Bupati Pandeglang: Rhino Cross Triathlon Jadi Momentum Bangkitnya Pariwisata Tanjung Lesung

Oleh : Ridwan | Sabtu, 17 Agustus 2019 - 09:10 WIB

Bupati Padeglang, Irna Narulita (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Bupati Padeglang, Irna Narulita (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pandeglang - Kejuaraan Rhino Cross Triathlon dan Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon (Rhino MTB XCM) siap digelar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung pada 28-29 Septermber 2019. Tahun ini, event Rhino Cross Triathlon memasuki tahun ketiganya dengan jalur lintasan yang lebih menantang dengan pemandangan eksotic pantai Tanjung Lesung.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyambut baik event Rhino Cross Triathlon 2019. Menurutnya, event tahunan ini akan mendongkrak pariwisata di wilayah Pandeglang khusunya Tanjung Lesung pasca bencana Tsunami akhir tahun lalu.

"Ini event besar yang akan mendongkrak pariwisata dan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Pandeglang wabil khusus Tanjung Lesung," kata Irna kepada Industry.co.id di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu (17/8).

Dijelaskan Irna, pasca bencana akhir tahun lalu, sektor pariwisata di Pandeglang mengalami penurunan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, lanjutnya, event-event seperti ini (Rhino Cross Triathlon) sangat dibutuhkan untuk kembali memulihkan sektor pariwisata di Pandeglang. 

"Event kejuaraan Rhino Cross Triathlon ini sangat menguntungkan bagi pariwisata di Pandeglang, karena banyak dari peserta yang ikut dalam kejuaraan ini berasal dari berbagai belahan dunia," jelasnya.

Irna berharap event kejuaraan Rhino Cross Triathlon mampu memacu lebih cepat pemulihan sektor pariwisata di Pandeglang khususnya di Tanjung Lesung. "Event ini bukan wisata olahraga sembarangan, tentunya ada misi lainnya yaitu menjadikan daya tarik wisata bukan hanya di Tanjung Lesung tetapi juga daerah peyangga lainnya seperti Ujung Kulon," kata Irna.

Hal senada juga diungkapkan oleh Poernomo Siswoprasetijo, President Direktur PT. Banten West Java (BWJ) selaku pengelola KEK Tanjung Lesung. Ia optimis event tahunan Rhino Cross Triathlon mampu meningkatkan kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik ke Tanjung Lesung.

"Event Rhino Cross Triathlon juga sekaligus menjadi momentum pemulihan dan bangkitnya pariwisata di KEK Tanjung Lesung pasca bencana Tsunami Desember lalu," kata Poernomo.

Menurut Poernomo, Rhino Cross Triathlon adalah mata acara utma dari perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung yang merupakan sebuah perhelatan bertema sport tourism yang begitu populer dan mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam dan budaya Banten.

Sementara itu, Kepala Dina Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyanti mengatakan, acara ini (Rhino Cross Triathlon) masuk ke dalam kalender event pariwisata nasional. Festival tersebut juga bagian dari upaya untuk mengenalkan ragam destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pandeglang. Dengan begitu, kunjungan wisatawan ke Pandeglang akan meningkat.

"Ini juga langkah pemulihan wisata di Tanjung Lesung pascatsunami Selat Sunda. Kita berharap melalui event ini, geliat Tanjung Lesung terus kembali bangkit," ungkapnya.

Dijelaskan Eneng, ada tiga hal yang dapat memajukan pariwisata, yaitu, atraksi, akses, dan amenitas. Untuk akses, Pandeglang sedang mengembangkan jalan tol panimbang, apalagi Pandeglang memiliki ratusan objek wisata dan puluhan pulau yang harus dikembangkan.

Saat di Tanjung Lesung, para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai Tanjung Lesung, sekaligus menikmati momen-momen sunset nan elok dan romantis. Di tempat yang sama, pengunjung bisa bermain standup paddle board, kayak dan joy sailing. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…