Siapkan Atlet eSport Handal, First Media Hadirkan First Warriors Berhadiah Total Rp1,3 Miliar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:05 WIB

First Media Luncurkan First Warriors (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
First Media Luncurkan First Warriors (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, pemimpin di industri penyedia TV Cable dan Fixed Broadband Cable Internet di Indonesia meluncurkan audisi pencarian bakat atlet eSports pertama di Indonesia, First Warriors.

Dalam upayanya membangun ekosistem eSports, First Media bersama dengan para mitranya menyelenggarakan First Warriors melalui kompetisi di enam kota besar, yaitu Jakarta, Medan, Batam, Surabaya, Semarang, dan Bandung.

Peluncuran First Warriors dibuka oleh Deputy Chief Executive Officer (CEO) PT Link Net Tbk, Victor Indajang dan Content & eSports Director PT Link Net Tbk Ferliana Suminto, serta dihadiri oleh Chief Marketing Officer (CMO) PT Yamisok Tech Indonesia Diana Tjong, Business Development & eSports Manager Garena Indonesia Wijaya Nugroho dan Wakil Ketua Umum Indonesia eSports Association (IESPA) William Cahyadi.

Victor Indajang, Deputy CEO PT Link Net Tbk pada saat peluncuran mengungkapkan pentingnya mendukung ekosistem eSports. First Media berkomitmen untuk ikut membangun ekosistem eSports di Indonesia.

"Selain menghadirkan produk bagi para pencinta games, seperti paket Game Xpert, kami juga menjadi sponsor di berbagai acara eSports yang diselenggarakan di berbagai kota, salah satunya Piala Presiden eSports 2019. Secara khusus, First Warriors kami hadirkan untuk semakin melengkapi inisiatif First Media dalam mendukung pemerintah memajukan dunia eSports di tanah air," ungkap Victor di Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Dalam Newzoo’s 2019 Global Games Market Report mengungkapkan bahwa industri eSports akan terus bertumbuh, dan Mobile Gaming (Smartphone dan tablet) akan kembali menjadi segmen paling besar pada tahun 2019, dengan pendapatan mencapai US$68,5 miliar – mencapai 45% dari pasar global games, serta sebanyak 80% atau US$54,9 miliar berasal dari smartphone games. Dan pada tahun 2022, Newzoo memprediksi mobile gaming akan menghasilkan revenue sebesar $95,4 miliar.

“Kami melihat tren dunia dimana mobile gaming sedang mendominasi dan Free Fire merupakan mobile game popular saat ini, karenanya kami bermitra dengan Garena untuk membawa eSport Free Fire di season pertama ini. Kami harapkan melalui ajang ini akan melahirkan talent-talent muda berbakat yang terus masuk ke dunia eSports Indonesia, karena itu bagi para penggemar eSports #JadilahyangPertama bersama First Warriors,” ungkap Ferliana Suminto, Content & eSports Director PT Link Net Tbk.

Untuk mendukung First Warriors, First Media menghadirkan paket POP Game Xpert untuk para gamer, khususnya milenial, dimana paket ini terdiri dari High Speed Unlimited Broadband Internet, High End Game Router, dan Best Quality Channels yang di bundling dengan beragam merchandise menarik lainnya, seperti Smartphone, Smartwatch, dan game voucher dengan harga paket mulai dari Rp 289.500 (sebelum PPN).

Bukan hanya kompetisi dan produk baru bagi pencinta games saja yang dihadirkan, First Media juga akan meluncurkan in-house channel khusus eSports di layanan tv cable First Media yaitu First Warriors di channel #999 yang mulai tayang pada Oktober 2019.

"Channel ini akan menghadirkan lebih dari 1.000 jam konten gaming dan eSports diantaranya kompetisi, turnamen, reality show, ulasan game, dan konten eSports lainnya di Indonesia. Hal ini untuk memberikan dukungan secara menyeluruh bagi pertumbuhan ekosistem eSports di Indonesia," tambah Ferliana.

First Warriors yang digelar di enam kota di Indonesia terdiri dari kompetisi offline dan online. Untuk kompetisi offline akan dimulai dari kota Medan bertempat di Sun Plaza pada 15 September 2019, Surabaya di Galaxy Mall pada 22 September 2019, Bandung di Istana Plaza pada 29 September 2019 dan Jakarta pada 6 Oktober 2019 bertempat di Lippo Mall Puri.

