Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Wisata Menara Salib di Wamena

Oleh : Hariyanto | Minggu, 13 Oktober 2019 - 13:25 WIB

Kawasan Wisata Menara Salib
Kawasan Wisata Menara Salib

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan kawasan Menara Salib Wio Silimo di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. Dukungan dilakukan dalam rangka mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang merata, khususnya dari sektor pariwisata melalui pemanfaatan ruang terbuka publik di wilayah Indonesia bagian timur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dengan adanya penataan kawasan Menara Salib dan semakin baiknya fasilitas pendukungnya diharapkan akan semakin banyak juga wisatawan yang berkunjung ke Wamena. Selain itu juga diharapkan wisatawan lebih lama tinggal sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

“Kawasan wisata harus ditata betul, selanjutnya diperlukan partisipasi masyarakat untuk menjaga kebersihan, agar menjadi kota yang betul-betul dirawat,” kata Menteri Basuki melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Minggu (13/10/2019).

Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya memberikan dukungan infrastruktur melalui penataan kawasan (di luar pembangunan menara) meliputi pekerjaan jalan dan pembangunan sarana pejalan kaki (pedestrian) serta trotoar di Jalan MH Thamrin, Jalan Yos Sudarso, Jalan Bhayangkara, dan Jalan Jenderal Sudirman. Selain itu juga dibangun fasilitas tambahan berupa shelter dan lampu penerangan jalan.

Penataan kawasan Menara Salib Wamena dilakukan Kementerian PUPR sejak tahun 2017 dan telah rampung pada tahun 2018. Biaya pengerjaannya bersumber dari APBN sebesar Rp 19,1 miliar yang dikerjakan oleh kontraktor lokal PT Cahaya Bina Karya Papua.

Menara Salib dikenal sebagai simbol keagamaan sekaligus icon ruang terbuka publik yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya pada tahun 2016.

Kawasan Menara Salib memiliki luas 1,68 hektar yang berada di sekitar Kantor Bupati Jayawijaya sebagai tujuan wisata karena dari lokasi ini wisatawan mendapatkan pemandangan Lembah Baliem yang indah. Kawasan Menara Salib dapat diakses wisatawan dari Bandara Wamena melalui jalur darat dengan waktu tempuh hanya 5 menit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Toys Kingdom Hadirkan Mainan Koleksi BT21 Secara Eksklusif

Kamis, 21 November 2019 - 09:56 WIB

Toys Kingdom Hadirkan Mainan Koleksi BT21 Secara Eksklusif

Pusat mainan dan hobi, Toys Kingdom menghadirkan mainan Collectible Figurine BT21 dengan karakter unik yang diciptakan oleh boyband asal korea. Mainan koleksi ini hanya bisa didapatkan secara…

Irjen Kementerin PUPR Widiarto

Kamis, 21 November 2019 - 09:07 WIB

Kementerian PUPR Perkuat Kerjasama dengan Kejaksaan RI

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa peran lembaga pengawasan sangat penting dalam memberikan pendampingan secara intensif agar pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan Kementerian…

AirAsia Menerima Pesawat A321neo Pertamanya

Kamis, 21 November 2019 - 09:00 WIB

AirAsia Menerima Pesawat A321neo Pertamanya

AirAsia telah menerima pesawat A321neo pertamanya dalam upacara serah terima di Hamburg, Jerman. Pesawat yang diterima merupakan pesawat pertama dari 353 pesawat A321neo yang dipesan oleh AirAsia.

Infrastruktur kerakyatan Kementerian PUPR

Kamis, 21 November 2019 - 08:46 WIB

Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Kerakyatan di Tahun 2020

Disamping melanjutkan pembangunan infrastruktur berskala besar seperti bendungan, irigasi, jembatan bentang panjang dan jalan tol, pembangunan infrastruktur kerakyatan juga tetap menjadi prioritas…

Maudy Ayunda dan Hamish Daud dalam adegan film Trinity Traveler yang akan mulai edar tanggal 28 Nopember mendatang

Kamis, 21 November 2019 - 08:43 WIB

Maudy Ayunda- Hamish Daud Berpetualang Mesra Di Film ‘Trinity Traveler’

Aktris Maudy Ayunda dan Aktor Hamis daud kembali melanjutkan kisah petualangan mesra mereka melalui film ‘Trinity Traveler’ yang akan tayang serentak tanggal 28 Nopember mendatang. Sebelumnya,…