Keindahan Basque Country: Kebudayaan yang Kaya dan Beragam

Oleh : Herry Barus | Senin, 09 September 2019 - 17:00 WIB

Keindahan Basque Country: Kebudayaan yang Kaya dan Beragam
Keindahan Basque Country: Kebudayaan yang Kaya dan Beragam

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Basque Country atau orang lokal menyebut daerah ini, Euskal Herria, terletak di Spanyol Utara dan Barat Daya Prancis, dekat Teluk Biscay dan Pegunungan Pyrenees Barat. Menurut sebagian besar ahli sejarah, Basque merupakan salah satu kelompok etnis tertua di Eropa.

Sekitar 5.000 tahun yang lalu, sebelum kedatangan orang Indo-Eropa, orang-orang dari Basque sudah tinggal di bagian barat daya Eropa. Bahasa mereka, Euskera, merupakan bahasa tertua yang masih digunakan di Eropa.

Kota ini memiliki 16 restoran berbintang Michelin yang tersebar di seluruh area. Masakan paling populer yang harus dicoba oleh wisatawan ketika mengunjungi San Sebastián adalah pintxos. Pintxos pada dasarnya adalah camilan kecil yang biasanya dimakan di bar, mirip dengan tapas. Biasanya pintxos terbuat dari irisan roti kecil dengan berbagai topping.

Pintxos sendiri berarti 'spike', yang dalam hal ini tusuk gigi digunakan agar topping tetap tertata rapi diatas pintxos. Masakan ini biasanya disajikan dan dipasangkan dengan txakoli. Txakoli adalah wine sparkling yang muda, kering karena keasamannya yang tinggi tetapi dengan kadar alkohol yang rendah, disajikan dengan cara menuangkannya dari ketinggian tertentu untuk membuatnya lebih berbuih.

Keunikan Basque dapat dilihat tidak hanya dari kota-kota dan pantai-pantainya yang indah, karena wilayahnya yang membentang antara Spanyol dan Perancis, maka budayanya lebih kaya dan lebih beragam. Cara termudah untuk mendapatkan pengalaman budaya Basque tanpa harus langsung ke sana adalah melalui gastronominya yang juga sangat terkenal.

Beruntung, bagi orang di Indonesia yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang Basque Country dan orang-orangnya sekarang dapat mengunjungi Txoko. Txoko adalah restoran Spanyol yang memiliki spesialisasi dalam masakan Basque, terletak di Jl. Suryo No. 6, Kebayoran Baru, di mana Anda tidak hanya akan menemukan makanan yang telah membuat daerah ini begitu populer, tetapi juga beberapa elemen tentang budaya mereka. Jangan ragu untuk mencoba Txoko Jakarta, dan kami dapat menjamin bahwa petualangan gastronomi dan budaya Anda akan terpenuhi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anggota DPR RI Obon Tabroni

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:30 WIB

Anggota Dewan Kritisi Program Bantuan Upah Hanya Hanya Diberikan kepada BPJS Ketenagakerjaan

Anggota DPR RI Obon Tabroni mengkritisi pemberian subsidi upah yang hanya diberikan kepada buruh yang terdaftar di dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Pelayanan perbankan di Bank Bukopin (Foto: Doc Bank Bukopin)

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:12 WIB

Ini Strategi Bank Bukopin Bidik Kenaikan DPK 10 Persen

Seiring dengan memasuki usia ke- 50 tahun terus berkiprah mendukung perekenominan Indonesia, Bank Bukopin meluncurkan program “Nabung Super Seru 50 Tahun”.

Pertemuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Jabodetek dengan Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:10 WIB

Disambangi BEM se-Jabodetabek, Azis Syamsudin Tepis Isu RUU Ciptaker Cabut Kemakmuran Rakyat: Tidak Benar, Saya Juga Punya Anak yang Tidak Mungkin Disengsarakan

Dalam pertemuan dengan BEM se Jabodetek, Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menegaskan RUU Ciptaker tidak berkaitan secara inheren dengan Kartu Pra-Kerja.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kiri) menerima sertifikat ISO 37001:2016

Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:00 WIB

Terapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan, Telkom Peroleh Sertifikat ISO 37001:2016

Setelah menjalani proses sertifikasi dalam memverifikasi kesesuaian penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan sesuai dengan standar internasional, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom)…

Andriani Latania Triramdhani peroleh Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Padjajaran Bandung

Jumat, 14 Agustus 2020 - 08:49 WIB

Gara-gara Tanah, Wanita Cantik Ini Gondol Gelar Doktor Cum Laude

Terbayarkan. Itu yang ada dibenak Andriani Latania Triramdhani. Gelar Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Padjajaran Bandung dengan predikat Cum Laude berhasil ia sandang. Dirinya baru saja mempertahankan…