Ruhut Usulkan Amran Kembali Jabat Menteri Pertanian

Oleh : Wiyanto | Selasa, 13 Agustus 2019 - 16:53 WIB

Mentan Amran Sulaiman
Mentan Amran Sulaiman

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Eskalasi politik jelang pergantian pemerintah terus memanas. Sejumlah partai politik bahkan gencar menuntut kursi-kursi strategis di kabinet. Menyikapi hal tersebut, politikus senior Ruhut Sitompul turut bersuara. Khusus sektor pertanian, Ruhut meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk mengalokasikan kursi Menteri Pertanian untuk kalangan profesional.

Menurut Ruhut, Amran Sulaiman merupakan sosok yang memenuhi kriteria tersebut.

“Amran adalah sosok yang profesional. Saya kenal Amran dari saat masih menjadi pebisnis sukses yang berhasil memiliki berbagai jenis usaha. Saat ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Pertanian, Ia bisa membuktikan kapabilitasnya sebagai profesional. Cepat sekali belajarnya,” ungkap Ruhut saat ditemui wartawan di Jakarta, Selasa (13/8).

Menurut Ruhut, sosok Amran telah membawa perubahan signifikan di sektor pertanian. Berasal dari luar birokrasi, Amran justru memahami pentingnya peranan para kelompok pemangku kepentingan di sektor pertanian.

“Siapa pun yang mau jemput bola dalam rangka pembangunan pertanian akan dilayani oleh Amran. Dia tidak ada istilah jaga image. Semua yang mendukung pertanian siap dilayaninya,” tandas Ruhut.

Sikap profesional tersebut, diungkap Ruhut, turut ditularkan ke jajaran Kementerian Pertanian (Kementan), dari level pimpinan hingga ke bawah. Memiliki pengalaman sebagai anggota tim sukses Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY )selama dua periode pada tahun 2004 – 2014, Ruhut menyoroti kepemimpinan Amran di Kementan berbeda dibandingkan menteri-menteri sebelumnya.

“Saya menjadi bagian dari tim Pak SBY selama dua periode. Saya bisa bandingkan dengan menteri atau kementerian sebelumnya. Saat ini, saya berani sebutkan bahwa pegawai Kementan dari atas sampai ke bawah, semua memiliki etos bekerja, bekerja, dan bekerja,” jelas Ruhut.

Usulan untuk mempertahankan Amran sebagai Menteri Pertanian sudah disampaikan Ruhut langsung kepada Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan.

“Saya sudah sampaikan ke Presiden Jokowi, saya juga sampaikan ke Pak Luhut. Mohon dicatat, Pak Amran ini adalah salah satu menteri yang berhasil. Saya doakan Pak Amran masih tetap bisa menjabat sebagai Menteri Pertanian untuk periode berikutnya,” sebut Ruhut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemprov Jabar kerjasama dengan Telkom University dan Cisco

Selasa, 02 Juni 2020 - 21:26 WIB

Pemprov jabar Gandeng Telkom University dan Cisco Wujudkan Kota Cerdas di Tengah Pandemi

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Telkom University, dan Cisco setuju untuk berkolaborasi dalam inisiatif Kota Cerdas, yang salah satunya mendukung Ketahanan Pelayan Publik dalam menghadapi COVID-19…

Aktifitas bongkar muat pelabuhan

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:19 WIB

PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) Berhasil Cetak Pendapatan Rp3,5 triliun Periode Januari-April 2020

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC membukukan pendapatan sebesar Rp. 3,5 triliun selama periode Januari-April 2020. Dengan capaian ini, IPC masih optimistis pendapatan usaha perseroan…

Rapat pleno Pengurus PWI Pusat

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:13 WIB

PWI Pusat Dorong Dewan Pers Proses Secara Hukum Pembuat Sertifikat UKW Palsu

Perbuatan pemalsuan sertifikat UKW tersebut merupakan tindak pidana. Hal ini tidak boleh didiamkan.

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:30 WIB

Industri Keramik Kalang Kabut Harga Gas Tak Kunjung Turun, Asaki Beri Ultimatum PGN Hingga Menkeu

Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) mendesak PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) sebagai suplier utama gas untuk industri agar segera bisa menyesuaikan sesuai Keputusan Menteri (Kepmen)…

Petani sedang garap sawah menggunakan traktor

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:28 WIB

BPS: Ekspor Pertanian Tumbuh 12,66 Persen

Di tengah melemahnya ekonomi nasional akibat wabah pandemi virus corona, ekspor pertanian tetap memperlihatkan kinerja yang baik. Tercatat, ekspor pertanian April 2020 sebesar US$ 0,28 miliar…