Telkomsel Dinobatkan Pemenang Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik 2019

Oleh : Herry Barus | Senin, 07 Oktober 2019 - 11:00 WIB

Telkomsel Dinobatkan Pemenang Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik 2019
Telkomsel Dinobatkan Pemenang Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik 2019

INDUSTRY.co.id

Jakarta- Red Hat, Inc., penyedia solusi open source terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan pemenang Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik 2019 untuk Indonesia. PT Bank Central Asia (BCA) dan Telkomsel menerima penghargaan tersebut dalam ajang Red Hat Forum di Jakarta, Indonesia hari ini atas penggunaan solusi-solusi Red Hat yang luar biasa dan inovatif.

Kategori: Transformasi Digital, Pemenang: Telkomsel

Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia, saat ini melayani sekitar 168 juta pelanggan dan menghadirkan akses layanan telekomunikasi ke seluruh negeri. Sebagai operator seluler pertama yang meluncurkan layanan mobile 4G LTE secara komersial di Indonesia, Telkomsel dikenal akan inovasinya yang konsisten dalam memperluas bisnis digitalnya, termasuk gaya hidup digital, layanan keuangan mobile, iklan digital, Big Data, dan Internet of Things (IoT).

Didirikan pada tahun 1995, sistem lama Telkomsel menghambatnya untuk bergerak lebih cepat guna mengakomodasi kebutuhan bisnis dan pelanggan seiring dengan pertumbuhan bisnisnya. Untuk mengatasi hal tersebut dan peningkatan persaingan, Telkomsel menetapkan arahan bisnis strategis pada tahun 2017 untuk menjalankan transformasi digital dan berada tetap di depan.

Untuk mengatasi tantangan sistem monolitik yang bersifat silo, fungsi-fungsi duplikat dan proses integrasi kompleks yang membutuhkan investasi besar dari sumber daya hanya demi mempertahankan operasi agar tetap berjalan, perusahaan telekomunikasi ini memulai platform Digital Core dan bermigrasi ke aplikasi cloud-native dengan menggunakan container dan microservice melalui Red Hat OpenShift, platform Kubernetes enterprise yang paling komprehensif di industri, guna menghilangkan layanan duplikat dan meningkatkan kecepatan mencapai pasar. Layanan-layanan berbasis API juga menyederhanakan integrasi dengan mitra pihak ketiga dan memungkinkan perusahaan untuk mengujicobakan tiga produk baru dalam proyek Digital Core-nya: penelusuran dan pembelian produk, layanan informasi pelanggan, dan layanan dompet mobile.

Sejak bekerja sama dengan Red Hat, Telkomsel telah mampu meningkatkan kelincahannya sehingga mencapai peningkatan sebesar tiga kali lipat dalam mencapai pasar untuk menghadirkan produk-produk terbaru. Mengotomatiskan proses juga membebaskan sumber daya dalam berinovasi dan meningkatkan tingkat layanan pelanggannya.

Kategori Transformasi Digital mengakui perusahaan yang telah berhasil mengatasi tantangan TI dan menghadirkan nilai bisnis untuk bersaing secara efektif sebagai perusahaan digital.

 

Para pemenang akan dianugerahkan penghargaan di setiap ajang dalam rangkaian acara Red Forum Asia Pasifik di 10 negara yang berbeda. Setiap Forum akan menampilkan maksimal dua proyek pemenang, di mana perusahaan enterprise dan instansi pemerintah didorong untuk berpartisipasi.

Dirk-Peter van Leeuwen, Senior Vice President and General Manager, APAC, Red Hat mengatakan, “Open source memiliki kekuatan untuk tidak hanya meningkatkan sistem TI, tetapi juga mentransformasi cara kita berinteraksi dan menyelesaikan masalah secara kolektif. Sangat menggembirakan melihat begitu banyak perusahaan menggunakan open source untuk meraih kemampuan transformasi yang luar biasa. Selamat kepada para pemenang tahun ini; kami berharap mereka akan dapat menjadi inspirasi dan katalis bagi perusahaan-perusahaan lain di Asia Pasifik untuk mencapai prestasi yang sama dan berkembang di era digital.”

Sementara itu di tempat yang sama Mehta Cahya Utama, Senior Vice President, Business IT Delivery, Telkomsel mengatakan, “Persaingan industri yang ketat pada tahun 2017 menempatkan kami pada suatu momen penting untuk merencanakan transformasi bisnis kami dan mengimplementasikan rencana transformasi digital strategis agar tetap berada di garis depan inovasi. Hal tersebut tidak hanya membantu kami dalam mencapai dan mempertahankan standar tertinggi dalam layanan telekomunikasi, tetapi juga membuka peluang-peluang pertumbuhan baru. Red Hat OpenShift berperan penting bagi kesuksesan proyek Digital Core, yang telah mentransformasi operasi TI kami secara fundamental, dan yang lebih penting, solusi tersebut telah membawa dampak bisnis yang positif mulai dari peningkatan pengalaman pelanggan hingga mendorong inovasi dan pertumbuhan bisnis.”

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baksos Donor Darah Prajurit Satgas Pamtas Yonif 411 Merauke

Jumat, 29 Mei 2020 - 04:00 WIB

Baksos Donor Darah Prajurit Satgas Pamtas Yonif 411 Merauke

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Batalyon ke-53 ditengah pandemi Covid-19, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad memaknainya dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial…

Latihan Cross Country Tingkatkan Kemamuan Fisik Prajurit Marinir Surabaya

Jumat, 29 Mei 2020 - 03:30 WIB

Latihan Cross Country Tingkatkan Kemamuan Fisik Prajurit Marinir Surabaya

Dalam rangka menjaga ketahanan dan meningkatkan kemampuan fisik serta membina ketangkasan seluruh Prajurit “BAJRA GHOSA” slogan Batalyon Roket 2 Marinir melaksanakan latihan Cross Country…

Resimen Artileri 3 Marinir Terlibat Program Ketahanan Pangan

Jumat, 29 Mei 2020 - 03:00 WIB

Resimen Artileri 3 Marinir Terlibat Program Ketahanan Pangan

Dalam rangka mendukung ketahanan pangan, prajurit Menart 3 Marinir ditengah merebaknya virus corona (covid-19) yang menjadi pandemi global telah berhasil menyulap lahan kosong yang ada disekitar…

Salah satu model rumah yang dikembangkan PT BNI Syariah dan kepemilikannya ditawarkan melalui KPR BNI Griya Swakarya iB Hasanah. (Foto: Humas BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 23:09 WIB

Gapai Miliki Rumah Bersama BNI Syariah

Mempunyai rumah sendiri idaman bagi semua orang, tidak sedikit orang yang sudah punya anak sudah sudah besar-besar namun belum juga miliki hunian pribadi. Apalagi pengantin baru, tentunya sudah…

Sawah yang siap ditanam padi (Doc: Kementan)

Kamis, 28 Mei 2020 - 22:44 WIB

Sempat Kebanjiran, Pertanaman Padi di Lebak Masih Tetap Bisa Panen

Pasca banjir yang melanda ratusan rumah dan sawah siap panen di Kecamatan maja dan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, warga yang sebagian berprofesi sebagai petani sudah memulai aktifitas seperti…