786 Bilik Huntara Tersisa Segera Dihuni Warga Terdampak Bencana di Palu, Sigi dan Donggala

Oleh : Hariyanto | Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:10 WIB

Hunian Sementara atau Huntara
Hunian Sementara atau Huntara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian PUPR membangun hunian sementara (huntara) sebanyak 699 unit yang terdiri dari 8.388 bilik di 72 lokasi di Palu, Sigi dan Donggala.

Pembangunan huntara bertujuan agar warga yang terdampak bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi dapat tinggal sementara di daerah yang relatif aman apabila terjadinya bencana, sambil menunggu pembangunan hunian tetap (huntap) selesai dilakukan.  

Dari hasil validasi data tanggal 15 Agustus 2019 yang dilakukan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tengah Ditjen Cipta Karya, jumlah huntara yang belum dihuni sebanyak 786 bilik, dengan rincian di Kota Palu sebanyak 320 bilik tersebar di 6 lokasi, Kabupaten Sigi sebanyak 141 bilik tersebar di 3 lokasi dan Kabupaten Donggala sebanyak 325 bilik tersebar di 5 lokasi.

Menurut Kepala BPPW Sulteng Ferdinand Kano Lo, belum terhuninya huntara karena masih menunggu Surat Keputusan yang diterbitkan Pemerintah Daerah bagi nama-nama penghuni huntara. Penyebab lain adanya warga yang memilih tinggal di rumah agar mendapat bantuan sosial dari pihak lain termasuk bantuan jatah hidup.

“Untuk itu kami berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan sektor terkait untuk mencari solusi percepatan penghunian huntara,” kata Ferdinand Kano Lo melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id,  Minggu (18/8/2019).

Hingga saat ini, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah memulai pembangunan sebanyak 7.188 unit hunian tetap (Huntap) untuk para korban gempa di Palu, Sigi dan Donggala. Huntap yang akan dibangun adalah rumah tipe 36 di atas lahan seluas 150 meter persegi dengan konstruksi bangunan tahan gempa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Legenda Sepak Bola Luis Figo

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:30 WIB

Legenda Sepak Bola Luis Figo Ikut Promosikan UEFA EURO 2020 akan Tayang di RCTI

Untuk Ke 7 kalinya MNC group menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020. MNC Group melalui RCTI dan PT MNC Vision Networks Tbk (MVN) dipercaya untuk menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020…

Maskapai Garuda Indonesia

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:00 WIB

Garuda Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Pneumonia Wuhan

Maskapai nasional Garuda Indonesia meningkatan upaya antisipatif dan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus pneumonia Wuhan atau novel coronavirus (nCoV) .

Diskusi Pencak Silat Betawi di TIM

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:17 WIB

Ini Arah Pencak Silat Betawi Sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah menetapkan pencak silat sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Dunia dari Indonesia dalam…

Tol Hutama Karya

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:00 WIB

Hutama Karya-BPJT dan ATI Gelar Aksi Keselamatan di Jalan Tol

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali melanjutkan kampanye peningkatan kesadaran keselamatan dalam berkendara di jalan tol yang dikelolanya. Kampanye bertajuk SETUJU yang merupakan…

Traktor untuk pertanian

Minggu, 26 Januari 2020 - 15:57 WIB

Kementan Dorong Pemanfaatan Lahan Di Wilayah Perhutanan Sosial

Kementan sejak tahun 2017 sudah mulai memanfaatkan lahan di perhutanan untuk pertanaman komoditas tanaman pangan.