Film Lorong, Perjuangan Pilu Ibu Untuk Mendapatkan Buah Hatinya Yang Mau Jadi Tumbal

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 September 2019 - 21:00 WIB

Film Lorong, Perjuangan Pilu Ibu Untuk Mendapatkan Buah Hatinya Yang Mau Jadi Tumbal
Film Lorong, Perjuangan Pilu Ibu Untuk Mendapatkan Buah Hatinya Yang Mau Jadi Tumbal

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Multivision sebagai salah perusaaan film raksasa di Tanah Air terus berusaha mengembalikan kejayaannya seperti era taum 80  hingga awal 2000 an. Film-film berkualitas dengan berbiaya besar serta  menghadirkan sutradara dan artis papan atas yang lagi ini disodorkan.

Seperti film 3 Srikandi, Sang Pencerah, Soekarno dll tapi tidak mampu menyedot jutaan penonton film. Namun ketika Raam Punjabi selaku nakoda rumah produksi MVP, menghadirkan film genre horor seperti Trilogi Kuntilanak. Jutaan penonton mulai melirik film produksi Multivision  

Menyusul film Kuntilanak 1-2, Multivision kembali menghadirkan film setan-setanan. Kali ini Multivision menyodorkan film Lorong.   Eksekutif produser film Lorong Amrit Punjabi mengatakan, film Lorong berbeda dengan film horor Indonesia yang pernah ada sebelumnya.

"Sebagai produser film, tentu kami terus berinovasi mencari cara supaya film ini bisa menarik perhatian penonton. Karenanya ketika memprpduksi film Lorong kami mesti menyugukam sesuatu yang berbeda, untuk itu, bagaimana caranya kita gabungkan thriller dengan horror," ujar Amrit Punjabi usai nobar film Lorong di XXI Epiwalk, Jakarta Selatan, Senin (9/9).        

Tak hanya jalan cerita yang berbeda, film "Lorong" juga dipercayakan kepada Hestu Saputra, sutradara yang belum pernah menggarap film horor.     

Hestu mengatakan, ia menerima tawaran film genre horor karena ia suka tantangan dan ingin berinovasi dalam berkarya. Ia ingin menyampaikan pesan dengan cara berbeda. Kebetulan, Amrit Punjabi menawarkan sekenario film "Lorong". Maka selaku sutradara, Hestu menciba meramu film "Lorong" agar juga bisa mengaduk emosi dan sisi psikologis penonton.

"Saya  mau membuat film  horor tapi berbeda,. Makanya ketika menggarap film ini saya pendekatannya psikologis," kata Hestu.    

Meski begitu Hestu berusaha meramu film "Lorong" yang ia sutradarai agar masuk akal. Caranya, mengurangi jalan cerita yang tidak logis.   

"Saya meminimilasir cerita yang tidak masuk akal. Setelah sekenario selesai saya paparkan ke semua pemain. Bagaimana perspektif mereka kita kupas scene by scene, dialog per dialog, apakah makes sense apa nggak. Ini membuat masyarakat jadi tertarik atau tidak," papar Hestu.    

Prisia Nasution yang dipercaya sebagai tokoh Mayang mengatakan, stigma film horor perlu diubah agar penonton tidak hanya fokus pada seramnya hantu tetapi bagusnya jalan cerita.

"Di mata  sebagian orang citra memang kurang bagus. Karenanya sebagai pelaku industri film saya berkewajiban meningkatkan citra film horor. Untuk itu saya sebagai pemain ikut memberikan masukan,  agar film ini tidak sama dengan film horor pada umumnya " kata Prisia Nasution. Selain Prisia Nasution, film yang bakal beredar 12 September ini didukung sederetan aktor yang mumpuni, Wingky Wiryawan. Teuku Rifnu Wikana, Nova Eliza dll.       

Lorong memulai kisah tentang seorang perempuan hamil yang sedang terbaring lemah di ruang operasi. Terbangun pascamelahirkan, Mayang (Prisia Nasution) mendapatkan kabar yang tidak ia harapkan. Reza (Winky Wiryawan) sang suami, mengatakan bahwa bayi mereka telah meninggal dunia.      

Namun, naluri Mayang sebagai seorang ibu tidak berkata demikian. Ia meyakini bahwa bayi yang diberi nama Reno itu masih hidup. Dalam keadaan lemah, Mayang tetap mencari bayi ke seluruh sudut rumah sakit, hingga ia menemukan satu lorong rahasia yang ditutup rapat.

Sayang, usaha Mayang menemui jalan buntu setelah dr. Vera (Nova Eliza) yang membantunya melahirkan, berhasil memberikan bukti berupa dokumen kematian bayinya, lengkap dengan beberapa foto kejadian. Di tengah rasa putus asa, Mayang yang memilih tidak menyerah akhirnya mulai dianggap gila oleh sebagian orang di rumah sakit.

Kisah dalam film Lorong, diakui Hestu adalah bukti liar memainkan imajinasi. Ada aksi yang membuat dada penonton berdebar, namun ada juga aksi yang menyeramkan atau jump scare bersama sang hantu. Pemeran utama, Prisia Nasution sebagai seorang ibu yang sedang mencari bayi dengan perut berdarah dan tangan penuh luka, juga jauh lebih mendebarkan. Prisia berhasil mengajak penonton merasakan rasa sakit, bahkan ngilu dengan mimik wajah yang sangat ekspresif.   

Secara keseluruhan, film ini menampilkan cerita yang membuat pikiran penonton ikut bertanya-tanya jalan cerita selanjutnya. Dikemas dengan suasana mencekam, film konspirasi ini nampaknya menarik untuk diikuti. Terlebih bagi mereka yang menyukai sebuah cerita penuh teka-teki dan plot tidak terduga 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…