Semen Indonesia Mulai Pembangunan Pabrik Mortar

Oleh : Herry Barus | Senin, 02 September 2019 - 10:30 WIB

Semen Indonesia Mulai Pembangunan Pabrik Mortar
Semen Indonesia Mulai Pembangunan Pabrik Mortar

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Mitra Kiara Indonesia (MKI), perusahaan hasil pengembangan bisnis dari PT Semen Indonesia (Persero), Tbk (Semen Indonesia), memulai pembangunan pabrik mortar baru berkapasitas 375 ribu ton per tahun di Narogong, Gunung Putri, Jawa Barat. Pengembangan bisnis ini merupakan bentuk komitmen untuk memenuhi kebutuhan pasar, sekaligus sebagai sikap dalam menjawab berbagai tantangan pada industri bahan bangunan di Indonesia.

Penyertaan modal Semen Indonesia kepada MKI telah dilakukan sejak 26 April 2019, dan sesuai dengan langkah transparansi dan keterbukaan informasi kepada publik, penyertaan modal ini juga sudah dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Diperkirakan selesai dibangun pada tahun 2020, pabrik seluas dua hektar ini akan berdiri di atas lahan milik PT Solusi Bangun Indonesia yang telah dimiliki oleh Semen Indonesia sejak bulan Januari tahun 2019.

Simbolisasi ground breaking pembangunan pabrik mortar milik MKI ini dilakukan kemarin, Rabu, 29 Agustus 2019, oleh Direktur Utama Semen Indonesia, Hendi Prio Santoso, Direktur Strategi Bisnis & Pengembangan Usaha Semen Indonesia, Fadjar Judisiawan, Direktur Pemasaran & Supply Chain Semen Indonesia, Adi Munandir, Direktur Utama Solusi Bangun Indonesia, Aulia Mulki Oemar, dan Direktur MKI, Mirza Whibowo Soenarto.

“Sebagai sebuah entitas yang merupakan bagian dari Semen Indonesia, MKI difungsikan untuk menjalankan bisnis pada industri hilir semen, serta menangkap peluang-peluang lainnya yang mungkin terjadi dalam pertumbuhan industri tersebut, sehingga dapat meningkatkan daya saing usaha dan menjadi sumber pendapatan baru. Pengembangan usaha Semen Indonesia untuk memproduksi mortar sudah menjadi rencana sejak lama karena telah mempertimbangkan besar potensinya, baik dari sisi produksi maupun dari sisi pasar. Kami optimis bahwa 375 ribu ton mortar yang akan diproduksi tiap tahunnya dapat memenuhi kebutuhan 12% pangsa pasar mortar di Indonesia, khususnya wilayah Jawa dan Bali, terlebih lagi dengan melihat masih akan banyak munculnya proyek-proyek pembangunan gedung,” jelas Fadjar Judisiawan, Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha, PT Semen Indonesia (Persero), Tbk.

Bisnis mortar yang berjalan di bawah manajemen MKI ini tidak menggunakan sistem Original Equipment Manufacturer atau makloon, di mana mortar dibeli dari perusahaan lain tanpa label, seperti yang dilakukan banyak produsen mortar di Indonesia. Hal ini dilakukan karena MKI ingin mengembangkan berbagai inovasi dan menghasilkan produk melalui kontrol kualitas berstandar tinggi sebagaimana telah diimplementasikan oleh Semen Indonesia pada produk semen konvensionalnya. Komposisi produksi mortar terdiri dari semen, pasir, batu kapur (lime stone), dan perekat, yang pada umumnya menggunakan pasir alam, namun kini MKI telah mengembangkan inovasi teknologi yang dapat mengolah batu kapur hasil penambangan untuk produksi semen konvensional milik Semen Indonesia sehingga dapat mengurangi penggunaan pasir alam.

Dengan penggunaan pasir alam yang semakin sedikit, tentu akan memberikan dampak yang lebih positif kepada lingkungan karena ketergantungan yang semakin kecil pada pasir alam sebagai bahan mentah. Selain itu, MKI juga akan memanfaatkan produksi semen konvensional milik Semen Indonesia untuk memenuhi komposisi produksi mortar, sehingga secara keseluruhan akan memberikan keuntungan melalui efisiensi bahan mentah yang digunakan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…

Talk Show ICDX yang bertajuk “Menjelajahi Dinamika Komoditi Syariah: Peluang dan Tantangannya di Indonesia”

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:22 WIB

Makin Diminati, ICDX Targetkan Transaksi Komoditi Syariah Mencapai Rp 2,5 Triliun di Tahun 2024

Direktur Utama Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), Nursalam mengatakan, transaksi Komoditi Syariah di Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan…