Bupati Pandeglang: Rhino Cross Triathlon Jadi Momentum Bangkitnya Pariwisata Tanjung Lesung

Oleh : Ridwan | Sabtu, 17 Agustus 2019 - 09:10 WIB

Bupati Padeglang, Irna Narulita (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Bupati Padeglang, Irna Narulita (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pandeglang - Kejuaraan Rhino Cross Triathlon dan Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon (Rhino MTB XCM) siap digelar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung pada 28-29 Septermber 2019. Tahun ini, event Rhino Cross Triathlon memasuki tahun ketiganya dengan jalur lintasan yang lebih menantang dengan pemandangan eksotic pantai Tanjung Lesung.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyambut baik event Rhino Cross Triathlon 2019. Menurutnya, event tahunan ini akan mendongkrak pariwisata di wilayah Pandeglang khusunya Tanjung Lesung pasca bencana Tsunami akhir tahun lalu.

"Ini event besar yang akan mendongkrak pariwisata dan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Pandeglang wabil khusus Tanjung Lesung," kata Irna kepada Industry.co.id di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu (17/8).

Dijelaskan Irna, pasca bencana akhir tahun lalu, sektor pariwisata di Pandeglang mengalami penurunan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, lanjutnya, event-event seperti ini (Rhino Cross Triathlon) sangat dibutuhkan untuk kembali memulihkan sektor pariwisata di Pandeglang. 

"Event kejuaraan Rhino Cross Triathlon ini sangat menguntungkan bagi pariwisata di Pandeglang, karena banyak dari peserta yang ikut dalam kejuaraan ini berasal dari berbagai belahan dunia," jelasnya.

Irna berharap event kejuaraan Rhino Cross Triathlon mampu memacu lebih cepat pemulihan sektor pariwisata di Pandeglang khususnya di Tanjung Lesung. "Event ini bukan wisata olahraga sembarangan, tentunya ada misi lainnya yaitu menjadikan daya tarik wisata bukan hanya di Tanjung Lesung tetapi juga daerah peyangga lainnya seperti Ujung Kulon," kata Irna.

Hal senada juga diungkapkan oleh Poernomo Siswoprasetijo, President Direktur PT. Banten West Java (BWJ) selaku pengelola KEK Tanjung Lesung. Ia optimis event tahunan Rhino Cross Triathlon mampu meningkatkan kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik ke Tanjung Lesung.

"Event Rhino Cross Triathlon juga sekaligus menjadi momentum pemulihan dan bangkitnya pariwisata di KEK Tanjung Lesung pasca bencana Tsunami Desember lalu," kata Poernomo.

Menurut Poernomo, Rhino Cross Triathlon adalah mata acara utma dari perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung yang merupakan sebuah perhelatan bertema sport tourism yang begitu populer dan mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam dan budaya Banten.

Sementara itu, Kepala Dina Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyanti mengatakan, acara ini (Rhino Cross Triathlon) masuk ke dalam kalender event pariwisata nasional. Festival tersebut juga bagian dari upaya untuk mengenalkan ragam destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pandeglang. Dengan begitu, kunjungan wisatawan ke Pandeglang akan meningkat.

"Ini juga langkah pemulihan wisata di Tanjung Lesung pascatsunami Selat Sunda. Kita berharap melalui event ini, geliat Tanjung Lesung terus kembali bangkit," ungkapnya.

Dijelaskan Eneng, ada tiga hal yang dapat memajukan pariwisata, yaitu, atraksi, akses, dan amenitas. Untuk akses, Pandeglang sedang mengembangkan jalan tol panimbang, apalagi Pandeglang memiliki ratusan objek wisata dan puluhan pulau yang harus dikembangkan.

Saat di Tanjung Lesung, para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai Tanjung Lesung, sekaligus menikmati momen-momen sunset nan elok dan romantis. Di tempat yang sama, pengunjung bisa bermain standup paddle board, kayak dan joy sailing. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dahlan Iskan

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:00 WIB

Ulama Wanita

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid-19 adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 77 tahun. Beliau guru besar ilmu fikih Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif…

Ilustrasi PLTS

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:32 WIB

Asosiasi Energi Surya Indonesia Minta Regulasi PLTS Atap Memihak Kepada Masyarakat

Revisi Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 49/2018 belum juga selesai meski telah melewati pembahasan selama beberapa bulan.

Roman Forum, Roma, Italia (Foto: www.kolbehotelrome.com)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:30 WIB

Italia Hadirkan Video Game untuk Promosi Pariwisata dan Kebudayaan

Sebagai upaya untuk mempromosikan pariwsata, Kementerian Luar Negeri Italia (MFA Italia) telah memperkenalkan video game super menarik yang disebut, ITALY, Land of Wonders (ITALIA, Tanah Keajaiban).…

Bank Mandiri Genjot Perbankan Digital

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:00 WIB

Transaksi Cashless QRIS Meningkat Tinggi, Bank Mandiri Genjot Perbankan Digital

Transaksi keuangan digital terus bertumbuh seiring peningkatan aktivitas belanja online, perluasan pembayaran digital, dan pertumbuhan penggunaan digital banking. Bank Mandiri, yang berpengalaman…

Direktur Utama PT PLN, Zulkifli Zaini

Sabtu, 24 Juli 2021 - 14:48 WIB

Joss! Dirut PLN Zulkifli Zaini Raih Penghargaan CEO Terbaik dari The Iconomics

Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini meraih penghargaan Indonesia Best CEO Award 2021 “Employees’ Choice” kategori Electric Power yang diberikan oleh Iconomics Research and…