Amankan Produksi, Kementan Buat Strategi Pengelolaan OPT

Oleh : Wiyanto | Senin, 23 September 2019 - 19:43 WIB

Petani sedang membasmi Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)
Petani sedang membasmi Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)

INDUSTRY.co.id - Karawang - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya mengamankan produksi tanaman dari serangan organisme penganggu tanaman (OPT) yang terintegrasi secara menyeluruh sejak hulu sampai dengan hilir. Salah satu strategi pengelolaan OPT yang terintegrasi yakni penurunan populasi atau serangan awal atau pendatang OPT.

Kepala Bidang Program dan Evaluasi Balai Permalan OPT, Kementan, Mustaghfirin menjelaskan informasi serangan OPT pada akhir musim tanam dapat dijadikan bahan untuk memperkirakan kejadian serangan OPT pada musim berjalan berikutnya.

"Kejadian serangan OPT yang terjadi juga dipengaruhi oleh keberhasilan pengamatan peramalan dan pengendalian OPT pada musim tanam berjalan," ujarnya di Karawang, Senin (23/9/2019).

Lalu apa saja yang dapat kita lakukan? Cahyadi Pengendali OPT Balai Besar Peramalan OPT mengatakan pengolahan tanah merupakan faktor kunci keberhasilan dalam penanganan OPT terutama untuk patogen tular tanah dan OPT yang sebagai fase pertumbuhannya atau bertahan dalam tanah.

Dengan melalukan pengolahan tanah maka inokulum sumber penyakit akan aktif dan kontak dengan sinar ultra-violet sehingga akan terjadi kerusakan jaringan dan mati.

"Pengolahan tanah awal yang mengaktifkan inokulum mengakibatkan tidak terjadinya kontak dengan tanaman inang dan akan mati," jelasnya.

Lanjut Cahyadi, untuk OPT yang stadium bertahannya di dalam tanah atau sisa bahan organik seperti telur, larva, pupa, konidia dan spora akan mengalami kerusakan jaringan dan mengakibatkan kematian. OPT yang bertahan di dalam tanah atau bahan organik ini akan musnah setelah dilakukan pengolahan tanah karena terpapar sinar ultra-violet.

"Setelah pengolahan tanah, hal lain yang harus diperhatikan adalah pemilihan benih," bebernya.

Selalu gunakan benih yang tahan dan bersertifikat, sebaiknya sebelum benih diperam dilakukan seleksi benih terlebih dahulu dengan menggunakan larutan garam 5 %. Benih yang tenggelam yang akan digunakan, sedangkan benih yang terapung dibuang.

“Benih yang telah diperam sebelum ditebarkan, di pesemaian terlebih dahulu rendam dengan menggunakan larutan Paenibacillus polymixa 5 ml per liter selama 5 menit," ungkap dia.

"Perendaman ini dilakukan sebagai tindakan pre-emptif terhadap serangan penyakit dilapangan, aplikasi dilanjutkan pada usia 10-15 setelah semai," imbuh Cahyadi.

Di tempat yang sama, Yadi Kusmayadi, Pengendali OPT Balai Besar Peramalan OPT menambahkan untuk mengendalikan populasi awal tikus di areal pertanaman bisa dilakukan gropyokan atau empos gali. Pelaksanaan gropyokan harus dilakukan sebelum waktu tanam di daerah persembunyian tikus, dilahan yang telah diolah, dan pematang besar atau pinggiran saluran air.

"Pengelolaan OPT tikus di persemaian dilakukan dengan memasang pagar plastik yang yang dikombinasikan dengan bubu perangkap," bebernya.

Untuk Hama Penggerek Batang Padi (PBP) dilakukan dengan pengumpulan kelompok telur dan memasukannya ke bumbung konservasi. Kemudian pemasangan pias Trichogramma spp untuk menambah populasi parasitoid telur PBP dilapangan.

Penanaman refugia di sekitar pematang sawah, sambungnya, diperuntukkan untuk menyediakan makanan bagi musuh alami (predator dan parasitoid) dan mempercepat imigrasi musuh alami ke dalam suatu ekosistem.

“Khusus daerah endemis WBC/kerdil dan WDH/tungro dan PBP, aplikasikan pestisida di pesemaian dapat dilakukan sesuai dengan anjuran jika telah ditemukan populasi dan serangannya telah diambang kendali,” tutup Yadi.

Dianto, Pengendali OPT Balai Besar Peramalan OPT menambahkan langkah terakhir yakni untuk mencegah atau menghambat timbul dan berkembangannya populasi/ biotipe/strain/ ras/patotipe OPT yang lebih merusak (WBC/Blas/BLB) dilapangan dapat dilakukan dengan penanaman varietas yang beragam (mosaik). Hindari penanaman satu varietas dalam skala yang luas dan terus menerus.

"Hal ini dilakukan untuk menghindari peningkatan jumlah populasi/biotipe/strain/ras/patotipe yang beradaptasi terhadap varietas yang ditanam di lapangan,” tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…