Darurat Industri Tekstil Nasional

Oleh : Ridwan | Rabu, 04 September 2019 - 11:02 WIB

Produksi tekstil (vov5)
Produksi tekstil (vov5)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menegaskan kondisi industri tekstil dan produk tekstil (TPT) saat ini sudah darurat. 

Hal ini terjadi pada produk hulu hingga tengah yang berorientasi pasar domestik terkena imbas serbuan produk impor dan dampak perang dagang AS dan China.

Ketua Umum API, Ade Sudrajat mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan usulan perlindungan atau pengamanan perdagangan (safeguard) kepada Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) Kementerian Perdagangan. 

Safeguard terutama pada produk kain yang selama ini sudah dihajar produk impor. Tarif tambahan Safeguard bisa dikenakan bila industri dalam negeri sudah kena dampak buruk dari serbuan impor terutama dari China.

"Kondisinya saat ini sudah semakin darurat, bila pertempuran AS dan China tidak diantisipasi akan menyebabkan kerugian, karenanya ini langkah darurat," kata Ade di Jakarta (4/9).

Ditambahkan Ade, selama ini industri hulu seperti benang sudah kena proteksi dengan adanya anti-dumping. Namun, sebaliknya di industri tengah seperti kain justru tarif impor produknya nol persen. 

Menurutnya, bila ini dibiarkan maka akan berdampak makin buruk bagi semua lapis industri TPT apalagi selisih produk impor dengan lokal terutama kain bisa lebih bersaing 15-20%.

"Kenapa saya harus buat kain, karena kainnya impor, cepat atau lambat, dampak negatif ke hulu," katanya.

Sementara Wakil Sekretaris API Jawa Barat, Rizal Tanzil mengatakan, saat ini seluruh pemain dari hulu ke hilir sudah mulai kompak menginisiasi safeguard.

"API dan APSyFI sepakat untuk menginisiasi safeguard dari hulu ke hilir sebagai salah satu cara untuk menyelamatkan industri TPT," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun sawit

Kamis, 17 Oktober 2019 - 18:07 WIB

KIP: Informasi Dokumen HGU di Papua dan Papua Barat Tertutup Bagi Publik

akarta – Majelis Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) memutuskan informasi dokumen Hak Guna Usaha (HGU) di Provinsi Papua dan Papua Barat sebagai informasi publik yang bersifat tertutup.

Topping Off Tower B Apartemen Emerald Bintaro

Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:30 WIB

Resmi Gelar Topping Off Tower B, Apartemen Emerald Bintaro Yakinkan Millenials Pasti Bisa Beli Hunian Ideal

Perkembangan zaman, teknologi, dan gaya hidup ternyata mempengaruhi kemampuan generasi millennials untuk memiliki hunian. Banyak pakar memperkirakan bahwa millennials akan mengalami kesulitan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:36 WIB

BNI Syariah Gandeng Setneg dan Barokah Syariah Properti terkait Pembiayaan Perumahan

Jakarta - BNI Syariah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Setneg) dan PT Barokah Syariah Properti terkait pembiayaan pemilikan rumah…

Lukisan Liu Hsin Ying Taiwan

Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:00 WIB

Empat Pelukis Wanita Taiwan Pamerkan Lukisan di WTC 2 Jakarta

Ethereal Minds memberi penghormatan pada karya-karya 4 (empat) seniman kontemporer Taiwan; Yang Yi Shiang, Liu Hsin Ying, Huang Chia Ning dan Wang Liang Yin. Istilah kecantikan Ethereal secara…

United Tractors

Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:26 WIB

United Tractors Gelar Kompetisi SOBAT

PT United Tractors Tbk (UT) menciptakan generasi muda yang siap bekerja, mandiri dan berkarakter melalui program Sekolah Binaan United Tractors (SOBAT). SOBAT merupakan program yang dilakukan…