Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital
Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Dua perusahaan itu sepakat menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang dilakukan Plt. Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani dengan Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek, Shinto Nugroho dan Senior Vice President (SVP) Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gautama. Momentum ini juga disaksikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Gojek dimaksudkan untuk mempersiapkan infrastruktur lokal dalam menghadapi digitalisasi pariwisata. Fokusnya ada tiga yakni pelayananan kemudahan berwisata, peningkatan kualitas SDM, serta promosi dan pemasaran pariwisata.

"Salah satu tantangan dalam proses digitalisasi pariwisata adalah kesiapan sumber Daya Manusia (SDM) sepertipenyedia jasa kuliner, pengelola destinasi wisata, penyedia pijat tradisional yang sulit bersaing di era digital ini. Gojek melihat peluang bagi sektor pariwisata untuk bergabung dengan ekosistem Gojek agar dapat memanfaatkan teknologi secara efektif sehingga tetap relevan dan kompetitif," kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek, Shinto Nugroho usai melakukan penandatanganan MoU yang dilaksanakan pada Rakornas Pariwisata III Hari Ke-2 di Jakarta, Rabu (11/09/2019).

Dilanjutkan Shinto, Gojek berharap kontribusi ini nantinya dapat ditingkatkan melalui  digitalisasi sektor wisata. Diharapkan, kerja sama ini dapat menjadi wadah bagi seluruh pihak untuk terus tumbuh bersama dalam mengembangkan pariwisata nasional.

Sebelumnya, Gojek telah memiliki komitmen dengan beberapa pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisatanya seperti Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, Kota Makassar, Kota Semarang, Kota Pekanbaru, Kota Banda Aceh, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Toba-Samosir (Tobasa).

Kemenpar juga menjalin kerja sama dengan Blibli.com. Senior Vice President Product Category Blibli.com Lay Ridwan Gautama mengatakan, pihaknya tertarik bekerja sama dengan Kemenpar dalam hal promosi wisata di 10 destinasi prioritas dan 88 wisata strategis lainnya. Kedua pihak akan mengangkat sektor wisata dan ekonomi kreatif yang terkait ke UMKM.

Lebih lanjut, mengenai bentuk kerja sama, Blibli.com akan membuat page khusus yakni Microsite Wonderful Indonesia. Page ini akan menekankan pada highlight destinasi-destinasi wisata prioritas dari Kementerian Pariwisata serta pelaku usaha pariwisata yang menyediakan paket dan produk wisata.

"Kami sangat senang dapat berkontribusi bagi perkembangan pariwisata Indonesia serta mendukung perkembangan potensi ekonomi kreatif dari ekosistem ini. Para UMKM menjadi aset penting dalam memperkenalkan produk-produk lokal Indonesia bagi para wisatawan. Dengan adanya pelatihan dan penjualan produk di Blibli.com, mereka berkesempatan untuk memasarkan produk mereka hingga ke seluruh Indonesia,” ujar Senior Vice President Product Category Lay Ridwan Gautama seperti diinformasikan Guntur Sakti Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar.

Menanggapi kerja sama tersebut, Plt. Sekretaris Kementerian Pariwisata RI Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, pihaknya  menyambut baik kerja sama co-branding dengan Blibli.com dan Gojek.

"Kemajuan dunia digital memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan promosi industri pariwisata. Kedua kerja sama ini dapat mendukung kita melalui rangkaian promosi destinasi-destinasi prioritas dan dukungan terhadap para pelaku UMKM guna mengembangkan produknya secara online serta melalui layanan Gojek sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi. Melalui platform dan teknologi yang dimiliki oleh kedua perusahaan, akan banyak potensi-potensi terkait usaha pariwisata yang bisa dikembangkan bersama," ungkap Giri.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Bhinneka Life

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 20:16 WIB

Bhinneka Life Luncurkan Program Save Pro

Jakarta – Perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) kembali mewujudkan komitmennya untuk terus berinovasi mengembangkan produk dan layanan melalui peluncuran…

Topping off Tamansari Bintaro Mansion

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 17:32 WIB

Tamansari Bintaro Mansion Siap Serah Terima Tahun 2020

Tangerang - Tamansari Bintaro Mansion, Apartment besutan PT WIKA Realty yang bekerjasama dengan PT Gaharu 88 Property dan berlokasi di Jl. Jombang Raya Kav. 88, Tangerang Selatan ini telah memasuki…

Area Parkiran/ilustrasi

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:42 WIB

Potensi Pendapatan Parkir DKI Jakarta Mencapai Rp 2 Triliun

Jakarta-Pertumbuhan kendaraan baru di ibu kota yang kian tak terkendali data Statistik Transportasi DKI Jakarta 2018, mobil penumpang mencatat pertumbuhan tertinggi 6,48% per tahun pada periode…

Ilustrasi Ekspor (Ist)

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:02 WIB

Ekspor dan Pupulasi Industri Terus Naik

Nilai ekspor sektor industri mengalami peningkatan setiap tahunnya selama 2015-2018. Pada tahun 2015, tercatat nilai eskpor sektor industri sebesar USD108,6 Miliar, melonjak menjadi USD130 Miliar…

Banyak Perusahaan Enterprise Menjadi Cerdas dengan Bertambahnya Investasi IoT

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:00 WIB

Banyak Perusahaan Enterprise Menjadi Cerdas dengan Bertambahnya Investasi IoT

Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), inovator yang mendukung perusahaan skala enterprise melalui solusi dan mitra terbaik agar berbagai perusahaan dapat mewujudkan kinerja yang unggul,…