Mengenal Sistem Operasi Terbaru Huawei yang Dapat Diterapkan Disemua Skenario

Oleh : Hariyanto | Rabu, 28 Agustus 2019 - 10:10 WIB

James Lu, Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
James Lu, Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah diluncurkan di ajang Huawei Developer Conference beberapa minggu lalu, Huawei memperkenalkan sistem operasi terbarunya untuk diterapkan di berbagai perangkat dan skenario ke pasar Indonesia yang diungkap dalam sebuah acara workshop. 

Dua teknologi terbaru dari Huawei antara lain HarmonyOS dan EMUl10. HarmonyOS adalah sistem operasi yang ringan dan ringkas dengan fungsi yang kuat, dan pertama-tama akan digunakan untuk perangkat pintar seperti jam tangan pintar, layar pintar, sistem di dalam kendaraan, dan speaker pintar. 

Sementara EMUI10 adalah UI versi terbaru buatan Huawei yang dilengkapi berbagai pengembangan fitur untuk kebutuhan spesifik penggunanya, seperti suara dan panggilan antar-muka, pekerjaan antar perangkat, ataupun perangkat yang terpasang pada kendaraan. 

James Lu sebagai Senior Manager EMUI Product Marketing di Huawei Consumer Business Group menjelaskan alasan dibalik peluncuran kedua sistem operasi ini adalah pesatnya perkembangan teknologi seperti 5G dan Al yang telah mendorong pertumbuhan industri loT. 

"Huawei telah memperjelas bahwa suategi kehidupan cerdas semua kebutuhan pengguna akan menjadi fokus strategi dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. Oleh karena itu, sistem operasi terbaru diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi tantangan yang disajikan di era kebutuhan pengguna yang terintegrasi," ungkap James Lu di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

HarmonyOS memiliki Empat fitur teknis yang berbeda diantaranya adalah,  Seamless, HarmonyOS menawarkan wadah komunikasi bersama, manajemen data terdistribusi, jadwal lugas terdistribusi, dan peripheral virtual. Dengan HarmonyOS, pengembang aplikasi tidak perlu berurusan dengan teknologi yang mendasari aplikasi terdistribusi, menjadikan mereka mampu tetap fokus terhadap logika servis individual yang ada.

Kemudian, Smooth, HarmonyOS akan mengatasi tantangan yang berkinerja buruk dengan Deterministic Latency Engine dan Inter Process Communication (IPC) berkinerja tinggi. Deterministic Latency Engine akan menetapkan prioritas dan batasan waktu pelaksanaan tugas untuk penjadwalan di awal. 

Sumber daya akan cenderung mengarah ke tugas dengan prioritas lebih tinggi, mengurangi latensi respons aplikasi hingga mencapai 25,7%. Mikrokemel ini dapat membuat kinerja IPC hingga lima kali lebih efisien daripada sistem yang ada. 

Selanjutnya,  Secure, Desain mikrokemel Harmony OS menggunakan metode verifikasi formal untuk membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas di Trusted Execution Environment (TEE). HarmonyOS adalah OS pertama yang menggunakan verifikasi formal di perangkat TEE, yang secara signifikan meningkatkan keamanan. Selain itu, karena mikrokernel HarmonyOS memiliki kode yang Jauh lebih sedikit (kim-kira seperseribu jumlah kernel Linux), kemungkinan serangan menjadi sangat kecil. 

Yang terakhir, Unified, didukung oleh IDE multi-perangkat, kompilasi multi-bahasa dan perangkat arsitektur terdistribusi, HannonyOS secara otomatis beradaptasi dengan kontrol dan interaksi tata letak layar yang berbeda, mendukung kontrol "geser dan jatuhkan“, serta pemprograman visual yang berorientasi pada peninjauan. Dengan IDE multi-perangkat, pengembang dapat membuat kode aplikasi mereka sekali dan menyebarkannya di beberapa perangkat, menciptakan ekosistem yang terintegrasi erat di semua perangkat pengguna. 

EMUI10 memberikan tiga pembaharuan yakni desain UX, pengalaman terbaik untuk semua skenario, dan standar baru untuk operasional yang mulus. Pada EMUI10 sejumlah fitur telah ditingkatkan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna, seperti Teknologi GPU Turbo yang telah meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis hingga sejumlah 60%.

Sementara teknologi agregasi jaringan Link Turbo memungkinkan smanphone untuk mengakses banyak jaringan, seperti 4G dan WiFi untuk kecepatan 70% lebih tinggi dibanding hanya menggunakan 4G. 

lnovasi lain seperti EROFS super tile system meningkatkan tingkat random read Android sebanyak 20%, dan juga Ark Compiler juga menghaluskan aplikasi pihak ketiga sebanyak 60%. 

EMUI10 juga menambah moda gelap untuk memberikan visual yang lebih nyaman. Mode gelap mengoptimalkan kedua kontras warna di antara teks dan latar belakang gelap, serta wama teks dan ikon sistem. Hasil akhirnya memastikan konsistensi visual, kenyamanan, dan kejelasan. EMUI10 mengadopsi teknologi terdistribusi yang revolusioner untuk mendukung video call resolusi HD antar banyak perangkat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…