786 Bilik Huntara Tersisa Segera Dihuni Warga Terdampak Bencana di Palu, Sigi dan Donggala

Oleh : Hariyanto | Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:10 WIB

Hunian Sementara atau Huntara
Hunian Sementara atau Huntara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian PUPR membangun hunian sementara (huntara) sebanyak 699 unit yang terdiri dari 8.388 bilik di 72 lokasi di Palu, Sigi dan Donggala.

Pembangunan huntara bertujuan agar warga yang terdampak bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi dapat tinggal sementara di daerah yang relatif aman apabila terjadinya bencana, sambil menunggu pembangunan hunian tetap (huntap) selesai dilakukan.  

Dari hasil validasi data tanggal 15 Agustus 2019 yang dilakukan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tengah Ditjen Cipta Karya, jumlah huntara yang belum dihuni sebanyak 786 bilik, dengan rincian di Kota Palu sebanyak 320 bilik tersebar di 6 lokasi, Kabupaten Sigi sebanyak 141 bilik tersebar di 3 lokasi dan Kabupaten Donggala sebanyak 325 bilik tersebar di 5 lokasi.

Menurut Kepala BPPW Sulteng Ferdinand Kano Lo, belum terhuninya huntara karena masih menunggu Surat Keputusan yang diterbitkan Pemerintah Daerah bagi nama-nama penghuni huntara. Penyebab lain adanya warga yang memilih tinggal di rumah agar mendapat bantuan sosial dari pihak lain termasuk bantuan jatah hidup.

“Untuk itu kami berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan sektor terkait untuk mencari solusi percepatan penghunian huntara,” kata Ferdinand Kano Lo melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id,  Minggu (18/8/2019).

Hingga saat ini, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah memulai pembangunan sebanyak 7.188 unit hunian tetap (Huntap) untuk para korban gempa di Palu, Sigi dan Donggala. Huntap yang akan dibangun adalah rumah tipe 36 di atas lahan seluas 150 meter persegi dengan konstruksi bangunan tahan gempa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Senin, 16 September 2019 - 12:00 WIB

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Pengembangan pariwisata Nias di Sumatera Utara (Sumut) yang kaya dengan beragam potensi alam dan budaya mendapatkan dukungan banyak pihak atau multisektor.

Menteri PUPR Basuki dan para insinyur Muda

Senin, 16 September 2019 - 10:28 WIB

Menteri Basuki: Kolaborasi Insinyur Muda ASEAN Perlu Terus Ditingkatkan

Menteri Basuki berpesan untuk para insinyur muda ASEAN untuk dapat mempelajari lebih lanjut dan menerapkan konsep Lean Construction.

Tanaman kacang hijau

Senin, 16 September 2019 - 09:23 WIB

Kementan: Keuntungan Budidaya Kacang Hijau Menggiurkan

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menilai budidaya kacang hijau akhir-akhir ini memberikan keuntungan yang mengiurkan. Mengapa demikian? Karena kacang hijau produksi dalam negeri ternyata…

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…