Trakindo Hadirkan Teknologi Terdepan “Cat® MineStar™ System” di Mining & Construction Indonesia 2019

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 18 September 2019 - 15:54 WIB

(Ki-Ka) Kiswanto selaku Mining Product Lifecycle Manager Trakindo, Lalak Budiman selaku Mining Product Engineer Senior Specialist Trakindo
(Ki-Ka) Kiswanto selaku Mining Product Lifecycle Manager Trakindo, Lalak Budiman selaku Mining Product Engineer Senior Specialist Trakindo

INDUSTRY.co.id - JAKARTA, 18 September 2019 – Industri pertambangan merupakan salah satu sektor yang memiliki sumbangsih besar bagi pembangunan negeri. Dalam operasionalnya, beragam tantangan perlu dihadapi para pelaku industri pertambangan; mulai dari kondisi geografis, keselamatan pekerja, hingga efisiensi kerja. Pelaku industri pertambangan selalu membutuhkan cara baru untuk mendorong produktivitas sambil mengurangi biaya operasional. Menjawab kebutuhan tersebut, Trakindo hadir di acara Mining & Construction Indonesia 2019 untuk mengajak pelaku industri mengenal lebih dekat teknologi Cat® MineStarTM System, sebuah solusi komprehensif yang mengintegrasikan produk, proses, dan sumber daya manusia.

Kiswanto selaku Mining Product Lifecycle Manager Trakindo menjelaskan, Cat® MineStarTM System merupakan jawaban atas tantangan industri pertambangan yang diharapkan dapat mendorong produktivitas industri pertambangan di Indonesia. “Teknologi Cat® MineStarTM System dapat membantu pelaku industri dalam mengelola rantai pekerjaan pertambangan, mulai dari pelacakan material, manajemen armada, identifikasi kesehatan alat berat, hingga sistem peralatan otonom, dan lainnya. Mengusung teknologi terdepan, produk ini mengintegrasikan sejumlah rangkaian kemampuan yang memungkinkan pelanggan untuk menskalakan sistem sesuai dengan kebutuhan lokasi tambang,” jelas Kiswanto.

Rangkaian fitur dari Cat® MineStarTM System dapat digunakan dalam sebuah kombinasi fitur komprehensif maupun secara terpisah. Fitur FLEET membantu pelanggan dalam melakukan manajemen armada dengan kemampuan untuk pelacakan dan penugasan terhadap semua jenis unit yang bekerja di banyak lokasi dengan dilengkapi data dan analisis yang detil secara real time. TERRAIN menggunakan teknologi pemanduan canggih yang berguna untuk melakukan manajemen unit berbasis data sistematis yang tepat waktu. Fitur ini efektif untuk aplikasi pengeboran, dragline, perataan, dan pemuatan dengan tingkat presisi yang tinggi.

DETECT meningkatkan kewaspadaan operator terhadap keselamatan berkendara; dilengkapi sensor canggih, fitur ini mampu meningkatkan deteksi pada daya pandang yang terbatas di sekitar unit yang bergerak maupun tidak bergerak. Fitur HEALTH memantau kesehatan mesin secara komprehensif, memberi laporan data kerja unit secara terus menerus sehingga dapat mengidentifikasi potensi masalah dari unit tersebut sebelum terjadinya kerusakan. COMMAND memungkinkan pengendalian penambangan jarak jauh, baik secara semi-otonom, atau otonom penuh, dengan teknologi revolusioner membantu bekerja dengan aman dan produktif di berbagai lingkungan yang menantang.

Pengaplikasian Cat® MineStarTM System ditujukan menjadi solusi tepat untuk mendorong produktivitas serta meningkatkan keselamatan kerja di pertambangan. “Penerapan teknologi pada alat berat di industri pertambangan dapat memberikan beragam kemudahan, sekaligus meningkatkan kualitas pekerjaan, sehingga pelaku industri memiliki daya saing tinggi,” ujar Lalak Budiman selaku Mining Product Engineer Senior Specialist Trakindo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani saat menyaksikan seremoni penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) Kadin untuk PT Pelindo dan Group

Selasa, 18 Februari 2020 - 16:10 WIB

Sah, Pelindo I Resmi Jadi Anggota Kadin

PT Pelabuhan Indonesia I atau sering dikenal dengan Pelindo beserta dengan group perusahaannya kini telah resmi tercatat menjadi anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:40 WIB

Genjot Program Santripreneur, Kemenperin Siapkan Anggaran Capai Rp10 Miliar

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) semakin gencar menciptakan wirausaha baru di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) melalui program…

Presiden Direktur BCA Syariah Jhon Kosasih bersama direksi lainnya

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:25 WIB

2020, Pertumbuhan BCA Syariah Dibidik 15 Persen

PT. Bank BCA Syariah (BCA Syariah) komitmen untuk menjalankan fungsi intermediasi secara optimal dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Elnusa Petrofin

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:23 WIB

Elnusa Petrofin Dukung Peningkatan Keselamatan Distribusi BBM

PT Elnusa Petrofin (EPN) terus melakukan terobosan untuk menjaga dan meningkatkan faktor keselamatan khususnya dalam menghantarkan BBM Pertamina ke seluruh pelosok negeri mencakup keselamatan…

Direktur Jenderal International Rice Research Institute (IRRI), Matthew Morell

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:09 WIB

Anggota IRRI Tertarik Terapkan Agriculture War Room

Direktur Jenderal International Rice Research Institute (IRRI), Matthew Morell mengunjungi Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian, Selasa (18/2).