Ini Prioritas Pembangunan Sektor ESDM Lima Tahun Ke Depan

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 15 November 2019 - 08:00 WIB

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan langkah strategis Kementerian ESDM dalam menjawab tantangan yang dihadapi sektor ESDM ke depan.
Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan langkah strategis Kementerian ESDM dalam menjawab tantangan yang dihadapi sektor ESDM ke depan.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Untuk mewujudkan Indonesia Maju melalui sektor energi dan mineral, Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan langkah strategis Kementerian ESDM dalam menjawab tantangan yang dihadapi sektor ESDM ke depan. Upaya tersebut akan segera diselesaikan secara Cepat, Cermat dan Profesional (CCP) selama lima tahun ke depan.

Prioritas utama yang disoroti oleh Arifin adalah kebutuhan tenaga listrik. Ia berjanji akan menuntaskan program 35.000 Mega Watt (MW) pada akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024. "Dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun ke depan, program 35 ribu MW akan terselesaikan," janji Arifin di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11).

Meningkatnya kebutuhan listrik Arifin, ungkap Arifin, akan diisi dengan mendorong pemanfaatan sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) yang diperkirakan memiliki potensi 400 Giga Watt (GW). "Kita prioritaskan untuk memanfaatkan sumber-sumber EBT. Apalagi Indonesia sangat banyak memiliki sumber, ini kalau hitung berdasarkan datanya bisa mencapai 400 GW," ungkap Arifin.

Perhatiaan besar Arifin terhadap EBT lantaran EBT mampu menghasilkan energi bersih yang ramah lingkungan. "Kita tidak tergantung lagi pada energi fosil dan (EBT) menghasilkan emisi yang bersih yang akan mendukung kesehatan penduduk indonesia sehingga masyarakat tumbuh berkembang cerdas ke depan," kata Arifin.

Salah satu yang akan didorong dalam pengembangan EBT ini adalah biodiesel. Arifin mengungkapkan, pemanfaatan biodiesel juga bermanfaat memberi dampak perekonomian besar bagi pengusaha perkebunan kelapa sawit kecil, disamping sebagai energi bahan bakar rendah emisi. "Apa yang kita lakukan terhadap biofuel adalah untuk mengurangi emisi," ungkap Arifin.

Upaya lain yang jadi fokus Arifin adalah pembangunan transmisi listrik dan gas. Kementerian ESDM akan segera menyelesaikan pembangunan transmisi listrik dan gas di Sumatera dan Kalimantan. "Saya harap keberadaan energi ini mendukung sektor pariwisata. Tanpa energi mungkin agak sulit mengembangkan pariwisata," tuturnya.

 

Beberapa bulan lalu, Pemerintah telah membangun tol listrik di Sulawesi. Membentang sejauh 3.767 kms (kilometer sirkit) dengan 5.687 tower transmisi serta 47 Gardu Induk berkapasitas total 2.648 MVA, tol listrik Sulawesi tahap 1 ini menghubungkan 4 (empat) provinsi yaitu Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

 

Prioritas yang tak kalah penting adalah peningkatanan Domestic Market Obligation (DMO) Batubara. "Kami perkirakan dalam 5 tahun ke depan DMO batubara akan meningkat karna kebutuhannya meningkat. Ini dilakukan dari skala besar dan skala kecil," jelas Arifin.

Guna mempermudah upaya Pemerintah membangun sektor ESDM lima tahun ke depan, Kementerian ESDM tak lupa memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mempemudah eksekusi kebijakan. "Kita akan berkomitmen untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat untuk bisa mendukung keberadaan proyek-proyek tersebut," pungkas Arifin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Latihan Pratugas Satgasmar PAM Puter XXIV Wil Barat Teluk Ratai Ditinjau Kepala Staf Korps Marinir

Selasa, 07 Juli 2020 - 05:30 WIB

Latihan Pratugas Satgasmar PAM Puter XXIV Wil Barat Teluk Ratai Ditinjau Kepala Staf Korps Marinir

Kepala Staf Korps Marinir (KS) Kormar, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah M.Tr. (Han) bersama Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Ahmad Fajar meninjau langsung…

Prajurit Yonif 1 Marinir Sidoarjo Ikuti MTT

Selasa, 07 Juli 2020 - 05:00 WIB

Prajurit Yonif 1 Marinir Sidoarjo Ikuti MTT

Dalam rangka Mobile Training Team (MTT) Mortir 81 mm Tahun 2020 yang digelar Brigif 2 Marinir, Batalyon Infanteri 1 Marinir menyiapkan satu Peleton Mortir 81 mm yang terdiri dari 3 pucuk di…

SOPS Mabes TNI Tujau Latihan Pratugas Operasi Satgasmar Ambalat XXV!

Selasa, 07 Juli 2020 - 04:30 WIB

SOPS Mabes TNI Tujau Latihan Pratugas Operasi Satgasmar Ambalat XXV!

Komandan Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 3 Grati Mayor Marinir Rudi Sutisna M.Tr.Opsla selaku Kepala Pengawas dan Pengendalian (Kawasdal) Latihan Pratugas Satgasmar Pam Ambalat…

Prajurit Pasmar 2 Korps Marinir Tangani Pasien Covid 19 di RS Darurat MPP Sidoarjo

Selasa, 07 Juli 2020 - 04:00 WIB

Prajurit Pasmar 2 Korps Marinir Tangani Pasien Covid 19 di RS Darurat MPP Sidoarjo

Prajurit Korps Marinir dari Batalyon Kesehatan 2 Marinir bahu-membahu dengan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dalam menangani pasien Covid19 yang di rawat di Rumah Sakit…

Ilustrasi Hacker (Doc: Liputan6.com)

Selasa, 07 Juli 2020 - 00:42 WIB

Tokopedia Korban Kejahatan Hacker

Di akhir minggu jagat tekno Indonesia diramaikan dengan berita tentang salah satu anggota grup keamanan siber di Facebook yang berbagi tautan untuk mengunduh 91 juta data pengguna Tokopedia…