Didukung Renault Indonesia, Medan Jadi Kota Pertama Kompetisi Offline FIRST WARRIORS First Media

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 September 2019 - 15:02 WIB

First Warrior dari First Media
First Warrior dari First Media

INDUSTRY.co.id - Medan – PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, pemimpin di industri penyedia TV Cable dan Fixed Broadband Cable Internet di Indonesia, mengadakan jumpa pers tentang pengembangan ekosistem eSports melalui FIRST WARRIORS di Kota Medan. FIRST WARRIORS merupakan audisi pencarian bakat atlet eSports pertama di Indonesia.

Dalam upayanya membangun ekosistem eSports, First Media bersama dengan para mitranya menyelenggarakan FIRST WARRIORS melalui kompetisi di enam kota besar, yaitu Jakarta, Medan, Batam, Surabaya, Semarang, dan Bandung.

Acara jumpa pers dan Kompetisi Offline FIRST WARRIORS ini dihadiri oleh Victor Indajang, Deputy Chief Executive Officer (CEO) PT Link Net Tbk, Andi Tanadi, Branch Head wilayah Medan PT Link Net Tbk, dan SKYLA, Juri FIRST WARRIORS pada Minggu (15/09) di Sun Plaza, Medan.

“Kami terus melakukan berbagai inisiatif untuk ikut membangun ekosistem eSports di Indonesia. Selain menghadirkan produk bagi para pencinta games, seperti paket Game Xpert, kami juga menjadi sponsor acara eSports yang diselenggarakan di berbagai kota, salah satunya kompetisi di tingkat nasional adalah Piala Presiden eSports 2019 yang diadakan di Jakarta. Secara khusus, FIRST WARRIORS kami hadirkan untuk semakin melengkapi inisiatif First Media dalam mendukung pemerintah memajukan dunia eSports di tanah air.” kata Victor Indajang, Deputy CEO PT Link Net Tbk.

Newzoo’s 2019 Global Games Market Report mengungkapkan bahwa industri eSports akan terus bertumbuh, dan Mobile Gaming (smartphone dan tablet) akan kembali menjadi segmen paling besar pada tahun 2019, dengan pendapatan mencapai US$68,5 miliar – mencapai 45% dari pasar global games, serta sebanyak 80% atau US$54,9 miliar berasal dari smartphone games. Dan pada tahun 2022, Newzoo memprediksi mobile gaming akan menghasilkan revenue sebesar US$95,4 miliar.

“Mobile gaming saat ini sedang mendominasi di dunia dan Free Fire merupakan mobile game popular saat ini. Karenanya kami bermitra dengan Garena untuk membawa eSport Free Fire di season pertama ini. Kami harapkan melalui ajang ini akan melahirkan talenta-talenta muda berbakat yang akan meramaikan dunia eSports Indonesia, karena itu bagi para penggemar eSports #JadilahyangPertama bersama FIRST WARRIORS,” ungkap Victor.

Untuk mendukung FIRST WARRIORS, First Media menghadirkan paket POP Game Xpert untuk para gamer, khususnya milenial. Paket ini terdiri dari High Speed Unlimited Broadband Internet, High End Game Router, dan Best Quality Channels yang di-bundling dengan beragam merchandise menarik lainnya, seperti smartphone, smartwatch, dan game voucher dengan harga paket mulai dari Rp 289.500 (sebelum PPN).

"Bukan hanya kompetisi dan produk baru bagi pencinta games saja yang dihadirkan, kami juga akan meluncurkan in-house channel khusus eSports di layanan tv cable First Media yaitu FIRST WARRIORS di channel #999 yang mulai tayang pada Oktober 2019. Channel ini akan menghadirkan lebih dari 1.000 jam konten gaming dan eSports. Hal ini untuk memberikan dukungan secara menyeluruh bagi perkembangan ekosistem eSports di Indonesia," tambah Victor.

FIRST WARRIORS yang digelar di enam kota di Indonesia terdiri dari kompetisi offline dan online. Untuk kompetisi offline akan dimulai dari kota Medan bertempat di Sun Plaza pada 15 September 2019, Surabaya di Galaxy Mall pada 22 September 2019, Bandung di Istana Plaza pada 29 September 2019, dan Jakarta pada 6 Oktober 2019 bertempat di Lippo Mall Puri.

