GDTI-IDI Sepakat Menghasilkan Penelitian Berbasis Bukti Bidang Kesehatan

Oleh : Herry Barus | Senin, 28 Oktober 2019 - 03:22 WIB

 GDTI-IDI Sepakat Menghasilkan Penelitian Berbasis Bukti Bidang Kesehatan
GDTI-IDI Sepakat Menghasilkan Penelitian Berbasis Bukti Bidang Kesehatan

INDUSTRY.co.id - Jakarta–Dalam rangka memperingati Hari Dokter Nasional yang jatuh pada tanggal 24 Oktober, Good Doctor Technology Indonesia (GDTI), sebuah perusahaan teknologi kesehatan,  menandatangani nota kesepahaman (MOU) bersama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Perjanjian MOU yang merupakan awal kolaborasi antara GDTI dan IDI ditandatangani oleh dr. Adhiatma Gunawan sebagai Head of Medical Management dari Good Doctor Technology Indonesia, dr. Ahmad Hidayat, sebagai Wakil Ketua Bidang Riset dan Publikasi Ilmiah IDI, dan dr. Daeng M. Faqih, S.H, M.H sebagai Ketua Pengurus Besar IDI.

Kolaborasi ini bertujuan untuk menghadirkan aktivitas penelitian berbasis ‘real world evidence’ dengan topik seputar kesehatan di Indonesia yang diharapkan dapat membantu para praktisi kesehatan dalam mengembangkan rencana aksi yang efektif dalam langkah-langkah preventif dan promotif.

Hasil kemitraan berupa riset ini nantinya juga diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan menentukan arah agenda dan prioritas kunci di bidang layanan kesehatan dengan lebih mendorong kebijakan berbasis ilmiah didukung data untuk memastikan efektivitas dan dampak yang positif terhadap masyarakat luas.

dr. Daeng M. Faqih, S.H, M.H, Ketua Pengurus Besar IDI, mengatakan, “Selain memperingati Hari Dokter Nasional yang jatuh pada tanggal 24 Oktober, kami juga memperingati hari ulang tahun IDI pada hari yang sama dan kini IDI telah mencapai usia 69 tahun. Kemitraan ini merupakan kolaborasi dan kepercayaan terhadap masa depan industri layanan kesehatan yang diikuti oleh meningkatnya inovasi teknologi yang dapat mendukung penelitian berbasis bukti. Kami berharap kerjasama ini akan meningkatkan hasil penelitian sehingga dapat mempercepat tindakan pencegahan, pengobatan, dan perawatan medis.”

dr. Ahmad Hidayat, Wakil Ketua Bidang Riset dan Publikasi Ilmiah IDI mengatakan, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Good Doctor Technology Indonesia karena kami memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberikan layanan kesehatan yang berkualitas kepada seluruh masyarakat Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat membantu para praktisi kesehatan dalam membuat keputusan klinis terbaik dan kedepannya mendukung para pembuat kebijakan melalui rencana tindakan preventif dan kuratif yang efektif yang akan berdampak langsung pada biaya layanan kesehatan”.

dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management dari Good Doctor Technology Indonesia, mengatakan, "Sebagai salah satu entitas dalam dunia layanan kesehatan digital, kami menyadari pentingnya kolaborasi strategis dengan IDI untuk mencapai visi kami dalam mencapai “One Doctor for One Family (satu dokter untuk setiap keluarga)” di Indonesia. Kolaborasi ini akan menghasilkan sejumlah penelitian mengenai berbagai masalah kesehatan termasuk.tetapi tidak terbatas pada kesehatan keluarga, dalam rangka menciptakan masa depan yang lebih sehat bagi seluruh masyarakat Indonesia.”                                            

Good Doctor merupakan sebuah platform layanan kesehatan online yang berfokus menyediakan solusi kesehatan medis lengkap untuk setiap keluarga di Indonesia. Good Doctor bermitra dengan Grab, penyedia super app terkemuka di Asia Tenggara, untuk menyediakan layanan berkualitas kepada masyarakat Indonesia.

Melalui GrabHealth, Good Doctor Technology Indonesia saat ini menyediakan tiga jenis layanan yaitu layanan konsultasi kesehatan secara daring (online) dengan mitra dokter, menghadirkan layanan e-commerce untuk produk kesehatan & kebugaran, serta artikel-artikel informatif tentang kesehatan, kebugaran, dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim mitra dokter. Melalui layanan-layanan ini, Good Doctor bertujuan menyediakan akses layanan kesehatan berkualitas untuk seluruh keluarga di Indonesia.

Tentang Good Doctor Technology Indonesia

Good Doctor Technology Indonesia merupakan perusahaan layanan kesehatan online berbasis teknologi dan memiliki visi untuk mencapai “One Doctor for One Family (satu dokter untuk satu keluarga)” di Indonesia. Good Doctor Technology Indonesia merupakan mitra resmi yang ditunjuk oleh Grab untuk meluncurkan layanan GrabHealth powered by Good Doctor. Dilengkapi dengan kemampuan teknologi terdepan, Good Doctor Technology Indonesia bertujuan untuk menghubungkan praktisi kesehatan dengan masyarakat yang membutuhkan dengan menghadirkan layanan kesehatan berkualitas, yang meningkatkan aksesibilitas mengatasi tantangan waktu maupun batas-batas geografis.

Tentang Indonesian Medical Association (IDI)  

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) didirikan pada tanggal 24 Oktober 1950 dan merupakan satu-satunya organisasi profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia yang termaktub dalam Undang-Undang Praktik Kedokteran No.29 tahun 2004. IDI bertujuan untuk memadukan seluruh dokter di Indonesia, menjaga dan meningkatkan harkat dan martabat serta kehormatan profesi kedokteran, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, serta meningkatkan kesehatan rakyat Indonesia untuk menuju masyarakat sehat dan sejahtera.

Organisasi ini hadir di 32 Wilayah dan 343 Cabang, IDI juga menaungi 35 Perhimpunan Dokter Spesialis (PDSp), 42 Perhimpunan Dokter Seminat (PDSm), 1 Perhimpunan Dokter Pelayanan Kedokteran Tingkat Pertama (PDPP), 2 Perhimpunan Dokter Penunjang Pengembangan Profesi Kedokteran (PDP3K) dan 1 Perhimpunan Dokter Se-Okupasi (PDsO).

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin