Dorong Percepatan Program Sejuta Rumah Tiga BUMN Bersinergi

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 10 Oktober 2019 - 22:03 WIB

Direktur Consumer BTN, Budi Satria: Kerjasama i dengan Perum Peruri dan BPJS Ketenagakerjaan memiliki nilai strategis bagi masing-masing pihak khususnya Bank BTN terkait penyaluran kredit di bidang perumahan.
Direktur Consumer BTN, Budi Satria: Kerjasama i dengan Perum Peruri dan BPJS Ketenagakerjaan memiliki nilai strategis bagi masing-masing pihak khususnya Bank BTN terkait penyaluran kredit di bidang perumahan.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) bekerjasama dengan Perum Peruri dan BPJS  Ketenagakerjaan (TK) terkait penyaluran kredit di bidang perumahan bagi karyawan Peruri yang berlokasi di Kecamatan Teluk Jambe, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Direktur Consumer BTN, Budi Satria mengatakan kerjasama ini memiliki nilai strategis bagi masing-masing pihak khususnya Bank BTN terkait penyaluran kredit di bidang perumahan. 

"Penyaluran kredit yang diperuntukkan bagi pembangunan perumahan, khusus pegawai Perum Peruri nantinya akan menggunakan skema skema Manfaat Layanan Tambahan (MLT) BPJS TK yang bekerjasama dengan Bank BTN," katanya di Jakarta, Kamis (10/10).

Dalam hal ini, BPJS TK menyediakan dana dalam bentuk deposito ke BTN yang ditempatkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan penyaluran MLT berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP). 

Budi menambahkan kerjasama tersebut memiliki potensi nilai yang tidak kecil dilihat dari jumlah karyawan Peruri yang berjumlah 1.900 orang.

Dengan asumsi harga rumah mulai dari Rp400 jutaan, maka tidak kurang sekitar Rp750  miliar hingga Rp1 triliun kredit baru BTN akan dikucurkan untuk proyek ini.

"Kerjasama tersebut sekaligus untuk mendukung percepatan Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh pemerintah dan menjadi program kerja Kementerian Pupera, dimana Bank  BTN menjadi pendamping dalam mendukung pembiayaan melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan(FLPP)," paparnya.

Hingga 30 September 2019, Bank BTN telah menyalurkan pembiayaan perumahan untuk Program Sejuta Rumah sebanyak 610.499 unit dengan nilai kredit mencapai sekitar Rp 50,736 triliun.

Adapun rincian untuk KPR sebanyak 158.863 unit dan dukungan kredit konstruksi belum   KPR 451.636 unit.   

"Dengan pencapaian ini Bank BTN telah mencapai 76,31 persen dari target total tahun ini yang dipatok sebanyak 800.000 unit baik untuk pembiayaan perumahan subsidi maupun non subsidi," ujar Budi.

Sementara itu Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya mengungkapkan perjanjian kerjasama ini bertujuan meringankan beban karyawan Peruri dalam program pembiayaan kepemilikan rumah.

"Ini merupakan wujud sinergi antara BUMN dan Lembaga Negara. Harapannya melalui sinergi ini dapat tercipta kerja sama yang saling menguntungkan seluruh pihak guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," tuturnya.

Lebih lanjut, program tersebut juga merupakan bentuk nyata Perum Peruri sebagai agent of development memiliki peran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto menilai kerjasama ini merupakan suatu wujud pelaksanaan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) BPJS TK yaitu Fasilitas Pembiyaan Perumahan Pekerja (FPPP) yang dapat dinikmati seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT) yang aktif selama satu tahun, tertib adminstrasi kepesertaan dan tidak menunggak iuran.

"MLT FPPP BPJS Ketenagakerjaan adalah program yang bertujuan meringankan beban pekerja untuk meiliki hunian pribadi dalam beberapa jenis fasilitas yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Pinjaman Renovasi Rumah (PRP) dan Fasilitas Pembiyaan Perumahan Perekerja/Kredit Konstruksi (FPPP/KK)," tegasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…