Sedangkan untuk kompetisi online akan dibuka pertama di kota Batam mulai 9 September hingga 13 September 2019, dan dilanjutkan di kota Semarang pada 16 September hingga 20 September 2019. Audisi finalis akan berlangsung di High Ground Cafe, PIK, Jakarta, pada 15 Oktober hingga 26 Oktober 2019. Dan Grand Final akan dilakukan di Jakarta bertempat di Mall Taman Anggrek pada 27 Oktober 2019 dan menghadirkan para juri expert di bidangnya, seperti SKYLA, Kapten Liong, Meri Olivia, dan Kulgar (duo).

“Khusus untuk Medan, kami terus melakukan berbagai kegiatan yang mendukung eSports. Pekan lalu bersama komunitas Free Fire, kami mengadakan community gathering yang juga dihadiri oleh Content Creator, Selebgram dan Youtuber untuk mendiskusikan komitmen First Media dalam mendukung perkembangan eSports di Kota Medan melalui ajang FIRST WARRIORS. Semoga yang terbaiklah yang menang. Dan kami harap wakil dari Kota Medan dan Sumatera Utara mampu bertarung dengan baik di Grand Final dan terpilih menjadi bagian dari tim First Raiders,” kata Andi Tanadi, Branch Head wilayah Medan PT Link Net Tbk.

Registrasi peserta FIRST WARRIORS dimulai sejak acara peluncuran pada 22 Agustus 2019, yaitu registrasi perorangan melalui online di www.firstwarriors.id. Kompetisi ini direncanakan akan diikuti sekitar 15.000 peserta dengan jumlah pertandingan lebih dari 100 pertandingan. Dalam menyelanggarakan kompetisi ini, First Media bekerja sama dengan Yamisok, Garena Indonesia, dan Indonesia eSports Association (IESPA).

Sebanyak 48 finalis hasil seleksi kompetisi yang menang di setiap kota akan dikarantina untuk dibekali materi dari para ahli dan mentor untuk menjadi tim profesional yang akan bertanding di Grand Final di Jakarta. Total hadiah yang disediakan senilai Rp 1,3 miliar dan satu unit mobil Renault untuk MVP (Most Valuable Player), termasuk dikontrak eksklusif sebagai Official eSports Team First Media yaitu First Raiders.

“Renault adalah brand asal Prancis yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dengan ragam produk yang teknologinya terus menjadi pionir dalam berbagai kategori, komitmen terhadap Transparasi Harga Purna Jual, serta jaminan biaya kepemilikan yang sangat kompetitif, Saya yakin Renault Indonesia, khususnya Renault Medan nanti akan menghadirkan pengalaman mengenal brand dan memiliki produk Renault yang sangat berbeda.” kata Charly Chairuddin, SH, Direktur PT Mega Central Autoniaga sebagai Authorized Dealer merek Renault Sumatera Utara mewakili PT Maxindo Renault Indonesia sebagai Pemegang Merk Renault di Indonesia dan merupakan sponsor utama FIRST WARRIORS.

Terkait ajang pencarian gamers berbakat ini pun, Charly menambahkan, First Media melalui ajang eSport ini mengusung semangat kompetisi sportif yang sama dengan semangat kompetisi Renault Global di ajang Sport F1. Hal ini sudah menjadi DNA brand kami (Renault – Red).

"Selain itu, tidak hanya sama sama memiliki perhatian khusus bagi para talenta muda Indonesia, Kami juga memiliki kepedulian terhadap kemajuan teknologi di bidang kami masing masing. Renault merupakan brand yang memimpin di kategori teknologi mobil listrik dunia percaya bahwa era teknologi perlahan akan menjadi bagian dari banyak sekali ajang kompetisi masa depan seperti yang diadakan First Media." katanya.

First Media berkomitmen untuk selalu menjadi yang pertama dan terdepan dalam mengembangkan inovasi dan selalu mengambil momen yang tepat untuk dapat melayani masyarakat Indonesia dengan lebih baik. “Dalam kesempatan ini, kami mengajak banyak pihak untuk #PlayforGreatness bagi kesuksesan eSports Indonesia,” tutup Victor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia