Agus Gumiwang, Putra Mantan Menko Ekuin yang Kini Jadi Menteri Perindustrian

Oleh : Ridwan | Rabu, 23 Oktober 2019 - 12:05 WIB

Menteri Perindustian Agus Gumiwang
Menteri Perindustian Agus Gumiwang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Agus Gumiwang Kartasasmita kembali mengisi kursi menteri di kabinet Jokowi. Menteri Sosial periode pertama ini ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi menteri perindustrian di kabinet Indonesia Maju.

Seperti apa rekam jejak Agus Gumiwang?

Mengutip laman Kementerian Sosial, Rabu (23/10/2019), Politikus Partai Golkar ini merupakan putra Ginandjar Kartasasmita yang merupakan mantan Menteri Pertambangan dan Energi hingga Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan dan Industri (Ekuin) di era Presiden Soeharto.

Pria kelahiran 3 Januari 1969 ini tercatat telah menempuh pendidikan baik di dalam dan luar negeri. Ia menempuh pendidikan di Northeastern University (1987-1991) dan Pacific Western University Bachelor of Science Commercial and Industrial Economic, California USA (1991-1994).

Kemudian, Agus melanjutkan pendidikannya di Program Pascasarjana Magister Adminitrasi Publik Universitas Pasundan (2007-2009) dan Program Doktor Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran (2010-2014).

Untuk karir profesionalnya, ia tercatat pernah menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Agumar Eka pada tahun 1994 hingga tahun 1999. Lalu, menjabat sebagai komisaris di Asiana Lintas Development dari tahun 2012.

Karir Agus lebih banyak dihabiskan di dunia politik sebelum masuk ke kabinet Jokowi. Pada tahun 1998-1999 ia menjadi anggota MPR.

Kemudian, dari 1999 hingga 2018 ia banyak berkarir di DPR. Pada periode 2014 hingga 2018 ia tercatat menjadi anggota DPR di empat komisi yakni Komisi I, XI, III, dan VIII. Di tahun 2017-2018, Agus menjadi Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR RI.

Saat masa kampanye, lulusan Program Doktor Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran itu sempat menjabat sebagai bendahara tim kampanye kandidat nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Posisi itu kemudian diganti setelah Agus dilantik sebagai Menteri Sosial.

Loyalitas Agus Gumiwang kepada Jokowi konsisten sejak Pemilu 2014. Saat itu, partainya memilih mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Sementara Agus terang-terangan berseberangan dengan keputusan partai dan mendukung Jokowi-Jusuf Kalla.

Ia juga aktif menggerakkan para relawan di akar rumput. Imbasnya, Agus pernah dipecat dari Partai Golkar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…

Instruktur AC Daiki di hadapan peserta

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:12 WIB

DAIKIN Goes to Campus Kunjungi Dua Perguruan Tinggi di Padang

PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) kembali mengadakan sesi kuliah tamu, di dua perguruan tinggi di Padang, yakni di Politeknik Negeri Padang dan Universitas Bung Hatta. Kegiatan ini…

TikTok

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:05 WIB

Fitur Sosial Media Ada di Tiap E-Commerce, Apakah Melanggar? Ini Kata Ekonom...

Mendekati tenggat waktu yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) yakni hingga April 2024, dikabarkan bahwa proses integrasi antara TikTok dan Tokopedia hampir rampung.