Tingkatkan Kualitas SDM, Komatsu Indonesia Luncurkan Program Link and Match Kelas Komatsu

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 Agustus 2019 - 14:59 WIB

PT Komatsu Indonesia (dok Komatsu)
PT Komatsu Indonesia (dok Komatsu)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Produsen alat berat, PT Komatsu Indonesia meluncurkan kelas komatsu untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada era industri 4.0.

Direktur Utama Komatsu Indonesia, Pratjojo Dewo mengatakan, program ini merupakan bagian dari program Link and Match yang dilakukan perusahaan industri manufaktur alat berat dengan 35 SMK di seluruh pulau Jawa.

"Realisasi program ini dimulai sejak 2016 dengan MoU bersama SMK, penyusunan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) industri alat berat, sinkronisasi kurikulum, magang guru, penyediaan alat peraga pendidikan dan penyusunan silabus hingga modul pembelajaran," kata Pratjojo Dewo di Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Dewo mengatakan, program Link and Match merupakan bentuk konsistensi dan komitmen untuk mencerdasakan kehidupan bangsa serta mempersiapkan siswa SMK memasuki dunia kerja, khususnya di industri manufaktur alat berat.

"Di setiap sekolah, ada 35 siswa yang ikut program ini, sehingga setiap tahunnya akan lulus sekitar 1.225 siswa yang bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja di sektor industri alat berat," ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Eko S.A Cahyanto, mengatakan, menuntaskan masalah SDM pada era industri 4.0. harus dengan sebuah terobosan yang efektif dan efisien.

"Penggunaan model pembelajaran harus selaras dengan perkembangan industri, berarti mengikut sertakan dunia industri bergabung dalam menyiapkan tenaga kerja yang kompeten pada bidang industri," ujar Eko.

Untuk meningkatkan peran industri dalam pengembangan pendidikan vokasi industri, lanjut Eko, pihaknya telah mengusulkan untuk memberikan insentif bagi perusahaan industri yang melakukan kegiatan pembinaan dan pengembangan pendidikan vokasi, berupa pengurangan penghasilan kena pajak sebesar 200% dari total biaya yang dikeluarkan perusahaan. 

"Aturan insentif tersebut telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 45/2019 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 94/2010 tentang perhitungan penghasilan kena pajak dan pelunasan pajak penghasilan dalam tahun berjalan. Hal ini diharapkan memberikan perubahan dalam pengembangan pendidikan vokasi industri," tuturnya.

Eko menambahkan, sektor industri membutuhkan tenaga kerja yang kompeten, tidak saja dari keilmuan, tetapi lebih diutamakan penguasaan keterampilan dan attitude dalam bekerja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…