Telkomsel Dinobatkan Pemenang Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik 2019

Oleh : Herry Barus | Senin, 07 Oktober 2019 - 11:00 WIB

Telkomsel Dinobatkan Pemenang Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik 2019
Telkomsel Dinobatkan Pemenang Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik 2019

INDUSTRY.co.id

Jakarta- Red Hat, Inc., penyedia solusi open source terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan pemenang Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik 2019 untuk Indonesia. PT Bank Central Asia (BCA) dan Telkomsel menerima penghargaan tersebut dalam ajang Red Hat Forum di Jakarta, Indonesia hari ini atas penggunaan solusi-solusi Red Hat yang luar biasa dan inovatif.

Kategori: Transformasi Digital, Pemenang: Telkomsel

Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia, saat ini melayani sekitar 168 juta pelanggan dan menghadirkan akses layanan telekomunikasi ke seluruh negeri. Sebagai operator seluler pertama yang meluncurkan layanan mobile 4G LTE secara komersial di Indonesia, Telkomsel dikenal akan inovasinya yang konsisten dalam memperluas bisnis digitalnya, termasuk gaya hidup digital, layanan keuangan mobile, iklan digital, Big Data, dan Internet of Things (IoT).

Didirikan pada tahun 1995, sistem lama Telkomsel menghambatnya untuk bergerak lebih cepat guna mengakomodasi kebutuhan bisnis dan pelanggan seiring dengan pertumbuhan bisnisnya. Untuk mengatasi hal tersebut dan peningkatan persaingan, Telkomsel menetapkan arahan bisnis strategis pada tahun 2017 untuk menjalankan transformasi digital dan berada tetap di depan.

Untuk mengatasi tantangan sistem monolitik yang bersifat silo, fungsi-fungsi duplikat dan proses integrasi kompleks yang membutuhkan investasi besar dari sumber daya hanya demi mempertahankan operasi agar tetap berjalan, perusahaan telekomunikasi ini memulai platform Digital Core dan bermigrasi ke aplikasi cloud-native dengan menggunakan container dan microservice melalui Red Hat OpenShift, platform Kubernetes enterprise yang paling komprehensif di industri, guna menghilangkan layanan duplikat dan meningkatkan kecepatan mencapai pasar. Layanan-layanan berbasis API juga menyederhanakan integrasi dengan mitra pihak ketiga dan memungkinkan perusahaan untuk mengujicobakan tiga produk baru dalam proyek Digital Core-nya: penelusuran dan pembelian produk, layanan informasi pelanggan, dan layanan dompet mobile.

Sejak bekerja sama dengan Red Hat, Telkomsel telah mampu meningkatkan kelincahannya sehingga mencapai peningkatan sebesar tiga kali lipat dalam mencapai pasar untuk menghadirkan produk-produk terbaru. Mengotomatiskan proses juga membebaskan sumber daya dalam berinovasi dan meningkatkan tingkat layanan pelanggannya.

Kategori Transformasi Digital mengakui perusahaan yang telah berhasil mengatasi tantangan TI dan menghadirkan nilai bisnis untuk bersaing secara efektif sebagai perusahaan digital.

 

Para pemenang akan dianugerahkan penghargaan di setiap ajang dalam rangkaian acara Red Forum Asia Pasifik di 10 negara yang berbeda. Setiap Forum akan menampilkan maksimal dua proyek pemenang, di mana perusahaan enterprise dan instansi pemerintah didorong untuk berpartisipasi.

Dirk-Peter van Leeuwen, Senior Vice President and General Manager, APAC, Red Hat mengatakan, “Open source memiliki kekuatan untuk tidak hanya meningkatkan sistem TI, tetapi juga mentransformasi cara kita berinteraksi dan menyelesaikan masalah secara kolektif. Sangat menggembirakan melihat begitu banyak perusahaan menggunakan open source untuk meraih kemampuan transformasi yang luar biasa. Selamat kepada para pemenang tahun ini; kami berharap mereka akan dapat menjadi inspirasi dan katalis bagi perusahaan-perusahaan lain di Asia Pasifik untuk mencapai prestasi yang sama dan berkembang di era digital.”

Sementara itu di tempat yang sama Mehta Cahya Utama, Senior Vice President, Business IT Delivery, Telkomsel mengatakan, “Persaingan industri yang ketat pada tahun 2017 menempatkan kami pada suatu momen penting untuk merencanakan transformasi bisnis kami dan mengimplementasikan rencana transformasi digital strategis agar tetap berada di garis depan inovasi. Hal tersebut tidak hanya membantu kami dalam mencapai dan mempertahankan standar tertinggi dalam layanan telekomunikasi, tetapi juga membuka peluang-peluang pertumbuhan baru. Red Hat OpenShift berperan penting bagi kesuksesan proyek Digital Core, yang telah mentransformasi operasi TI kami secara fundamental, dan yang lebih penting, solusi tersebut telah membawa dampak bisnis yang positif mulai dari peningkatan pengalaman pelanggan hingga mendorong inovasi dan pertumbuhan bisnis.”

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana Sunset di Pantai Senggigi (Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat) (Foto:anekatempatwisata.com)

Minggu, 20 Oktober 2019 - 09:00 WIB

Senggigi NTB Sunset Jazz 2019 Digelar November Mendatang

Gubernur Nusa Tenggara Barat H. Zulkieflimansyah mengajak masyarakat serta wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang ke kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat untuk menghadiri…

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Minggu, 20 Oktober 2019 - 08:00 WIB

Bamsoet Ajak Para Bikers Jadi Duta Nasionalisme

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak klub dan pecinta sepeda motor (bikers) menjadi duta nasionalisme. Para bikers harus mampu menjadi teladan dalam menjaga persatuan, menjunjung…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Managing Director NBA Asia, Scott Levy seusai penandatanganan kerjasama kolaborasi NBA-Pemrov DKI Jakarta

Minggu, 20 Oktober 2019 - 07:20 WIB

NBA-Pemprov DKI Jakarta Jalin Kolaborasi Perluas Pengembangan Generasi Muda di Indonesia

National Basketball Association (NBA) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan kolaborasi inovatif multi-tahun untuk memadukan kurikulum olahraga basket dan pengembangan kebugaran…

Presiden Jokowi dan Wapres M Amin, Foto Setkab)

Minggu, 20 Oktober 2019 - 07:00 WIB

Susunan Acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar Sidang Paripurna MPR dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa jabatan 2019-2024 pada Minggu (20/10/2019) di…

Bio Farma Kini Kendalikan Kimia Farma dan Indonesia Farma

Minggu, 20 Oktober 2019 - 06:00 WIB

Bio Farma Kini Kendalikan Kimia Farma dan Indonesia Farma

Berita Dengan pertimbangan untuk memperkuat struktur permodalan dan meningkatkan kapasitas usaha Perusahaan Perseroan(Persero) PT Bio Farma, pemerintah memandang perlu menambah penyertaan modal…