Mempunyai Lokasi yang Strategis, Ini Gambaran Megahnya One Batam Mall

Oleh : Hariyanto | Selasa, 08 Oktober 2019 - 19:18 WIB

One Batam Mall
One Batam Mall

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Batam merupakan kota dengan lokasi geografis yang strategis karena berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Posisinya yang menjadi bagian dari jalur perkapalan internasional, maka kota Batam memiliki pertumbuhan yang pesat. 

Hal ini ditambah lagi dengan adanya kebijakan baik dari pemerintah pusat dan daerah yang mendukung kemajuan infrastruktur sehingga mendorong pembangunan hunian dan fasilitas penunjang termasuk bangunan komersial. Salah satunya adalah pendirian "One Batam Mall" yang merupakan bangunan mixed-use yang pengerjaan konstruksinya telah dimulai sejak tahun 2017.

One Batam Mall terletak di pusat kota Batam, tepatnya di Jl. Raja H. Fisabililah no. 9, Teluk Tering. One Batam Mall didesain oleh salah satu konsultan arsitektur ternama dari Jakarta yaitu PHL Architects yang memiliki spesialisasi dalam desain sustainability, bangunan tinggi komersial, perhotelan, perkantoran dan bangunan kebudayaan termasuk urban design. 

One Batam Mall terdiri 5 lantai bangunan dan 3 lantai basement yang dibangun di atas lahan seluas 4,5 Ha. Kedepannya, One Batam Mall akan dilengkapi dengan fasilitas komersial lainnya yaitu hotel, perkantoran dan apartemen. 

Di atas lahan 4,5 Ha tersebut terdapat pula bangunan lama yang nantinya akan di redesain. PHL Architects berusaha mempertahankan sebagian bangunan lama dan menambahkan bangunan baru dengan memasukkan program dan aktivitas terkini untuk dapat menghidupkan kembali bangunan lama yang terintegrasi dengan bangunan baru.

Mengusung konsep lifestyle, urban and family, One Batam Mall memiliki pilihan kegiatan berbelanja yang rekreatif dan karya seni kreatif lokalitas yang dipamerkan. Karya seni kreatif dan kegiatan lokal difokuskan pada bangunan lama yang diredesain. 

Sedangkan aktivitas berbelanja dan aneka hiburan lainnya difokuskan pada bangunan baru. One Batam Mall mengutamakan konsep program ruang "three in one", yaitu shopping mall, alfresco,marketplace.

Menurut Humas One Batam Mall Qori Sandioriva, One Batam Mall akan menjadi destinasi belanja dan rekreasi bersama bagi keluarga dari berbagai umur serta wisatawan. Mall yang dirancang untuk memanjakan pelanggan dengan berbagai varian produk retail, rekreasi dan hobi-hobi lainnya.

One Batam Mall sebagai shopping mall memiliki luas bangunan 170,000 m2 dan akan diisi oleh tenant ternama yang terdiri dari tenant besar (anchor) dan specialty. Pemasaran dan pengisian tenant sebagian besar dilakukan oleh GMT Commercial. Alfresco merupakan ruang terbuka yang terletak di antara gedung baru dan lama. 

Alfresco dirancang dengan mempertimbangkan proporsi ruang dan alam untuk membuat area ini menjadi ruang bersama yang menghibur bagi keluarga dan teman. Alfresco dapat menjadi tempat yang cocok untuk memenuhi gaya hidup kekinian yang mengutamakan relaksasi dan kenyamanan. Pengunjung dapat langsung menikmati acara musik sambil bersantai ditemani dengan deretan restoran dan kafe di sepanjang alfresco.

Selain alfresco, One Batam Mall juga memiliki konsep marketplace, dimana aktivitas kuliner berfokus pada area ini. Area marketplace memiliki 4 lantai, dimana masing masing lantai memiliki spesialisasinya sendiri di bidang kuliner, mulai dari makanan lokal hingga mancanegara. Area marketplace juga langsung terhubung ke area outdoor, sehingga pengunjung dapat bersantai sambil menikmati udara luar. 

Selanjutnya One Batam Mall akan dikelola oleh GMT Property yang telah berpengalaman diberbagai pengelolaan retail di tanah air termasuk komersial bandara dan lain-lain.

1. Facade One Batam Mall
Facade One Batam Mall d sisi Jl. Raja H. Fisabilillah memiliki gaya yang modern dengan mengkombinasikan material alminium composite panel, kaca dan led screen. Material kaca digunakan pada sisi sudut bangunan untuk memberikan kesan keterbukaan. 

Papan iklan dari etalase diletakkan pada area kaca, ditambah dengan adanya pencahayaan akan menambah efek visual yang menarik pada fasade mall, terutama saat malam hari. Aluminium composite panel dengan kombinasi dua warna yaitu abu-abu tua dan muda disusun sederhana secara vertikal. 

Kombinasi fasade aluminium composite panel dan kaca disusun terbagi menjadi beberapa fragmen. Beberapa fragmen tersebut ada yang dipasang ada yang maju dan mundur secara horizontal, hal ini dilakukan untuk memberikan efek 'depthness' pada sisi muka. Led screen dengan ukuran besar diletakkan di tengah yaitu area pintu masuk. Pencahayaan pada led screen dapat menekankan area pintu masuk bangunan pada pengunjung.

