Tanjung Lesung Siap Gelar Kejuaraan Rhino Cross Triathlon dan Rhino MTB XCM

Oleh : Ridwan | Sabtu, 17 Agustus 2019 - 07:05 WIB

Konferensi pers Rhino X Triathlon (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Konferensi pers Rhino X Triathlon (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pandeglang - Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, PT Banten West Java (BWJ) kembali menggelar kejuaraan terbuka Triathlon lintas alam (Rhino Cross Triathlon) pertama di Indonesia. Kejuaraan tahunan yang diselenggarakan PT BWJ ini terdiri dari lomba berenang, balap sepeda, dan lari melintasi keindahan dan tantangan alam Tanjung Lesung yang akan dihelat pada 28-29 September 2019.

Rhini Cross Triathlon resmi diluncurkan bersamaan dengan Perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-74 tahun, serta Kampanye Experience Tanjung Lesung sebagai bagian dari upaya bersama pemulihan KEK Tanjung Lesung pasca bencana alam yang terjadi di akhir tahun 2018 lalu.

Perhelatan akbar yang dikemas dalam sebuah acara bertajuk "Pasar Kalitjaa" akan menghelat Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang akan dilaksanakan secara serempak di darat (Pasar Kalitjaa), laut dan udara oleh komunitas warga Badui, keluarga besar Tanjung Lesung, kelompok atlit kayak, padlle board, serta paramotor.

Direktur Operasional PT Banten West Java, Kunto Wijoyo menmgatakan, pihaknya telah siap menggelar event tahunan yaitu Rhino Cross Triathlon yang telah memasuki tahun ketiga peyelenggaraan. Menurutnya, event tahunan ini juga menjadi momentum pemulihan dan bangkitnya KEK Tanjung Lesung pasca bencana akhir Desember lalu.

"Event Rhino Cross Triathlon ini telah menjadi pelopor olahraga cross di Indonesia dengan track yang sangat menantang melalui jalur pantai, perbukitan, serta pedesaan. Tentunya event ini sangat menantang dan menarik untuk bisa dijual sebagai salah satu alternatif sport tourism di Indonesia," kata Kunto saat Konferensi pers peluncuran Rhino Cross Triathlon di KEK Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Jumat (16/8).

Kunto mengajak seluruh masyarakat dan komunitas pegiat olahraga sepeda, lari, dan berenang untuk meramaikan dan berpartisipasi di Rhino Cross Triathlon tahun ini. "Kami menyediakan hadiah total ratusan juta rupiah untuk para juara Rhino Cross Triathlon dan Rhino MTB XCM (Mountain Bike Cross Country Marathon)," terangnya.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengapresiasi PT Banten West Java (BWJ) yang telah konsisten menyelenggarakan event Rhino Cross Triathlon. Diakui Irna, event tahunan ini sangat menguntungkan, karena banyak peserta dari belahan dunia yang ikut meramaikan event tahunan milik PT BWJ ini.

"Kami (Pemda Pandeglang) optimis event Rhino Cross Triathlon ini dapat mengangkat kembali pariwisata Pandeglang khususnya Tanjung Lesung pasca bencana alam akhir tahun kemarin," kata Irna.

Lebih lanjut, ia berharap, gelaran Rhino Cross Triathlon mampu mempercepat pulihnya pariwisata Banten khususnya di Pandeglang. "Event ini bukan wisata olahraga sembarangan, tetapi ada misi lainnya yaitu menjadi magnet pariwisata bukan hanya Tanjung Lesung tetapi juga daerah peyanggah sekitarnya seperti Ujung Kulon," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyanti menjelaskan, festival Rhino Cross Triathlon Tanjung Lesung menjadi event andalan Provinsi Banten setelah Exciting Banten Festival (Seba Baduy). "Festival tahunan di Tanjung Lesung ini juga telah masuk ke dalam Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata, dengan menu utamanya yaitu sport tourism dan culture budaya," kata Eneng.

Oleh karena itu, Eneng berharap kepada seluruh pemangku kepentingan dan juga para Media untuk ikut bersama-sama mensukseskan dan mengkomunikasikan event Rhino Cross Triathlon ini kepada masyarakat luas.

Technical Manager Rhino Cross Triathlon, Taufik Hidayat menjelaskan, sesuai keinginan peserta tahun lalu, penyelenggaraan Rhino Cross Triathlon 2019 akan menjadi kompetisi yang lebih menantang. "Kami coba merealisasikan keinginan dari peserta tahun lalu, salah satunya dengan menghadirkan lintasan berbatuan di tepi pantai sepanjang 2km," kata Taufik.

Rhino Cross Triathlon digelar dalam 2 kategori yaitu kategori Rhino yang melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer, dan lari 10 kilometer, serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer, dan lari 5 kilometer. 

Sedangkan di ajang Rhino Mountain Bike XCM akan dipertandingkan ketegori-kategori antara lain, Women Open, Men Open, Men Junior, dan Men Master.

Registrasi peserta sudah dibuka sejak tanggal 1 Agustus lalu melalui website event: www.rhinoxtriathlon.com. Ada promo harga khusus yaitu, early bird dan flash sale bagi peserta yang mendaftarkan diri hingga 31 Agustus 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir (foto Ist)

Minggu, 18 April 2021 - 10:15 WIB

Goks, Perlu Ditiru dan Dicontoh! Soal Isu Reshuffle, Erick Thohir: Saya Siap Diangkat dan Dicopot

Isu perombakan (Reshuffle) Kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) semakin menguat. Meski begitu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku tidak terlalu cemas dengan hal…

Kain wastra nusantara

Minggu, 18 April 2021 - 10:02 WIB

Yuk Intip! Ini Dia Tiga Jenama Lokal Berbasis Wastra Nusantara yang Mendunia

Kain khas atau wastra nusantara memang begitu beragam dan menarik. Berbekal pola dan warna yang variatif, wastra nusantara bisa jadi pilihan bahkan andalan dalam berbagai suasana. Aneka busana…

Ilustrasi rendang

Minggu, 18 April 2021 - 09:31 WIB

Miliki Kelengkapan Sertifikat, KemenkopUKM Pacu Ekspor Rendang Payakumbuh ke Seluruh Belahan Dunia

Sumatera Barat khususnya Payakumbuh dengan ikonnya rendang, juga mampu menguasai pasar domestik setidaknya. Rendang ini bisa diterima dari Sabang sampai Merauke, berarti ada 270 juta pasar domestik…

Jejeran Unit Produksi Astra Daihatsu Motor di Fasilitas Logistik

Minggu, 18 April 2021 - 08:27 WIB

Permintaan Mobil Melonjak, Tak Nyangka, Daihatsu Lakukan Ini..

Jakarta-Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi pajak (PPnBM) secara bertahap dimulai pada Maret 2021 dalam rangka memberikan stimulus untuk pasar otomotif di Indonesia. Dukungan…

Ilustrasi Tempat Pembuangan Sampah Menjadi Bahan Bakar Alternatif Berupa Refused Derived Fuel (Photo by BUMN)

Minggu, 18 April 2021 - 08:15 WIB

Ini Dia Terobosan Keren, Gerakan Sedekah Sampah Berbasis Masjid

Jakarta– Pendekatan keagamaan sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengelola sampah. Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa nomor 47/2014 tentang pengelolaan…