Semen Indonesia Mulai Pembangunan Pabrik Mortar

Oleh : Herry Barus | Senin, 02 September 2019 - 10:30 WIB

Semen Indonesia Mulai Pembangunan Pabrik Mortar
Semen Indonesia Mulai Pembangunan Pabrik Mortar

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Mitra Kiara Indonesia (MKI), perusahaan hasil pengembangan bisnis dari PT Semen Indonesia (Persero), Tbk (Semen Indonesia), memulai pembangunan pabrik mortar baru berkapasitas 375 ribu ton per tahun di Narogong, Gunung Putri, Jawa Barat. Pengembangan bisnis ini merupakan bentuk komitmen untuk memenuhi kebutuhan pasar, sekaligus sebagai sikap dalam menjawab berbagai tantangan pada industri bahan bangunan di Indonesia.

Penyertaan modal Semen Indonesia kepada MKI telah dilakukan sejak 26 April 2019, dan sesuai dengan langkah transparansi dan keterbukaan informasi kepada publik, penyertaan modal ini juga sudah dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Diperkirakan selesai dibangun pada tahun 2020, pabrik seluas dua hektar ini akan berdiri di atas lahan milik PT Solusi Bangun Indonesia yang telah dimiliki oleh Semen Indonesia sejak bulan Januari tahun 2019.

Simbolisasi ground breaking pembangunan pabrik mortar milik MKI ini dilakukan kemarin, Rabu, 29 Agustus 2019, oleh Direktur Utama Semen Indonesia, Hendi Prio Santoso, Direktur Strategi Bisnis & Pengembangan Usaha Semen Indonesia, Fadjar Judisiawan, Direktur Pemasaran & Supply Chain Semen Indonesia, Adi Munandir, Direktur Utama Solusi Bangun Indonesia, Aulia Mulki Oemar, dan Direktur MKI, Mirza Whibowo Soenarto.

“Sebagai sebuah entitas yang merupakan bagian dari Semen Indonesia, MKI difungsikan untuk menjalankan bisnis pada industri hilir semen, serta menangkap peluang-peluang lainnya yang mungkin terjadi dalam pertumbuhan industri tersebut, sehingga dapat meningkatkan daya saing usaha dan menjadi sumber pendapatan baru. Pengembangan usaha Semen Indonesia untuk memproduksi mortar sudah menjadi rencana sejak lama karena telah mempertimbangkan besar potensinya, baik dari sisi produksi maupun dari sisi pasar. Kami optimis bahwa 375 ribu ton mortar yang akan diproduksi tiap tahunnya dapat memenuhi kebutuhan 12% pangsa pasar mortar di Indonesia, khususnya wilayah Jawa dan Bali, terlebih lagi dengan melihat masih akan banyak munculnya proyek-proyek pembangunan gedung,” jelas Fadjar Judisiawan, Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha, PT Semen Indonesia (Persero), Tbk.

Bisnis mortar yang berjalan di bawah manajemen MKI ini tidak menggunakan sistem Original Equipment Manufacturer atau makloon, di mana mortar dibeli dari perusahaan lain tanpa label, seperti yang dilakukan banyak produsen mortar di Indonesia. Hal ini dilakukan karena MKI ingin mengembangkan berbagai inovasi dan menghasilkan produk melalui kontrol kualitas berstandar tinggi sebagaimana telah diimplementasikan oleh Semen Indonesia pada produk semen konvensionalnya. Komposisi produksi mortar terdiri dari semen, pasir, batu kapur (lime stone), dan perekat, yang pada umumnya menggunakan pasir alam, namun kini MKI telah mengembangkan inovasi teknologi yang dapat mengolah batu kapur hasil penambangan untuk produksi semen konvensional milik Semen Indonesia sehingga dapat mengurangi penggunaan pasir alam.

Dengan penggunaan pasir alam yang semakin sedikit, tentu akan memberikan dampak yang lebih positif kepada lingkungan karena ketergantungan yang semakin kecil pada pasir alam sebagai bahan mentah. Selain itu, MKI juga akan memanfaatkan produksi semen konvensional milik Semen Indonesia untuk memenuhi komposisi produksi mortar, sehingga secara keseluruhan akan memberikan keuntungan melalui efisiensi bahan mentah yang digunakan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA Syariah sosialisasi dan edukasi yuk nabung saham syariah

Jumat, 18 Oktober 2019 - 00:53 WIB

BCA Syariah Optimis Gapai Kenaikan Rekening RDN Tahun Depan

Jakarta - BCA Syariah mendorong masyarakat untuk memiliki tabungan saham-saham syariah. Dorongan tersebut sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

Vivi Wang, selaku Business Development Director Mobvista Asia Tenggara

Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:01 WIB

Mobvista: Peluang Besar Mobile Marketing Konten Video

Jakarta - Mobvista mengeksplorasi bagaimana brand dan marketer di Indonesia dapat memanfaatkan peluang dengan lebih baik untuk memaksimalkan mobile marketing berbentuk konten video.

Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D

Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:00 WIB

Mahfud MD: Mahasiswa Instrumen Utama Bela Negara

Peningkatan kualitas sumber daya manusia unggul yang berkarakter nasionalis dan adaptif terhadap perkembangan diperlukan untuk dapat menunjang tercapainya visi tersebut.

Diskusi Fintech bersama AwanTunai

Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:39 WIB

Diperlukan Kolaborasi Untuk Pemanfaatan Fintech Dalam Mencapai SDGs

Dibutuhkan kolaborasi dan sinergi yang lebih baik antara pemerintah, sektor swasta, serta pelaku keuangan lainnya, dalam memanfaatkan teknologi keuangan sebagai solusi tantangan pembangunan,…

Public Relations Lead DreamHub Trevi Pradipta, Chief Marketing Officer DreamHub Duan Aditya Akelyaman, dan Chief Operating Officer DreamHub Daniel Derandie

Kamis, 17 Oktober 2019 - 20:42 WIB

Kolaborasi dan Komitmen Diperlukan Guna Membangun Ekosistem Startup 

Kolaborasi dan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan diperlukan untuk membangun ekosistem startup sehingga menghasilkan inovasi, solusi yang dapat diterima oleh pasar, dan model bisnis…