Kemenperin Targetkan 250 Peserta Beradu Inovasi di IGDS 2019

Oleh : Ridwan | Sabtu, 24 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih
Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih

INDUSTRY.co.id - Denpasar - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) kembali melakukan acara sosialisasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019. Tahun 2019 ini, Ditjen IKMA menargetkan kepesertaan mencapai 250 orang. 

"Saat ini sudah lebih dari 100 peserta yang telah mendaftar dari berbagai daerah di Indonesia," kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih di saat acara Sosialisasi IGDS di Denpasar, Bali (23/8) malam.

Ia menjelaskan, Indonesia bisa masuk 10 besar perekonomian terbaik di dunia. Indikatornya dilihat dari GDP, daya saing, pendapatan per kapita. Sehingga hal ini yang harus terus ditingkatkan. 

"Industri adalah motor perekonomian, dan untuk meningkatkan daya saing maka perlu desain yang bagus. Saat ini daya saing Indonesia menduduki posisi 45 di dunia dari 140 negara. Targetnya bisa nomor 4 nanti pada 2030, setelah China, Jepang, dan Korea," sebutnya.

Untuk itu, industri harus kolaborasi dengan desainer dalam menghasilkan produk yang kreatif dan inovatif. "Makanya kami buat program IGDS ini dan sudah ada sejak 2001," imbuhnya.

Tahun 2019 ini kategorisasi, kata dia, hanya untuk industri kecil menengah (IKM) saja. "Jadi disasar ke kategori itu baik furnitur, home dekorasi, perhiasan, kriya, kemasan, dan alas kaki. Ke depan akan kami buka lagi," katanya.

Lebih lanjut, Gati mengungkapkan, untuk penyelenggaraan IGDS tahun 2019 ini memang dibatasi, karena waktu yang sempit. Biasanya, untuk industri besar waktu yang dibutuhkan harus panjang. "Makanya tahun ini IKM saja pesertanya, karena mereka bikin produk bisa cepat," imbuhnya.

Data Disperindag Bali, mencatat hingga Agustus 2018 jumlah IKM di Pulau Dewata mencapai 15.134 unit. Angka ini naik 142 unit dari total jumlah IKM tahun 2017.

"Pesertanya sekarang sudah 120an dari seluruh Indonesia. Nah ini ditutup 15 September 2019, jadi masih ada waktu sebulanan. Akan diseleksi best 20, kemudian best 3, dan grand award," sebutnya.

Pihaknya pun melihat produk yang telah laku di pasar, bukan hanya dari sisi design dan kemasan yang indah saja. Kendala Indonesia untuk bersaing di dunia, imbuh dia, adalah daya saing.

"Makanya saya memotivasi supaya para designer bekerjasama dengan industriawan untuk memproduksi suatu produk dengan daya saing tinggi di dunia internasional, setelah itu mencari cara agar harganya kompetitif bahkan murah, selain memikirkan fungsinya dan kegunaannya sehingga bisa laku di pasar," papar Gati.

IGDS ke-16 ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian Indonesia dan Bali, serta mengantar Indonesia ke persaingan kancah internasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…