Sejumlah Perusahaan Asal China Mulai Incar Kawasan Industri Jabodetabek

Oleh : Ridwan | Jumat, 11 Oktober 2019 - 19:00 WIB

Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)
Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejumlah perusahaan asal China bakal merelokasi bisnis mereka ke nagara lain di Asia. Hal ini akibat dampak perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Adapun beberapa negara yang menjadi tujuan rwlokasi perusahaan China adalah Vietnam, Thailand, dan Singapura.

Senior Associate Director Industrial Services Colliers International Indonesia, Rivan Munansa mengatakan, relokasi perusahaan China bisa menjadi peluang di Indonesia.

"Yang menjadi challenge-nya adalah karena di Vietnam itu banyak sekali insentif dari pemerintahnya. Ini meningkatkan daya saing dia [Vietnam] untuk dimasuki investor China," kata Rivan, Jumat (11/10).

Dijelaskan Rivan, sudah ada beberapa perusahaan China yang mulai menawarkan untuk menyewa maupun membeli lahan di kawasan industri Jabodetabek, hanya saja belum direalisasikan.

"Lambat laun kalau trade war ini terus jalan pasti ada jugalah yang pindah ke Indonesia. Jujur China sudah banyak yang tanya kemari, Hong Kong juga banyak yang mulai tanya-tanya karena market kita kan gede," katanya.

Rivan menyebutkan bahwa perusahaan China yang mulai tertarik untuk mengisi kawasan industri di Indonesia adalah perusahaan dari sektor otomotif, barang konsumsi, dan padat karya.

Adapun, dari sisi potensi kawasan industri di Jabodetabek khususnya sudah semakin menjanjikan dengan banyaknya pengembangan yang ada.

Menurutnya, sampai akhir tahun ini tren kawasan industri Jabodetabek masih akan terus naik, dengan ada beberapa proyek yang sudah masuk dalam saluran pipa (pipeline).

"Pertumbuhan tahun depan mungkin bisa lebih signifikan, hanya saja masih sulit untuk diprediksi. Namun, kalau semuanya lancar, slowly bakal naik teruslah," tutur Rivan. (Bns)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Senin, 24 Februari 2020 - 19:36 WIB

Menteri Teten Dorong Pelatihan SDM KUMKM di Daerah Wisata Super Prioritas

Menteri Teten minta kepada Deputi Bidang SDM pendidikan/pelatihan SDM KUMKM terutama untuk Kewirausahaan/Vocational untuk diperluas dan diperbanyak, khususnya daerah wisata super prioritas (bali…

Samsung Giga Party Audio

Senin, 24 Februari 2020 - 16:06 WIB

Samsung Hadirkan Samsung Giga Party Audio

Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan Samsung Giga Party Audio, penambahan terbaru ke jajaran home audio dan entertainment. Dengan Built-in Woofer, Bass Booster, dan fungsi Karaoke Mode,…

Hugh Jackman dan Allison Janney di HBO GO dan HBO

Senin, 24 Februari 2020 - 15:44 WIB

Bad Education dari HBO Films

Terinspirasi dari peristiwa nyata, Bad Education, mulai tayang berbarengan waktunya dengan A.S. pada 26 April jam 8.00 WIB HBO GO dan HBO, berkisah tentang Frank Tassone (Hugh Jackman) dan Pam…

NU CARE-LAZISNU dan Treasury

Senin, 24 Februari 2020 - 15:23 WIB

Kolaborasi NU CARE-LAZISNU dan Treasury Mempelopori Donasi Emas

Sebagai lembaga yang bergerak dibidang sosial, NU CARE-LAZISNU memiliki mimpi untuk turut mewujudkan kesejahteran umat dan masyarakat Indonesia, dengan menggunakan instrumen yang bisa memberikan…

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto

Senin, 24 Februari 2020 - 14:50 WIB

Status Negara Berkembang Dicabut, Kadin Minta Pemerintah Perkuat Daya Saing

Langkah Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan Indonesia dari status negara berkembang harus dipandang sebagai tantangan.