Ruhut Usulkan Amran Kembali Jabat Menteri Pertanian

Oleh : Wiyanto | Selasa, 13 Agustus 2019 - 16:53 WIB

Mentan Amran Sulaiman
Mentan Amran Sulaiman

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Eskalasi politik jelang pergantian pemerintah terus memanas. Sejumlah partai politik bahkan gencar menuntut kursi-kursi strategis di kabinet. Menyikapi hal tersebut, politikus senior Ruhut Sitompul turut bersuara. Khusus sektor pertanian, Ruhut meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk mengalokasikan kursi Menteri Pertanian untuk kalangan profesional.

Menurut Ruhut, Amran Sulaiman merupakan sosok yang memenuhi kriteria tersebut.

“Amran adalah sosok yang profesional. Saya kenal Amran dari saat masih menjadi pebisnis sukses yang berhasil memiliki berbagai jenis usaha. Saat ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Pertanian, Ia bisa membuktikan kapabilitasnya sebagai profesional. Cepat sekali belajarnya,” ungkap Ruhut saat ditemui wartawan di Jakarta, Selasa (13/8).

Menurut Ruhut, sosok Amran telah membawa perubahan signifikan di sektor pertanian. Berasal dari luar birokrasi, Amran justru memahami pentingnya peranan para kelompok pemangku kepentingan di sektor pertanian.

“Siapa pun yang mau jemput bola dalam rangka pembangunan pertanian akan dilayani oleh Amran. Dia tidak ada istilah jaga image. Semua yang mendukung pertanian siap dilayaninya,” tandas Ruhut.

Sikap profesional tersebut, diungkap Ruhut, turut ditularkan ke jajaran Kementerian Pertanian (Kementan), dari level pimpinan hingga ke bawah. Memiliki pengalaman sebagai anggota tim sukses Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY )selama dua periode pada tahun 2004 – 2014, Ruhut menyoroti kepemimpinan Amran di Kementan berbeda dibandingkan menteri-menteri sebelumnya.

“Saya menjadi bagian dari tim Pak SBY selama dua periode. Saya bisa bandingkan dengan menteri atau kementerian sebelumnya. Saat ini, saya berani sebutkan bahwa pegawai Kementan dari atas sampai ke bawah, semua memiliki etos bekerja, bekerja, dan bekerja,” jelas Ruhut.

Usulan untuk mempertahankan Amran sebagai Menteri Pertanian sudah disampaikan Ruhut langsung kepada Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan.

“Saya sudah sampaikan ke Presiden Jokowi, saya juga sampaikan ke Pak Luhut. Mohon dicatat, Pak Amran ini adalah salah satu menteri yang berhasil. Saya doakan Pak Amran masih tetap bisa menjabat sebagai Menteri Pertanian untuk periode berikutnya,” sebut Ruhut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…

Kota Surabaya

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.

Ekspor kerajjinan perhiasan (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 21 Oktober 2019 - 16:30 WIB

Kemenperin Fasilitasi IKM Perhiasan Perluas Akses Pasar

Kementerian Perindustrian proaktif memfasilitasi pelaku industri kecil dan menengah (IKM) perhiasan untuk terus memperluas akses pasarnya baik kancah domestik maupun global. Langkah strategis…