Sejumlah Perusahaan Asal China Mulai Incar Kawasan Industri Jabodetabek

Oleh : Ridwan | Jumat, 11 Oktober 2019 - 19:00 WIB

Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)
Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejumlah perusahaan asal China bakal merelokasi bisnis mereka ke nagara lain di Asia. Hal ini akibat dampak perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Adapun beberapa negara yang menjadi tujuan rwlokasi perusahaan China adalah Vietnam, Thailand, dan Singapura.

Senior Associate Director Industrial Services Colliers International Indonesia, Rivan Munansa mengatakan, relokasi perusahaan China bisa menjadi peluang di Indonesia.

"Yang menjadi challenge-nya adalah karena di Vietnam itu banyak sekali insentif dari pemerintahnya. Ini meningkatkan daya saing dia [Vietnam] untuk dimasuki investor China," kata Rivan, Jumat (11/10).

Dijelaskan Rivan, sudah ada beberapa perusahaan China yang mulai menawarkan untuk menyewa maupun membeli lahan di kawasan industri Jabodetabek, hanya saja belum direalisasikan.

"Lambat laun kalau trade war ini terus jalan pasti ada jugalah yang pindah ke Indonesia. Jujur China sudah banyak yang tanya kemari, Hong Kong juga banyak yang mulai tanya-tanya karena market kita kan gede," katanya.

Rivan menyebutkan bahwa perusahaan China yang mulai tertarik untuk mengisi kawasan industri di Indonesia adalah perusahaan dari sektor otomotif, barang konsumsi, dan padat karya.

Adapun, dari sisi potensi kawasan industri di Jabodetabek khususnya sudah semakin menjanjikan dengan banyaknya pengembangan yang ada.

Menurutnya, sampai akhir tahun ini tren kawasan industri Jabodetabek masih akan terus naik, dengan ada beberapa proyek yang sudah masuk dalam saluran pipa (pipeline).

"Pertumbuhan tahun depan mungkin bisa lebih signifikan, hanya saja masih sulit untuk diprediksi. Namun, kalau semuanya lancar, slowly bakal naik teruslah," tutur Rivan. (Bns)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Toys Kingdom Hadirkan Mainan Koleksi BT21 Secara Eksklusif

Kamis, 21 November 2019 - 09:56 WIB

Toys Kingdom Hadirkan Mainan Koleksi BT21 Secara Eksklusif

Pusat mainan dan hobi, Toys Kingdom menghadirkan mainan Collectible Figurine BT21 dengan karakter unik yang diciptakan oleh boyband asal korea. Mainan koleksi ini hanya bisa didapatkan secara…

Irjen Kementerin PUPR Widiarto

Kamis, 21 November 2019 - 09:07 WIB

Kementerian PUPR Perkuat Kerjasama dengan Kejaksaan RI

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa peran lembaga pengawasan sangat penting dalam memberikan pendampingan secara intensif agar pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan Kementerian…

AirAsia Menerima Pesawat A321neo Pertamanya

Kamis, 21 November 2019 - 09:00 WIB

AirAsia Menerima Pesawat A321neo Pertamanya

AirAsia telah menerima pesawat A321neo pertamanya dalam upacara serah terima di Hamburg, Jerman. Pesawat yang diterima merupakan pesawat pertama dari 353 pesawat A321neo yang dipesan oleh AirAsia.

Infrastruktur kerakyatan Kementerian PUPR

Kamis, 21 November 2019 - 08:46 WIB

Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Kerakyatan di Tahun 2020

Disamping melanjutkan pembangunan infrastruktur berskala besar seperti bendungan, irigasi, jembatan bentang panjang dan jalan tol, pembangunan infrastruktur kerakyatan juga tetap menjadi prioritas…

Maudy Ayunda dan Hamish Daud dalam adegan film Trinity Traveler yang akan mulai edar tanggal 28 Nopember mendatang

Kamis, 21 November 2019 - 08:43 WIB

Maudy Ayunda- Hamish Daud Berpetualang Mesra Di Film ‘Trinity Traveler’

Aktris Maudy Ayunda dan Aktor Hamis daud kembali melanjutkan kisah petualangan mesra mereka melalui film ‘Trinity Traveler’ yang akan tayang serentak tanggal 28 Nopember mendatang. Sebelumnya,…