Banyak Ibu Muda Menganggap Bekerja sebagai Me Time

Oleh : Andi Mardana | Minggu, 01 September 2019 - 17:24 WIB

Ilustrasi ibu bekerja.(Ist)
Ilustrasi ibu bekerja.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mengurus anak hampir 24 jam, mengurus suami, ditambah dengan pekerjaan tentunya sangat melelahkan. Seorang wanita layak menyisihkan me time atau waktu untuk memanjakan diri.

Pergi berlibur, ke salon, atau menyalurkan hobi bisa menjadi me time untuk meredakan stres dan kelelahan sejenak.

Namun, apakah faktanya begitu? Teman Bumil, aplikasi untuk ibu Indonesia, melakukan studi kualitatif dan kuantitatif pada lebih dari 600 responden pria dan wanita menikah berusia 20-40 tahun. Hasilnya cukup mengejutkan.

Di samping fakta bahwa setiap ibu sepakat memerlukan me time, tetapi bukan kegiatan rekreasi yang dipilih melainkan mencuri waktu di sela bekerja.

Jika diartikan secara harfiah, me time adalah waktu yang dihabiskan sejenak untuk melakukan kegiatan yang digemari. Me time sering dikaitkan sebagai bentuk apresiasi atau relaksasi, di tengah tuntutan tugas atau peran seseorang di dalam kehidupannya.

Walaupun tidak eksklusif dialamatkan untuk wanita, istilah ini sering dikaitkan pada wanita dengan beragam perannya menjadi seorang menjadi istri dan ibu.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si., mengistilahkan me time seperti grounding, atau “membumikan diri.

“Pikiran ibarat sungai yang besar dengan volume air yang banyak dan terus mengalir tanpa henti. Ketika air sungai bermuara di sebuah danau atau kolam, semua kotoran yang tadinya ikut berputar mengikuti arus air, akan mengendap dan air akan menjadi jernih,” jelasnya.

Me time itulah yang berfungsi untuk “mengendapkan” rasa lelah, suntuk, bosan, atau bahkan frustasi. Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri dan melakukan kegiatan yang disenangi, membuat seseorang dapat menyegarkan kembali pikirannya.

Teman Bumil melakukan survei kepada lebih dari 600 responden, dengan tujuan mencari tahu apakah para ibu memang perlu me time, apa saja bentuk me time yang dilakukan, serta persetujuan suami.

Ternyata sebagian besar menjawab “bekerja”, “berwirausaha”, “melanjutkan karier, atau “ingin memiliki usaha”, sebagai respons atas pertanyaan survei “Jika bisa melakukan apa saja selain mengurus urusan suami dan anak, apa rencana Mums?”.

Responden yang menjawab, rata-rata telah memiliki buah hati berusia 0-5 tahun dan berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Kepuasan memiliki me time dalam wujud bekerja, juga diungkapkan oleh peserta focus group discussion (FGD) yang terdiri atas 5 pasang suami-istri berusia 20-40 tahun. Dimoderatori oleh psikolog Intan Indira Riauskina, S.Psi., M.Sc., Ph.D.

Para peserta FGD ini pun mengamini bahwa kesempatan bekerja yang sampai saat ini bisa mereka jalani, adalah sebuah momen me time yang efektif. Belum ada rencana mereka untuk pergi berlibur bersama teman, tanpa anak-anak.

Inka, karyawati di industri advertising, yang telah menikah selama 8 tahun dan memiliki putra berusia 3 tahun menuturkan pengalamannya.

"Bekerja menjadi bentuk me time untuk saya, karena saya punya ruang buat diri sendiri. Selain itu, adanya ruang atau jarak dengan anak sejenak, justru bisa lebih tenang memikirkan kebutuhan-kebutuhan anak,” paparnya.

Di saat bekerja itulah mereka, para ibu muda, memanfaatkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman-temannya. Seperti yang dilakukan Rika, content writer yang telah menikah selama 3 tahun dan dikaruniai seorang putri berusia 22 bulan.

Dengan penghasilannya sendiri, ia bisa me time dan memanjakan diri sejenak, meski harus mencuri waktu di sela-sela pekerjaan.

Bagaimana me time seorang ibu rumah tangga? Vibriyanti, peserta FGD yang telah dikaruniai dua anak dan kini berprofesi sebagai wiraswasta, justru sangat menikmati kehidupannya kini sebagai ibu rumah tangga. Baginya, masa penuh hedon sudah ia puaskan saat lajang.

"Sebelum jadi ibu, saya adalah orang yang senang berlibur dan wisata kuliner. Setelah jadi ibu, aktivitas itu sebenarnya tak harus serta-merta berhenti," ungkap Vibriyanti.

Karena tak bisa dipungkiri, pasti akan kangen dengan masa-masa seperti itu. "Sebagai solusinya, ketika harus ke luar kota untuk urusan pekerjaan, saya maksimalkan sekalian untuk memenuhi hasrat berlibur dan plesir yang saya senangi dari dulu," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…