Penikmat Kopi di Jepang Kembali Bisa Menikmati Kopi Lamongan

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Agustus 2019 - 07:00 WIB

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)
Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Provinsi Jawa Timur kembali mengekspor kopi jenis tubruk asal Kabupaten Lamongan sebanyak 400 kg ke Osaka Jepang

Kepala Dinas Koperasi dan UKMK Provinsi Jatim, Mas Purnomo Hadi di Surabaya, pekan lalu mengatakan pelepasan ekspor yang dilakukan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bertujuan mendorong para pelaku usaha kecil menengah (UKM) berani mencoba pasar ekspor.

Purnomo ditemui usai acara "UMKM dan Koperasi Expo 2019 di Grand City, Surabaya, mengatakan secara umum pelaku UMKM di Jatim sudah siap merambah pasar ekspor, dan tercatat sebanyak 1773 UMKM menjadi perintis ekspor.

"Untuk yang sudah aktif ekspor sebanyak 333 UMKM, dan mereka secara kualitas dan kuantitas juga telah terjaga," kata Purnomo kepada Antara.

 

Komoditas asal Jatim yang berpotensi dan kini banyak diminta untuk pasar ekspor adalah di makanan dan minuman, mebel serta agro dengan fokus pada kopi dan kakao.

"Hari ini kami juga melepas ekspor biji kakao sebanyak 15 ton. Dan ini adalah yang pertama dilakukan khusus untuk biji kakao. Kami harapkan bisa terus berlanjut," katanya.

Terkait nilainya, Purnomo mengaku tidak mengetahui secara rinci namun tujuan utama ekspor kali ini adalah Pemprov Jatim mampu mendorong transaksi di sektor UMKM.

Sementara itu, Pemprov juga terus mendorong UMKM masuk daring dari jumlahnya saat ini yang mencapai 34.354 UMKM, dengan rincian sekitar 45-47 persen adalah UMKM yang sudah masuk daring, kemudian 30 persen adalah UMKM yang siap dan potensial untuk masuk ke pasar daring, sisanya 20 persen berstatus tidak jelas.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peduli ODHA, Pegadaian Serahkan Bantuan Sebesar Rp.41 Juta di Sragen

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:56 WIB

Peduli ODHA, Pegadaian Serahkan Bantuan Sebesar Rp.41 Juta di Sragen

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Pemimpin Wilayah Pegadaian Semarang Mulyono kepada penerima bantuan berinisial AS.

Bioskop CGV* Cinemas

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:37 WIB

Lanjutkan Ekspansi di 2020, CGV Luncurkan Layar Starium di Bogor

Hadir dengan tujuh layar pada debutnya di Sentul Bogor kini CGV* ada di 68 lokasi dengan 396 layar yang tersebar di 35 kota dan 16 Provinsi di Indonesia

 Menkominfo Johnny G Plate mengadakan pertemuan dengan President Qualcomm Cristiano Amon

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:18 WIB

Menkominfo Bahas Kerja Sama Pengembangan Teknologi 5G dengan Qualcomm di Davos

Menteri Johnny menyampaikan bahwa Indonesia berpeluang besar dan sedang bersiap untuk menjadi digital hub di kawasan Asia.

Evelina F. Pietruschka selaku Presiden Komisaris WanaArtha Life.

Jumat, 24 Januari 2020 - 18:32 WIB

WanaArtha Life Ambil Bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020

Switzerland-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life kembali ambil bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020 yang ke-50, tanggal 21-24 Januari…

Ilustrasi penipuan

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:03 WIB

Sepeda Listrik Murah Menjamur, Waspada Penipuan

Transaksi penipuan online seakan tak pernah henti dilakukan. Berbagai cara dan modus dilakukan untuk meraih keuntungan besar, meskipun ada ancaman pidana yang siap menjerat para pelaku.