang Genjot Ekspor

Tanaman porang saat ini mulai dilirik untuk dikembangkan secara luas. Pasalnya, produk dari komoditas ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Yang paling menarik untuk dijadikan bahan baku kosmetik…