Mitsubishi Hitachi Power Systems Rampungkan Proyek PLTGU Jawa-2, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap 880.000 kW Resmi Dimulai

Oleh : Ridwan | Kamis, 17 Oktober 2019 - 12:30 WIB

PLTGU Jawa-2
PLTGU Jawa-2

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mitsubishi Hitachi Power Systems, Ltd, perusahaan joint venture antara Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. dengan Hitachi, Ltd., telah menyelesaikan pembangunan PLTGU Jawa-2, pembangkit listrik milik PT. PLN (Persero) di Tanjung Priok.

Pembangunan fasilitas pembangkit tenaga listrik tenaga gas uap ini telah selesai dan pengoperasian telah dimulai.

Dari total output 880.000 kW, selain gas turbin (simple cycle) yang telah beroperasi pada tahun 2018 yang merupakan fasilitas No. 1 dan No. 2, pembangunan Heat Steam Recovery Generator (HRSG) dan turbin uap juga berhasil diselesaikan lebih cepat dari jadwal yang diperkirakan.

Mitsubishi Corporation bersama perusahaan konstruksi PT. Wasa Mitra Engineering telah menerima pesanan penuh untuk kontrak putar kunci (turnkey contract) untuk proyek ini. Selain dua unit turbin gas M701F, MHPS juga memasok dua unit HRSG, satu unit turbin uap dan fasilitas pendukung lainnya, sementara mesin generator dibuat oleh Mitsubishi Electric Corporation.

Proyek ini adalah salah satu rencana untuk memperkuat fasilitas pembangkit listrik termal skala besar terutama di wilayah Jawa Barat dalam menanggapi rencana pemerintah Indonesia untuk mengembangkan pasokan listrik 35 juta kW pemerintah untuk memenuhi permintaan listrik yang meningkat pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi.

Dengan kualitas dan manajemen proses yang terintegrasi, MHPS dapat memberikan pengiriman lebih cepat dari jadwal dan berkontribusi pada rencana pemerintah. Selain itu, proyek ini juga telah menerima penghargaan tahunan dalam kategori “Natural Gas-Fired Power Project of the Year” dari Asian Power Awards 2019.

Ken Kawai, President & CEO dari MHPS mengatakan, pihaknya merasa bangga bisa dipercaya untuk memegang proyek yang akan memberikan dampak bagi masyarakat Indonesia, bukannya hanya untuk kepentingan rumah tangga tetapi juga secara tidak langsung berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan listrik yang mampu membantu industri di wilayah Jawa Barat.

"Oleh karena itu, MHPS tetap memberikan yang terbaik sesuai standard kerja global kami sehingga proyek ini pun selesai lebih cepat dari jadwal yang diperkirakan sebelumnya," katanya di Jakarta, kemarin.

Salah seorang pegawai eksekutif PLN mengatakan bahwa, proyek ini merupakan perwujudan nyata program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35 juta kW. Ini merupakan unit pertama terbesar dari proyek 35 juta kW yang sudah bisa dioperasikan. Koordinasi yang luar biasa antara unit PLN dan mitra.

Penyelesaian proyek PLTGU Jawa 2 ini memberikan manfaat besar bagi ketersediaan pasokan listrik di DKI Jakarta dan perkuatan Sistem Kelistrikan Jawa-Bali sebagai pembangkit dengan tipe Load Follower ataupun Peaker.

Sejak pengiriman turbin uap pertama ke Indonesia pada tahun 1971, MHPS telah bekerja sama dengan negara ini selama 50 tahun dan terus memainkan peran penting dalam pasokan listrik yang stabil di negara ini. Lebih dari 30% dari total kapasitas pembangkit listrik di seluruh Jawa dan Bali disediakan oleh fasilitas dari MHPS.

MHPS akan terus berupaya meningkatkan kontribusinya di pasar tenaga listrik Indonesia dan mempromosikan penggunaan energi low-carbon melalui difusi fasilitas embangkit listrik efisiensi tinggi, agar berkontribusi terhadap konservasi lingkungan global.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang dan Korsel

Senin, 18 November 2019 - 19:01 WIB

Terbang ke Jepang dan Korsel, Menperin Bakal Bawa Pulang Investasi Senilai USD 5 Miliar

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan investasi di sektor industri manufaktur, terutama yang menjadi prioritas dalam Making Indonesia 4.0. Adapun dua negara yang…

Bank Mandiri Syariah (Foto Ist)

Senin, 18 November 2019 - 18:52 WIB

Nasabah Green Sukuk Ritel Mandiri Syariah Terima Penghargaan

Jakarta,--PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berpartisipasi dalam Green Sukuk Investor Day-Green Sukuk Ritel for Sustainable Indonesia  yang diselenggarakan oleh Kementrian Keuangan…

Industri Hasil Tembakau (IHT)

Senin, 18 November 2019 - 18:15 WIB

Bakal Timbulkan Banyak Pengangguran, Kemenko Perekonomian Tak Sepakat Revisi PP 109/2012

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tidak sepakat dengan wacana revisi Peraturan Pemerintah 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau…

PT Astra International Tbk (ASII)

Senin, 18 November 2019 - 17:48 WIB

Berburu Kredit Murah di Astra Auto Fest 2019

Pecinta otomotif dan para pemburu diskon hingga bunga rendah dapat menjelajah di Astra Auto Fest 2019 di BSD City 22-24 November 2019.

Gunawan Salim, Project Leader Astra Auto Fest 2019

Senin, 18 November 2019 - 17:34 WIB

Pameran Otomotif Segera Digelar Astra Auto 2019

Astra Auto Fest 2019 digelar 22-24 november 2019 di BSD City. Enam layanan jasa keuangan turut meramaikan event tersebut.