Adu Kelayakan antara realme 5 Pro dan Vivo V17 Pro

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 22 September 2019 - 17:02 WIB

Adu Kelayakan antara realme 5 Pro dan Vivo V17 Pro
Adu Kelayakan antara realme 5 Pro dan Vivo V17 Pro

INDUSTRY.co.id - Ini dia duo Pro yang baru saja menghampiri pasar ponsel pintar Indonesia. realme 5 Pro baru telah hadir ke pasar Indonesia dengan membawa sejumlah keunggulan. Sebut saja 48MP Quad Camera. Yang paling menarik, ponsel itu dijual dengan harga yang cukup terjangkau, bawah 4 juta rupiah.

Vivo juga tidak mau kalah. Mereka sebentar lagi akan merilis ponsel lanjutan seri V, yang bernama V17 Pro. Ponsel ini juga mengandalkan 48MP Quad Camera ditambah dengan kamera selfie dual pop-up, untuk harga jualnya masih belum diketahui. Kelas ponsel kelas menengah kini sedang dipenuhi dengan berbagai pemain. Pasar ini umumnya terisi dengan ponsel yang memiliki fitur-fitur unggulan seperti ponsel flagship. Jika dari segi spesifikasi, keduanya jatuh ke ceruk yang sama. Mari coba kita bandingkan keduanya.

Desain
Sesuai tren, kedua ponsel mengusung bahasa desain terkini tapi tidak identik. realme 5 Pro masih menggunakan desain khas seperti yang digunakan realme 3 Pro. Sedangkan Vivo V17 Pro mirip dengan desain realme X. Menggunakan material polikarbonat, baik V17 Pro maupun realme 5 Pro memiliki kilau pada bodinya berkat permainan warna gradasi mengilap. Aksen seperti ini memberi kesan kemewahan. Hanya saja di realme 5 Pro ada ciri khas khusus. Tidak sekadar permainan gradasi dua warna atas dan bawah, terdapat motif layaknya kristal terutama di bagian belakang bawah. Sedangkan V17 Pro hadir lebih sederhana dengan gradasi dua warna atas dan bawah tanpa motif khusus.

Meski demikian keduanya nyaman untuk digenggam, karena bagian sisi belakangnya sama-sama dibuat melengkung. Letak Quad Camera keduanya berbeda. realme 5 Pro memasangkan jejeran kamera di kiri atas. Vivo V17 Pro di satu sisi memasangnya di bagian tengah. Jujur bagi kami lebih senang peletakan kamera di bagian samping, karena saat digenggam kamera ini tidak mudah terpegang jari. Jika berada di tengah, maka saat digenggam kamera mudah tersentuh tangan jadi lensa cepat kotor.

Kelebihannya Vivo V17 Pro memiliki kamera pop up layaknya realme X, sedangkan realme 5 Pro menggunakan poni dewdrop. Untuk urusan ini tergantung preferensi. Jika Anda suka desain yang ringkas maka akan lebih baik menggunakan desain poni di realme. Apalagi realme 5 Pro memiliki daya tahan yang lebih baik akan cipratan air, V17 Pro belum.

Layar
Panel IPS LCD dipilih untuk menjadi jenis layar realme 5 Pro. Sedangkan V17 Pro menggunakan panel Super AMOLED. Ukuran juga berbeda, Vivo V17 Pro menggunakan layar berukuran 6,44 inci sedangkan realme 5 Pro 6,3 inci. Masing-masing berikan keunggulan masing-masing dan preferensi yang berbeda juga di tiap pengguna.

Kamera
Bagian kamera menjadi sektor yang paling menarik, karena dua ponsel itu memiliki keunggulan di bagian ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Vivo V17 Pro hadir dengan mengunggulkan kamera depan dual 32MP yang bisa naik turun. Untuk kamera belakangnya terpasang empat kamera yang masing-masing beresolusi 48MP sebagai kamera utama, 8MP berupa kamera lensa lebar, 13MP kamera portrait, dan 2MP untuk kamera kedalaman (depth). 

realme 5 Pro memiliki kamera depan yang lebih sederhana yakni 16MP. Untuk kamera belakangnya, realme 5 Pro menggunakan Quad Camera dengan susunan kamera utama 48MP, 8MP kamera lensa lebar, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa depth.

Kamera utamanya memiliki keunggulan saat berhadapan dengan kondisi remang. Melalui sebuah mode bernama Nightscape, dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI. Kamera akan diatur sedemikian rupa saat membidik objek di kegelapan. Hasil yang akan didapatkan adalah foto malam hari yang terang, jernih dengan kontras yang seimbang. Yang membuat unggul adalah keberadaan kamera lensa makro untuk memotret detail-detail kecil.

Baterai
Vivo V17 Pro dibekali baterai berkapasitas 4100mAh, begitupun realme 5 Pro dengan kapasitas 4035mAh. Karena masing-masing menggunakan antarmuka olahan, maka untuk bagian ini keduanya berhasil menekan penyedotan daya berlebih. Hal ini berujung pada kehematan baterai keduanya sehingga mampu bertahan seharian. Sebagai nilai tambah keduanya juga mengusung teknologi pengisian daya cepat. Tapi realme 5 Pro hadir secara lebih spesial. Teknologi pengisian daya cepat populer yang bernama VOOC Flash Charge 3.0 dibawa di ponsel tersebut. Dengan kekuatan cas 20W menggunakan aksesori bawaan, baterai dapat terisi dari kosong hingga penuh di bawah 90 menit saja.

Kesimpulan
Vivo V17 Pro dan realme 5 Pro hadir sebagai rival yang cukup sepadan. Keduanya membawa sejulah fitur-fitur terkini, juga tampilan yang mengikuti zaman. Ada sejumlah perbedaan misal kamera V17 Pro yang dual di bagian depan. Sedangkan realme 5 Pro lebih unggul di penggunaan chipset. Juga kamera makro yang jarang ditemui di pasar. Maka yang menjadi pembedanya adalah dari segi harga. Vivo V17 Pro memang masih belum diketahui harganya hanya saja Vivo bukan vendor yang suka menjual produk dengan harga terjangkau. Beda dengan realme 5 Pro yang dijual dengan harga di bawah empat juta. Jadi jika dilihat dari kaca mata harga, jelas realme 5 Pro menjadi kandidat yang lebih layak untuk dimiliki.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…

Kota Surabaya

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.

FGD KETAHANAN PANGAN NASIONAL

Senin, 21 Oktober 2019 - 16:39 WIB

Butuh Keputusan Politik yang Kuat untuk Melindungi Lahan Pertanian

Jakarta-Anggota DPR RI Herman Khaeron mengatakan, untuk mewujudkan etahanan pangan nasional perlu keputusan politik yang kuat dari pemerintah. Sebab, berbagai masalah yang muncul sebagai kendala…