Dukungan Trakindo Melalui Literasi Sekolah Untuk Penguatan Pendidikan Berkarakter

Oleh : Nina Karlita | Senin, 12 Agustus 2019 - 19:40 WIB

PT Trakindo Utama (Trakindo) kembali menggelar kegiatan Lokakarya dan Pameran Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT) yang kali ini bertema “Membangun Karakter Bangsa dengan Kecakapan Literasi”
PT Trakindo Utama (Trakindo) kembali menggelar kegiatan Lokakarya dan Pameran Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT) yang kali ini bertema “Membangun Karakter Bangsa dengan Kecakapan Literasi”

INDUSTRY.co.id

JAKARTA, 12 Agustus 2019 – Penguasaan literasi sejak dini merupakan modal dasar bagi kesuksesan generasi penerus dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya. PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Cat® kembali menggelar kegiatan Lokakarya dan Pameran Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT) yang kali ini bertema “Membangun Karakter Bangsa dengan Kecakapan Literasi”. Acara yang dihadiri 40 guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan Trakindo dari berbagai daerah di Indonesia dan praktisi pendidikan ini bertujuan menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah, dan sekaligus menjadi agenda penghujung program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo yang telah dimulai sejak 2016.

Bari Hamami, President Director PT Trakindo Utama mengatakan, “Program seperti Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo, juga kegiatan Lokakarya dan PPGT hari ini, kami harap dapat menjadi kail untuk para tenaga pengajar dalam mengembangkan karakter anak didiknya di sekolah. Trakindo percaya penerapan pendidikan berbasis karakter yang dimulai sejak dini akan menjadi fondasi yang kuat bagi generasi penerus di masa depan. Jika karakter yang mereka miliki sejak Sekolah Dasar sudah baik, maka sampai kapan pun akan terus terjaga. Semoga apa yang kami lakukan dapat menjadi pendorong bagi sekolah untuk bertumbuh lebih baik lagi, memberikan hasil yang positif bagi khalayak luas, berkontribusi membangun bangsa, untuk kemajuan negeri,” jelas Bari.

Gelaran Lokakarya dan PPGT merupakan ajang unjuk praktik baik penerapan peningkatan kapasitas guru dan tenaga kependidikan dari 40 SDN binaan yang telah mengikuti rangkaian program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo 2016-2019. Beragam kegiatan pun dilaksanakan seperti; Lomba & Pameran Karya Literasi, talkshow bertema “Sharing Praktik Baik Program dan Kemitraan dalam Program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo”, hingga Lokakarya rencana tindak lanjut mandiri pengembangan gerakan literasi sekolah. 

Trakindo berharap manfaat yang dihasilkan dari program ini dapat terus berlanjut,memberikan pengaruh positif tak hanya ke 40 SDN binaan Trakindo, namun dapat lebih jauh menular ke sekolah-sekolah lain di penjuru negeri. Berangkat dari harapan tersebut, Trakindo menyerahkan “Buku Panduan Replikasi Program: Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo” kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Buku ini merupakan kristalisasi dari praktik baik yang telah dilakukan untuk menjadi rujukan bagi berbagai pihak yang berkecimpung di bidang pendidikan. Melalui buku ini juga diharapkan dapat terus mendukung program pemerintah dalam penerapan penguatan pendidikan karakter anak bangsa secara berkelanjutan.

Putra Asga, M.Si, Kasi PKK Guru Direktorat Jenderal GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerangkan kontribusi yang diberikan oleh Trakindo selama ini telah berjalan selaras dengan cita-cita dari  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar. “Kami sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh Trakindo ini, kehadiran program ini mampu memperkuat program pemerintah terkait pendidikan berbasis karakter di Indonesia. Semoga program seperti ini dapat terus dilaksanakan guna memberikan manfaat positif bagi pendidikan di Indonesia.” tutur Putra.

Pelaksanaan program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo sendiri merupakan sebuah bentuk dukungan Trakindo dalam menyukseskan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2015-2019 dalam hal peningkatan mutu dan relevansi pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Kemenperin: Indonesia Raih 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…