Semester I-2019, Volume Penjualan Semen dan Terak SBI Turun 2,4 Persen

Oleh : Ridwan | Rabu, 31 Juli 2019 - 17:15 WIB

Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., di Tuban
Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., di Tuban

INDUSTRY.co.id - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) hari ini mengumumkan laporan keuangan perusahaan atas kinerja semester pertama tahun 2018.

Meskipun pasar masih mengalami tekanan karena kelebihan pasokan, SBI mulai mencatat tren kinerja positif sejak bergabung dengan Semen Indonesia Group pada bulan Februari tahun 2019.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia terdapat penurunan konsumsi semen nasional pada semester pertama tahun 2019, terutama karena melambatnya kegiatan proyek dan pembangunan sebagai dampak dari kegiatan Pemilihan Umum, Bulan Ramadhan dan libur Hari Raya Idul Fitri.

"Hingga akhir semester pertama, SBI mencatat penurunan volume penjualan semen dan terak sebesar 2,4% dan berimbas pada penurunan pendapatan dari Rp 4,61 triliun pada semester I tahun lalu menjadi Rp 4,52 triliun pada semester I tahun 2019," ujar manajemen SBI dalam siaran pers, Rabu (31/7)

Di tengah persaingan pasar yang ketat dan perlambatan permintaan, SBI mampu mempertahankan pangsa pasar di semester I 2019 di angka 15,2%. Laba bruto meningkat sebesar 36% dan EBITDA sebesar 99%.

Pencapaian ini tidak lepas dari program-program efisiensi dan sinergi, yang terbukti berhasil menurunkan faktor-faktor biaya penjualan dan operasional, seperti penurunan biaya distribusi sebesar 9% dan penurunan biaya penjualan sebesar 59%.

Perusahaan juga berhasil mencetak Laba Sebelum Bunga dan Pajak Penghasilan sebesar Rp 192 miliar, dibandingkan kerugian pada semester pertama tahun 2018. Upaya-upaya tersebut telah membantu perusahaan memperkecil kerugian dari Rp 539 miliar pada menjadi Rp 279 miliar pada semester I tahun ini.

Ke depan, SBI akan terus fokus untuk melanjutkan tren positif untuk memperbaiki kinerja keuangan dengan memperkuat fundamental operasional, serta fokus pada program-program penambahan nilai untuk konsumen, antara lain solusi digital dan produk kemasan untuk aplikasi khusus seperti PowerMax.

Asal tahu saja, saat ini 98.3% saham SBI dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) yang merupakan bagian dari Semen Indonesia Group. SBI menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat.

Saat ini SBI mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong, Cilacap, Tuban, dan Lhoknga dengan total kapasitas 14,5 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2,400 orang. 

SBI saat ini juga mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan perusahaan dan solusi-solusi bernilai tambah lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di Universitas Sebelas Maret

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:20 WIB

Wimboh Dikukuhkan jadi Guru Besar Tidak Tetap FEB UNS

Surakarta—Untuk pertama kalinya, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengukuhkan guru besar tidak tetap di bidang Ilmu Manajemen Risiko pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Beliau…

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:00 WIB

SIA-BCA Travel Fair 2019 Tawarkan Harga dan Paket Perjalanan Menarik

Singapore Airlines (SIA) bersama Bank Central Asia (BCA) kembali menyelenggarakan Singapore Airlines – BCA Travel Fair 2019 pada tanggal 23 – 25 Agustus 2019. Travel fair ini akan diselenggarakan…

Petani santri milenial

Minggu, 25 Agustus 2019 - 08:13 WIB

Dorong Kerjasama Program Santri Tani dan OPOP

Surabaya - Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), sekaligus koordinator OPOP Training Center, Mohammad…

Kepala Badan Karantina Kementan di Sumbar

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:43 WIB

Sumbar Ekspor Cangkang Sawit Ke Jepang

Padang -  Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) melepas 22,8 ribu ton produk turunan sawit asal Sumatera Barat. Produk turunan sawit  masing-masing minyak sawit…

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo di UGM

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:24 WIB

BNI Syariah Dorong Kedaulatan Pangan Melalui Ekonomi Syariah

Jogjakarta - BNI Syariah berusaha mendorong kedaulatan pangan. Salah satunya dilakukan dengan partisipasi bank di acara Seminar Nasional Hasil Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian yang diadakan…