2. Interior Atrium
Interior One Batam Mall bergaya modern dan penggunaan palet warna yang soft beige yang menghasilkan warna alam seperti cokelat, cream dan abu-abu. Penggunaan material lantai didominasi oleh motif marmer dengan kombinasi warna cream dan abu-abu. 

Di bagian atrium tengah, kombinasi skylight, dan panel acoustic motif kayu cokelat pada ceiling dan kolom yang di-cover dengan material hpl motif kayu. Railing pada void atrium menggunakan material kaca dan handle berupa stainless steel hairline.

3. Facade Marketplace (daylight)
Facade bagian marketplace dirancang bergaya industrial untuk memberikan kesan berbeda dari bangunan mall. Berwujud covering besar, fasade marketplace dibuat melengkung untuk memberikan kesan yang dinamis. Arah lengkungan dibuat menghadap dari arah datang di sisi Jl. Raya M. Tahir, sehingga pengendara yang lewat dapat langsung melihat keberadaan One Batam Mall. 

Material yang digunakan pada fasade berupa baja bekas yang disusun secara vertikal membentuk kisi-kisi. Kisi-kisi tersebut menggunakan dua warna yang berbeda dan disusun dengan kemiringan yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk memberi kesan adanya pergerakan fasade apabila dilihat dari sisi Jl. Raya M. Tahir.

4. Facade Marketplace (nite time)
Pada bagian pintu masuk marketplace, facade tidak menggunakan kisi-kisi, melainkan panel aluminium yang ditutup dengan wiremesh, dan diantara panel aluminium dan wiremesh, diletakkan lampu warm white sebagai penerangan (hidden lamp), untuk menekankan pada pengunjung bahwa area tersebut merupakan pintu masuk marketplace. 

Selain bagian pintu masuk, fasade kisi-kisi markeplace juga diberi pencahayaan, namun dengan tingkat iluminasi pencahayaan yang berbeda. Garis garis cahaya sebagai aksen, memperkuat fitur material pada kisi kisi dan karakter pada bangunan, terutama pada malam hari. Pada bagian interior marketplace, material pada lantai dan dinding yang digunakan berupa kombinasi motif beton ekspos, kayu dan batu. 

Material lantai yang dipilih pada bagian island tenant, material yang digunakan berupa motif kayu, rangka baja yang dicat abu-abu tua dan penggunaan papan tulis sebagai informasi produk. Penggunaan material tersebut dipilih untuk menekankan konsep 'pasar' kuliner dengan gaya industrial.

Perlu diinformasikan, hingga saat ini, proses konstruksi One Batam Mall telah mencapai 90 persen, dan pekerjaan finishing sudah dimulai. One Batam Mall berencana beroperasi di Oktober 2020. One Batam Mall nantinya akan menjadi salah satu bangunan retail terbesar di kota Batam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Jumat, 28 Februari 2020 - 08:41 WIB

Ini Kebijakan OJK Hadapi Down Side Risk dan Corona

Otoritas Jasa Keuangan menyiapkan kebijakan stimulus untuk menjaga pertumbuhan perekonomian nasional sebagai kebijakan Countercyclical dalam mengantisipasi down-side risk dari penyebaran virus…

Perdagangan Indonesia Amerika Serikat

Jumat, 28 Februari 2020 - 08:26 WIB

Tolak Status Negara Maju, INDEF: Pendapatan Perkapita Masih US$ 3.840, Indonesia Masuk Kategori Kelas Menengah-Bawah

Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat (United States Trade Representative/USTR) belum lama ini telah merilis status Indonesia dikelompokkan sebagai negara maju bersama dengan China, Brasil,…

Diskusi Jejak bulan sabit Indonesia di event Islamic books fair

Jumat, 28 Februari 2020 - 07:55 WIB

Bulan Sabit Merah Tepat Sebagai Simbol Lembaga Kemanusiaan

Lembaga kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) memakai simbol merah. Simbol warna merah sesuatu yang disukai oleh Rasulullah Saw.

Pelindo 1 Antisipasi Penyebaran Virus Corona Melalui Pelabuhan

Jumat, 28 Februari 2020 - 07:48 WIB

Ngeri, Dokter Inggris Sebut Hanya Perlu 15 Menit dari Jarak Dua Meter dapat Tertular Virus Corona

Virus corona COVID-19 disebut telah menginfeksi lebih dari 82 ribu orang dan sekitar 2.801 di antaranya meninggal dunia. Dalam hal ini, ahli kesehatan di Inggris mengatakan bahwa hanya perlu…

Ilustrasi Penyedia Teknologi Mata Uang Digital (cryptocurrency) (Patrick George / Getty Images)

Jumat, 28 Februari 2020 - 07:45 WIB

Potensi Belanja Online Capai USD65 miliar di 2020, Pelaku UKM Berorientasi Ekspor Harus Melek Digital

Kementerian Perdagangan mendukung perkembangan perdagangan elektronik (e-commerce), khususnya peningkatan kapasitas pelaku UKM yang berorientasi ekspor. Direktur Jenderal PEN Dody Edward menyampaikan,…