Kemenperin Makin Gencar Lahirkan Inkubator Bisnis IKM Kreatif Bidang Kriya dan Fesyen

Oleh : Ridwan | Selasa, 05 November 2019 - 14:30 WIB

Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat menutup Program “Creative Business Incubator 2019” (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat menutup Program “Creative Business Incubator 2019” (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus melahirkan inkubator bisnis industri kecil menengah (IKM) kreatif bidang kriya dan fesyen melalui program "Creative Business Incubator 2019".

Program tersebut merupakan dalah satu rangkaian kegiatan Bali Creative Industry Center (BCIC) Batch I yang diadakan di Jakarta.

"Program ini merupakan wadah bagi anak-anak muda kreatif untuk lebih meningkatkan kemampuan agar kreatifitas sumber daya manusia (SDM) nasional bisa diangkat ke pasar global," kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Selasa (5/11).

Menurut Gati, Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman budaya yang cukup besar, karena memiliki sejarah budaya yang panjang dan interaksi budaya yang beragam. 

Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh BPS bekerjasama dengan Institute of Southeast Asian Studies (ISEAS) pada 2013, terdapat 633 kelompok suku besar di Indonesia. Masing-masing suku tersebut memiliki karya dengan corak khas yang memiliki makna tertentu yang berbeda satu sama lain. 

"Berbagai kekayaan berbasis budaya tersebut merupakan keunggulan kita karena tidak bisa disamai oleh bangsa lain sekaligus merupakan tantangan bagi kita untuk menafsir ulang berbagai tradisi ataupun produk berbasis budaya tersebut agar menjadi keunggulan kompetitif suatu produk dan menarik bagi generasi saat ini," ungkap Gati.

Inkubator Bisnis Kreatif merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bali Creative Industry Center (BCIC), yang telah dilaksanakan sejak tahun 2015.

Tujuan dilaksanakannya Inkubator Bisnis Kreatif (CBI BCIC) adalah untuk meningkatkan kemampuan bisnis pengusaha baru yang bergerak di Industri Kreatif subsektor Fesyen dan Kriya.

Program ini dilaksanakan dalam dua batch, di mana Batch 1 dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 17 September-5 November 2019; dan Pelaksanaan CBI BCIC Batch II di Denpasar, pada tanggal 23 Oktober-7 Desember 2019.

Inkubator Bisnis Batch I diikuti sebanyak 30 (tiga puluh) tenant incubator, dan telah menyelesaikan seluruh rangkaian materi pelatihan.

Para tenant Inkubator Bisnis Kreatif BCIC Batch I akan mengikuti proses kelulusan (Graduation) dan akan ditetapkan 3 (tiga) peserta terbaik, kemudian tenant akan melakukan business pitching di hadapan akademisi, praktisi dan angel investor.

Tim juri business pitching berasal dari perwakilan Universitas Prasetiya Mulya, Kadin, Putera Sampoerna Foundation, Angel Investment Network Indonesia dan angel investor.

"Dengan berbagai fasilitasi yang diberikan, kami berharap 30 pelaku industri kreatif bidang kriya dan fesyen ini bisa menjadi ujung tombak dalam pengembangan Industri Kreatif Kriya dan Fesyen di masa depan," ungkapnya.

Setelah mengikuti proses Inkubator Bisnis pada tahun ini, peserta akan mengikuti proses seleksi untuk program coaching selama tahun 2020. 

Gati berharap, seluruh peserta Inkubator Bisnis tahun ini bisa mengikuti program coaching yang dilaksanakan pada tahun depan sehingga Bisnisnya bisa tumbuh dengan maksimal dan memberikan manfaat kepada masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja.

"Kepada para peserta, kami ucapkan selamat kembali ke rumah masing-masing, menjalankan apa yang sudah dipelajari dan sampai bertemu kembali pada tahun 2020," tutup Gati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…