Mahasiswa President University Raih 'Piala Padma 2019' Lomba Film Pendek Buddhis

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 11 Oktober 2019 - 07:54 WIB

 Penyelenggara dan Finalis Lomba Film Pendek Buddhis "Piala Padma 2019".
Penyelenggara dan Finalis Lomba Film Pendek Buddhis "Piala Padma 2019".

INDUSTRY.co.id - JAKARTA-- Dengan film berjudul _Origami_ dua mahasiswa President University, Jababeka, Cikarang, Bekasi,  Jawa Barat bernama Rachel Viola Sienatra (Produser) dan Jevon Patrick Edberth (Sutradara dan  Penulis Naskah) berhasil meraih penghargaan Piala Padma 2019. Penghargaan diberikan Kamis ( 10/10) malam di Pusat Perfilman H Usmar Ismail  (PPHUI) Kuningan Jakarta Selatan. Keduanya mewakili lembaga Keluarga Mahasiswa Buddhis Ashokavadana, President University. 

Piala Padma 2019 diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) untuk Lomba Film Pendek Buddhis yang mengangkat Tema Moderasi Beragama ; _Beda ltu Asyik_. Kegiatan ini diselenggarakan setelah memperhilungkan Film sebagai media paling efektif dalam mengkomunikasikan dan mensosialisasikan sebuah ide pada massa yang luas. 

Lomba ini melibatkan Juri dari akademisi dan professional di Bidang perfilman Nasional. yakni Firman lie (Dosen Desain Komunikasi Visual), Robert Rony (Produser) dan Titien Watimena (Penulis). 

Rachmat Harsono selaku Koordinator Bidang Pembinaan Lembaga Pengembangan Tn'pitaka Gatha Nasional (LPTGN) menyatakan bahwa lomba ini dilatar belakangi berbagai fenomena aktual seputar kehidupan yang terjadi pada bangsa ini. Rachmat Harsono menggarisbawahi isu konflik dan potensi perpecahan bangsa kembali menjadi sorotan akhir-akhir ini. Ajaran Buddha mengandung ajakan untuk menempatkan perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan sangat penting. “Perbedaan ini jika ditangani dengan serius bisa jadi harta yang sangat berharga, sebaliknya jika diremehkan bisa jadi sumber masalah yang rumit," kata Rachmat Harsono.  

Lomba ini telah diinformasikan kepada khalayak umum sejak pertengahan bulan Juni sampai 31 Juli 2019. Ada pun peserta yang mendaftar sebanyak 35 tim (17 tim untuk kategori umum dan 18 tim untuk kategori pelajar). Adapun peserta yang mengirimkan karya pada 31 Juli 2019 sebanyak 13 tim untuk kategori umum den 13 tim untuk kategori pelajar untuk memperebutkan posisi 5 fmalis untuk masingmasing kategori. 

3 anggota tim inti (Produser, Sutradara, dan Penulis Naskah) dari 10 finalis film tersebut diundang ke Jakarta untuk menghadiri malam awarding. Mereka juga akan mendapatkan workshop singkat dari para juri untuk mendapatkan ilmu agar wawasan dan ilmu dalam membuat film di kemudian hari makin meningkat dan berkualitas. 

Rachmat Harsono menyatakan, “Lomba ini selain bertujuan menyiarkan dan memperdalam ajaran Buddha tentang oleransi beragama juga menumbuhkan bibit baru dalam dunia perfllman," katanya. 

Berikut para finalis Lomba Film Pendek Buddhis 2019 : 

KATEGORI PELAJAR : 

Judul “RASA KECEWA RIO" Produser :Anjalika Rahma Ananda Sutradara : Rio Tegar Saputra. Penulis Naskah : Raka Widhi Atmoko. Produksi : Spesapat Lembaga :SMPN 1 Patean, Kendal, Jawa Tengah. 

Judul “NEGARAKU TOLERANSIKU”.  Produser : Roger Julianto Angryawan. Sutradara : Yola. Penulis Naskah : Jelita Puspa San & Anggellyna. Produksi : Charger Production. Lembaga : SMK Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng, Jakarta Barat. Jakarta 

Judul “BERPIKIR NEGATIF I POSITIF” Produser : Vidya Saputra Wibowo. Sutradara : Dittha Winyana Putra. Penulis Naskah : Yogananda. Produksi : Afortin Film. Lembaga : STIAB Jinarakkhita, Pidada, Panjang. Bandar Lampung. 

Judul “REGRET”. Produser : Dharta Gautama.  Sutradara : Chealwin Winstons. Penulis Naskah : Charlie. Produksi: Eleven Flix. Lembaga : PMV Dharma Subha, Poris Indah Raya, Tangerang, Banten. 

Judul “ORIGAMI” Produser : Rachel Viola Sienatra Sutradara : Jevon Patrick Edberth Penulis Naskah : Jevon Patrick Edbenh 
Produksi :Siege Co. Lembaga : Keluarga Mahasiswa Buddhis Ashokavadana, President. University, Jababeka, Cikarang. Bekasi, Jawa Barat. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) (Foto Ist)

Rabu, 29 Januari 2020 - 06:00 WIB

Krakatau Steel Tuntaskan Restrukturisasi Hutang

PT Krakatau Steel (persero) Tbk telah menyelesaikan restrukturisasi hutang senilai USD2 miliar. Restrukturisasi hutang ini adalah restrukturisasi hutang terbesar yang pernah ada di Indonesia.…

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo

Rabu, 29 Januari 2020 - 05:30 WIB

Birokrasi Berbelit Perlambat Pengambilan Keputusan

Penyederhanaan birokrasi yang kini tengah gencar dilakukan pemerintah tak lain untuk meningkatkan efisiensi kinerja. Apabila tetap mempertahankan struktur yang hierarkis dianggap akan memperlambat…

Menteri Sosial Juliari P. Batubara

Rabu, 29 Januari 2020 - 04:30 WIB

Penyerahan PKH Tahap I 2020 akan Dipantau Presiden Jokowi

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengungkapkan Presiden Joko Widodo akan hadir dan memantau langsung pencairan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I yang berlangsung di Lapangan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)

Rabu, 29 Januari 2020 - 04:30 WIB

Dankormar Hadiri Rapim TNI-Polri 2020

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2020 bertempat di GOR Ahmad Yani Markas Besar Tentara…

Nanny Hadi Tjahjanto,Ketum Dharma Pertiwi

Rabu, 29 Januari 2020 - 04:00 WIB

Ketum Dharma Pertiwi Buka “Rakor Dharma Pertiwi Tahun 2020”

Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto membuka secara resmi “Rakor Dharma Pertiwi Tahun Anggaran 2020”, bertempat di Gedung Balai Sudirman, Jl. Dr. Saharjo No. 268,…