Promosi Dagang Berhasil, Kementan Tingkatkan Ekspor Produk Hortikultura

Oleh : Wiyanto | Minggu, 01 September 2019 - 11:58 WIB

Produk Hortikultura yang akan diekspor
Produk Hortikultura yang akan diekspor

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kegiatan promosi dan misi dagang dalam bentuk pameran, forum bisnis dan promosi lain yang diikuti oleh para eksportir berhasil meningkatkan animo ekspor sepanjang tahun 2019 ini. Diperkirakan peningkatan ekspor meningkat pada bulan September sampai akhir tahun, seiring dengan dimulainya masa panen buah eksotik Indonesia, seperti manggis dan mangga.

Salah satunya, PT. Radja Manggis Sejati usai mengikuti pameran International Fruit Expo 2019 di Guangzhou, China 2 bulan lalu mendapatkan kontrak baru sebanyak 21 kontainer. Pasokan manggis mereka dapatkan dari Aceh dan Sumatera Barat.

“Kontrak baru kami 21 kontainer, dengan volume per kontainer 18,8 ton manggis. Saat ini kami sudah mengirimkan pesanan sebanyak 2 kali. Selanjutnya akan lebih cepat karena sudah mulai memasuki masa panen raya buah manggis,” ujar Wawan, Direktur PT. Radja Manggis Sejati di Jakarta, Minggu (1/9/2019).

Manfaat promosi ini diakui para eskportir buah sangat membantu ekspansi bisnis mereka. “Upaya promosi dari Ditjen Hortikultura sangat membantu kami untuk melebarkan sayap bisnis kami. Sehingga buah lokal kita makin dikenal negara lain,” ujar Pimpinan PT. Mahkota Multi Mandiri, Berry Gaswara.

Berry mengatakan bahwa perusahaannya rutin 2 kali seminggu mengekspor sayuran seperti baby buncis, buncis super, water cress dan edamame ke Singapura. Pengiriman dilakukan setiap minggu pada hari Senin dan Kamis dengan jumlah 500 kg sampai 1 ton per pengiriman.

“Kontrak ekspor sayuran ke Singapura ini adalah buah dari forum bisnis yang digagas oleh forum Agri-Business Working Group (AWG) Indonesia-Singapura pada 2018 yang lalu. Kami juga hampir tiap hari mengekspor mangga Arumanis dan Gedong ke Singapura dengan volume 5-10 ton per minggu. Ada sebanyak 3 buyer/importir mangga yang menjadi pembeli tetap perusahaan,” tambah Berry.

Selain ke Singapura, PT. Mahkota Multi Mandiri juga rutin mengekspor mangga ke Malaysia sebanyak 2-3 ton setiap minggu. Perusahaan ini menargetkan ekspor mangga pada 2019 sebanyak 200 ton.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Yasid Taufik mengatakan bahwa Kementerian Pertanian saat ini terus berupaya meningkatkan daya saing komoditas  hortikultura di pasar Internasional. Berbagai kebijakan seperti peningkatan produksi dan penerapan Good Agriculture Practices, mutu pasca panen, pengolahan hasil serta promosi dan diseminasi sesuai dengan Permentan Nomor 19 tahun 2019 terus diperhatikan.

Upaya meningkatkan jumlah buyer dan memperluas pasar juga dilaksanakan dengan menyediakan stan pameran untuk diisi para eksportir hortikultura dalam pameran Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan berlangsung pada 16-20 Oktober 2019 di Indonesia nanti. Diharapkan para eksportir hortikultura dapat memanfaatkan promosi terpadu pada TEI kali ini yaitu hortikultura, perkebunan dan perikanan. Selain mengisi stand pameran, para eksportir berkesempatan mengikuti pertemuan business to business (B2B) dengan para buyer manca negara yang datang ke pameran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia