SUCOFINDO-BPJPH, Mitra Lembaga Pemeriksa Produk Halal

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Agustus 2019 - 07:30 WIB

SUCOFINDO-BPJPH, Mitra Lembaga Pemeriksa Produk Halal
SUCOFINDO-BPJPH, Mitra Lembaga Pemeriksa Produk Halal

INDUSTRY.co.id - Tangerang– PT SUCOFINDO (Persero) melakukan penandatangan kerjasama dengan Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH). Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin dan Prof. Ir. Sukoso, M.Sc, Ph.D, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia bertempat di Tangerang.

Penandatangan nota kesepahaman merupakan wujud dukungan SUCOFINDO dalam menjalankan amanah sesuai dengan Undang-Undang 33 tahun 2014 dalam pemastian jaminan produk halal. “SUCOFINDO sebagai BUMN akan bermitra dengan pemerintah dalam kegiatan Lembaga Pemeriksaan Halal (LPH), Pelatihan Auditor Halal dan Penyelia Halal, Pengawasan Produk Beredar dalam rangka pemastian jaminan produk dan pemastian UMKM,” kata Bachder dalam sambutannya.

“Dengan kurang lebih 63 titik layanan seluruh Indonesia, dan sejumlah seluruh fasilitas yang dimiliki SUCOFINDO ini akan dapat mendukung seluruh kegiatan jaminan produk halal di Indonesia yang dikelola oleh BPJPH,” Lanjut Bachder. Dalam menjalanakan kerjasama tersebut, SUCOFINDO telah dilengkapi dengan fasilitas Lembaga Sertifikasi Produk yang sudah di Akreditasi sesuai ISO 17065 oleh KAN, Lembaga Inspeksi yang sudah di Akreditasi sesuai ISO 17020 oleh KAN, Laboratorium Pengujian Halal yang di Akreditasi sesuai ISO 17025 oleh KAN.

Selain itu, SUCOFINDO memiliki pegawai berjumlah 4000 yang di antaranya memiliki  kompetensi auditor untuk berbagai sistem manajemen dan siap diperluas ruang lingkupnya di bidang pemeriksaan kehalalan produk.

SUCOFINDO didukung dengan 43 Laboratorium yang siap diperluas ruang lingkupnya untuk menguji produk halal. Untuk tahap pertama, SUCOFINDO akan membuka 5 layanan laboratorium halal di 5 wilayah. Bertempat di Surabaya, Semarang, Medan, Makassar dan Samarinda.

“Sebagai BUMN PT SUCOFINDO (Persero) berkewajiban untuk mendukung setiap kebijakan yang ditetapkan pemerintah, termasuk melalui BPJPH,” Jelas Bachder.

Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Sukoso bahwa halal adalah bagian standar untuk menjawab persaingan di era global saat ini, “SUCOFINDO memiliki kesempatan dalam mendirikan pusat kajian halal atau Halal Center. Selanjutnya, seluruh proses itu nantinya akan di finalisasi oleh fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia. Berdasarkan fatwa itulah maka Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal mengeluarkan sertifikat halal dan mengeluarkan nomor registrasi halal,” kata Sukoso dalam sambutannya.

 “Di era global yang semakin kompetitif ini setidaknya kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Untuk menjawab hal itu, maka kita butuh standar yang salah satu standar tersebut adalah mengenai halal. Kami (BPJPH) sangat mendukung sekali pengembangan kawasan industri halal dengan memberikan One Stop Services untuk menghasilkan standar produk halal,” lanjut Sukoso.

Produk yang wajib dilakukan sertifikasi halal adalah barang dan jasa yang di antaranya makanan, minuman, kosmetik, obat, terutama bahan yang berbahan kulit. “Dalam mendukung realisasi industri halal di Indonesia dukungan dari BUMN-SUCOFINDO yang memiliki laboratorium dengan tingkat kecanggihan yang luar biasa, membuat kita harus optimis melihat ke depan bahwa kita siap bersaing.” Tutup Sukoso. 

Selain melayani Pengujian Halal Sucofindo juga memberikan layanan-layanan terbaru lainnya seperti Audit Keamanan Rantai Pasok ISO 28001, Audit SMK3, Sertifikasi Sistem Manajemen berbasis ISO, Biro Perjalanan Wisata (BPW), Lembaga Sertifikasi di Bidang Pariwisata (LSUP), Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO), Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU), dan Green Port Assesement.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:00 WIB

Garuda Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Pneumonia Wuhan

Maskapai nasional Garuda Indonesia meningkatan upaya antisipatif dan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus pneumonia Wuhan atau novel coronavirus (nCoV) .

Diskusi Pencak Silat Betawi di TIM

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:17 WIB

Ini Arah Pencak Silat Betawi Sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah menetapkan pencak silat sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Dunia dari Indonesia dalam…

Tol Hutama Karya

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:00 WIB

Hutama Karya-BPJT dan ATI Gelar Aksi Keselamatan di Jalan Tol

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali melanjutkan kampanye peningkatan kesadaran keselamatan dalam berkendara di jalan tol yang dikelolanya. Kampanye bertajuk SETUJU yang merupakan…

Traktor untuk pertanian

Minggu, 26 Januari 2020 - 15:57 WIB

Kementan Dorong Pemanfaatan Lahan Di Wilayah Perhutanan Sosial

Kementan sejak tahun 2017 sudah mulai memanfaatkan lahan di perhutanan untuk pertanaman komoditas tanaman pangan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 26 Januari 2020 - 14:00 WIB

Ketua MPR RI Salurkan Bantuan Korban Banjir Cililitan Jakarta Timur

- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali menyalurkan bantuan sosial kepada saudara-saudara yang terkena musibah banjir di Kelurahan Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur. Bantuan…