Jonan Ajak Produsen Otomotif Beralih ke Gas

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 14 Maret 2017 - 16:46 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengajak produsen kendaraan bermotor untuk mendorong program konversi bahan bakar minyak (BBM) menjadi bahan bakar gas (BBG).

"Sebelum kendaraan dilengkapi dengan perlengkapan bahan bakar gas yang perangkat konversinya seharga Rp20 juta, maka stasiun pengisian bahan bakarnya harus bisa menyediakan gas dulu. Nanti produksi kendaraan akan turut mendorong," kata Jonan di Jakarta, Selasa.

Jonan menilai proses konversi dari BBM ke BBG sangat lamban. Bahkan ketika ia menjadi Menteri Perhubungan upaya itu sudah didorong namun tidak kunjung membuahkan hasil positif.

Ia sempat berdiskusi dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengenai konversi BBG. Menurutnya, pada dasarnya industri akan mengikuti permintaan pasar, asal sudah tersedia luas SPBG

"Tantangan selanjutnya adalah menyediakan kebutuhan dari kendaraan sendiri, salah satunya memungkinkan adanya mobil berbahan bakar minyak dan gas sekaligus. Oleh karena itu akan saya dorong dengan adanya Peraturan Menteri, agar tidak mudah diubah-ubah," kata dia.

Kementerian ESDM segera mewajibkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menyediakan dispenser untuk bahan bakar gas.

"Secepatnya kami keluarkan peraturan menteri, cepat ukuran saya itu sekitar satu sampai dua Minggu ke depan untuk aturan penyediaan dispenser gas di SPBU," kata Jonan.

Setidaknya dalam satu SPBU yang di seluruh Indonesia berada di 5.000 titik, akan ada satu selang pengisian untuk bahan bakar gas.

Setelah semua peraturan menteri keluar, ia menargetkan paling lama 12 bulan penyediaan dispenser gas dan satu selang gas setiap SPBU bisa diimplementasikan.

 

(Ant)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.

Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 15:39 WIB

Kemenperin Bongkar Kasus SPK 'Bodong' Senilai Rp80 Miliar di Direktorat IKFH

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berhasil membongkar kasus Surat Perintah Kerja (SPK) fiktif di Direktorat Industri Kimia Hilir dan Farmasi (Direktorat IKFH) Tahun Anggaran 2023.