Penikmat Kopi di Jepang Kembali Bisa Menikmati Kopi Lamongan

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Agustus 2019 - 07:00 WIB

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)
Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Provinsi Jawa Timur kembali mengekspor kopi jenis tubruk asal Kabupaten Lamongan sebanyak 400 kg ke Osaka Jepang

Kepala Dinas Koperasi dan UKMK Provinsi Jatim, Mas Purnomo Hadi di Surabaya, pekan lalu mengatakan pelepasan ekspor yang dilakukan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bertujuan mendorong para pelaku usaha kecil menengah (UKM) berani mencoba pasar ekspor.

Purnomo ditemui usai acara "UMKM dan Koperasi Expo 2019 di Grand City, Surabaya, mengatakan secara umum pelaku UMKM di Jatim sudah siap merambah pasar ekspor, dan tercatat sebanyak 1773 UMKM menjadi perintis ekspor.

"Untuk yang sudah aktif ekspor sebanyak 333 UMKM, dan mereka secara kualitas dan kuantitas juga telah terjaga," kata Purnomo kepada Antara.

 

Komoditas asal Jatim yang berpotensi dan kini banyak diminta untuk pasar ekspor adalah di makanan dan minuman, mebel serta agro dengan fokus pada kopi dan kakao.

"Hari ini kami juga melepas ekspor biji kakao sebanyak 15 ton. Dan ini adalah yang pertama dilakukan khusus untuk biji kakao. Kami harapkan bisa terus berlanjut," katanya.

Terkait nilainya, Purnomo mengaku tidak mengetahui secara rinci namun tujuan utama ekspor kali ini adalah Pemprov Jatim mampu mendorong transaksi di sektor UMKM.

Sementara itu, Pemprov juga terus mendorong UMKM masuk daring dari jumlahnya saat ini yang mencapai 34.354 UMKM, dengan rincian sekitar 45-47 persen adalah UMKM yang sudah masuk daring, kemudian 30 persen adalah UMKM yang siap dan potensial untuk masuk ke pasar daring, sisanya 20 persen berstatus tidak jelas.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelukis Seruni Bodjawati (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 12:00 WIB

Perempuan-Perempuan Menggugat Karya Pelukis Seruni Bodjawati

Ternyata seni lukis juga menjadi catatan sejarah perjalanan perjuangan kaum perempuan. Hak itu dibuktikan oleh pelukis Seruni Bodjawati dalam pameran tunggalnya yang berlangsung mulai 21- 31…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:59 WIB

Kualitas dan Harga Jagung Lokal Lebih Bagus

Jakarta - Pengamat Ekonomi Politik Pertanian Universitas Trilogi, Muhamad Karim menilai harga jagung lokal lebih bagus dibandingkan harga jagung impor adalah wajar. Pasalnya, saat ini jagung…

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…