Semester I-2019, Volume Penjualan Semen dan Terak SBI Turun 2,4 Persen

Oleh : Ridwan | Rabu, 31 Juli 2019 - 17:15 WIB

Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., di Tuban
Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., di Tuban

INDUSTRY.co.id - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) hari ini mengumumkan laporan keuangan perusahaan atas kinerja semester pertama tahun 2018.

Meskipun pasar masih mengalami tekanan karena kelebihan pasokan, SBI mulai mencatat tren kinerja positif sejak bergabung dengan Semen Indonesia Group pada bulan Februari tahun 2019.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia terdapat penurunan konsumsi semen nasional pada semester pertama tahun 2019, terutama karena melambatnya kegiatan proyek dan pembangunan sebagai dampak dari kegiatan Pemilihan Umum, Bulan Ramadhan dan libur Hari Raya Idul Fitri.

"Hingga akhir semester pertama, SBI mencatat penurunan volume penjualan semen dan terak sebesar 2,4% dan berimbas pada penurunan pendapatan dari Rp 4,61 triliun pada semester I tahun lalu menjadi Rp 4,52 triliun pada semester I tahun 2019," ujar manajemen SBI dalam siaran pers, Rabu (31/7)

Di tengah persaingan pasar yang ketat dan perlambatan permintaan, SBI mampu mempertahankan pangsa pasar di semester I 2019 di angka 15,2%. Laba bruto meningkat sebesar 36% dan EBITDA sebesar 99%.

Pencapaian ini tidak lepas dari program-program efisiensi dan sinergi, yang terbukti berhasil menurunkan faktor-faktor biaya penjualan dan operasional, seperti penurunan biaya distribusi sebesar 9% dan penurunan biaya penjualan sebesar 59%.

Perusahaan juga berhasil mencetak Laba Sebelum Bunga dan Pajak Penghasilan sebesar Rp 192 miliar, dibandingkan kerugian pada semester pertama tahun 2018. Upaya-upaya tersebut telah membantu perusahaan memperkecil kerugian dari Rp 539 miliar pada menjadi Rp 279 miliar pada semester I tahun ini.

Ke depan, SBI akan terus fokus untuk melanjutkan tren positif untuk memperbaiki kinerja keuangan dengan memperkuat fundamental operasional, serta fokus pada program-program penambahan nilai untuk konsumen, antara lain solusi digital dan produk kemasan untuk aplikasi khusus seperti PowerMax.

Asal tahu saja, saat ini 98.3% saham SBI dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) yang merupakan bagian dari Semen Indonesia Group. SBI menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat.

Saat ini SBI mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong, Cilacap, Tuban, dan Lhoknga dengan total kapasitas 14,5 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2,400 orang. 

SBI saat ini juga mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan perusahaan dan solusi-solusi bernilai tambah lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Fotos Ist)

Minggu, 31 Mei 2020 - 15:00 WIB

PDIP Dukung Sepenuhnya Kebijakan Era New Normal

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan dukungan sepenuhnya atas kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meng┬Čajak seluruh rakyat Indonesia memasuki fase kehidupan…

Ilustrasi Pasien Corona (ist)

Minggu, 31 Mei 2020 - 14:50 WIB

Kabar Gembira, 10 Provinsi Ini Cetak Rekor Nihil Kasus Covid-19

Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto kembali mengumumkan data teranyar kasus Covid-19. Hingga saat ini terdapat 10 provinisi yang tidak ada penambahan kasus.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo

Minggu, 31 Mei 2020 - 14:30 WIB

102 Wilayah Laksanakan Kegiatan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memberikan kewenangan kepada 102 Pemerintah Kabupaten/Kota yang pada saat ini berada atau dinyatakan dalam zona hijau,…

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Minggu, 31 Mei 2020 - 14:00 WIB

Mulai 5 Juni Kenormalan Baru Bagi ASN

Pemerintah akan menerapkan tatanan normal baru (new normal) bagi aparatur sipil negara (ASN) mulai 5 Juni 2020. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan Rebiro)…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Minggu, 31 Mei 2020 - 13:50 WIB

Kecerdasan Menperin Agus Gumiwang Ramu Strategi Jitu Hadapi Pandemi Covid-19 Diakui Sejumlah Pelaku Industri

Pelaku usaha menyambut baik sejumlah kebijakan strategis yang telah dijalankan oleh Kementerian Perindustrian dalam mendukung aktivitas sektor industri sebagai upaya memacu pertumbuhan ekonomi…