Sedangkan untuk kompetisi online akan dibuka pertama di kota Batam mulai 9 September hingga 13 September 2019, dan dilanjutkan di kota Semarang pada 16 September hingga 20 September 2019. Audisi finalis akan berlangsung di High Ground Cafe, PIK pada 15 Oktober hingga 26 Oktober 2019.

Untuk Grand Final First Warriors akan dilakukan di Jakarta bertempat di Mall Taman Anggrek pada 27 Oktober 2019 dan menghadirkan para juri expert di bidangnya, seperti SKYLA, Kapten Liong, Meri Olivia, dan Kulgar (duo).

Untuk registrasi peserta perorangan First Warriors sudah bisa dilakukan melalui laman resmi First Media. Kompetisi rencananya akan diikuti sekitar 15.000 peserta dengan jumlah pertandingan lebih dari 100 pertandingan. Dalam menyelanggarakan kompetisi ini, First Media bekerja sama dengan Yamisok, Garena Indonesia, dan Indonesia eSports Association (IESPA).

"Kompetisi ini dimulai dari registrasi perorangan, kualifikasi, karantina finalis untuk dibekali berbagai materi hingga menjadi sebuah tim profesional. Keseluruhan ini akan dikemas dalam bentuk reality show, bahwa tidak mudah menjadi pemain eSports dan dari sebuah mimpi bisa menjadi kenyataan disini. Kami harap acara ini akan terus berlangsung dan menarik banyak bakat-bakat baru untuk berkecimpung di dunia eSports." kata Chief Marketing Officer PT Yamisok Tech Indonesia, Diana Tjong.

Sebanyak 48 finalis hasil seleksi kompetisi yang menang di setiap kota akan dikarantina untuk dibekali materi dari para ahli dan mentor untuk menjadi tim profesional yang akan bertanding di Grand Final di Jakarta. Total hadiah yang disediakan senilai Rp 1,3 miliar termasuk dikontrak eksklusif sebagai Official eSports Team First Media yaitu First Raiders.

“First Media berkomitmen untuk selalu menjadi yang pertama dan terdepan dalam mengembangkan inovasi dan selalu mengambil momen yang tepat untuk dapat melayani masyarakat Indonesia dengan lebih baik. Dalam kesempatan ini, kami mengajak banyak pihak untuk #PlayforGreatness bagi kesuksesan eSports Indonesia,” tutup Victor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar

Jumat, 28 Februari 2020 - 13:05 WIB

Waduh, 27 Kawasan Industri yang Masuk RPJMN 2020-2024 Belum Punya Izin Operasi

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar mengatakan terdapat 27 kawasan industri yang ditargetkan akan dibangun pada 2020-2024. Namun, sebagian besar rencana…

NusantEro Big Band Padukan Musisi Lintas Generasi

Jumat, 28 Februari 2020 - 13:00 WIB

NusantEro Big Band Padukan Musisi Lintas Generasi

Mengaransir lagu karya komposer masa lalu dalam nuansa kekinian mungkin sudah umum terjadi. Namun jika lagu-lagu dari berbagai daerah di negara Eropa dan Indonesia disajikan dalam nuansa yang…

CEO Nagaswara Music Rahayu Kertawiguna

Jumat, 28 Februari 2020 - 12:30 WIB

Nagaswara Music Rilis Single Penyanyi Pop

Nagaswara terus membuktikan eksistensinya sebagai label rekaman paling produktif dalam menggelontorkan penyanyi andalannya untuk mengisi industri musik Indonesia. Setelah meluncurkan akhir Februari…

Schneider Electric Indonesia

Jumat, 28 Februari 2020 - 12:05 WIB

Terbitkan 21 Indikator, Cara Schneider Electric Raksasa Bisnis Energi dan Otomasi Global Mengukur Kinerja Berkelanjutannya

ntuk tahun kelima, Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, mengumumkan laporan tahunan 2019 yang menggabungkan laporan keuangan dan…

Dianna Dee

Jumat, 28 Februari 2020 - 12:00 WIB

Dianna Dee Percaya Diri Mengarungi Industri Musik Nasional

Meski pernah gagal pada single perdana tidak membuat Dianna Dee Starlight, putus asa.