Bangun Profil Bisnis Digital untuk UMKM, Tokoin Teken MoU dengan Kadin Indonesia

Oleh : Ridwan | Senin, 29 Juli 2019 - 21:42 WIB

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani bersama Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik dan Supply Chain, Rico Rustombi, serta Co-founder & CEO Tokoin, Reiner Rahardja seusai penandatanganan MoU
Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani bersama Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik dan Supply Chain, Rico Rustombi, serta Co-founder & CEO Tokoin, Reiner Rahardja seusai penandatanganan MoU

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tahun 2019 merupakan tahun yang sangat produkif bagi Tokoin. Setelah dilaksanakannya Grand Launching dan roadshow nasional serta internasional ke lebih dari 27 kota di 10 negara, Tokoin terus bekembang dan mengumumkan kerja sama resmi dengan berbagai institusi besar di dunia.

Hingga saat ini, Tokoin telah membangun kerja sama dengan perusahaan nasional seperti  Pasar Polis dan Ralali.com, komunitas UMKM seperti Sahabat UMKM, dan perusahaan internasional seperti Blockcrafters, Destreet, Refereum dan Tomochain.

Reiner Rahardja, CEO dari Tokoin mengatakan, Tokoin adalah projek blockchain terbaik dari Indonesia yang sudah mulai diakui 10 negara lain dengan diakui dua kementrian yakni Kementrian Perdagangan dan Kementrian Perindustrian, apalagi kami melakukan partnership dengan berbagai perusahaan raksasa di bidangnya masing-masing yang akan memperkokoh kekuatan kami merevolusi industri UMKM menjadi jauh lebih signifikan. 

"Dengan projek yang sudah berjalan dan terbukti merubah banyak hal, kami yang terbaik saat ini. Dan akan terus memajukan UMKM di Indonesia, melalui kerja sama yang luas dengan berbagai pihak," kata Reiner Rahardja di Jakarta, Senin (29/7).

Sebagai projek blockchain yang paling menjanjikan dari Indonesia saat ini, dukungan dari berbagai pihak pun terus mengalir untuk Tokoin secara nasional maupun internasional. Salah satu bentuk dukungan masif terkini adalah dengan diselenggarakannya Global Blokchain Forum yang diadakan oleh KADIN, the Blockchain Center of Excellece and Education (BCEE), dan the Global Blockchain Alliance (WTIA) serta Tokoin menjadi bagian integral didalamnya. 

Melanjuti dukungan yang telah terjalin antara KADIN dan Tokoin sejak November 2018, acara ini akan menjadi momentum penandatanganan kerja sama resmi (MoU) Tokoin dan KADIN yang dilakukan langsung oleh Rosan Roeslani selaku Ketua Umum Kadin Indonesia, serta Wakil Ketua Umum KADIN bagian Logistics & Supply Chain Management, Rico Rustombi dengan Co-founder & CEO Tokoin, Reiner Rahardja, yang disaksikan langsung oleh Kementerian terkait didepan 3000 audiens manacanegara. 

Kerja sama ini berbentuk dukungan dari Kadin Indonesia terhadap Tokoin dalam mendorong pertumbuhan UMKM yang lebih pesat lagi, dan dukungan Tokoin terhadap Kadin Indonesia untuk mendorong Indonesian Blockchain Center dalam mendukung talenta lokal.

Dalam kesempatan tersebut, Reiner Rahardja juga menjadi bagian dalam diskusi panel utama bersama Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong dan Penasihat Penguasa Abu Dhabi, Sheikh Khalfan dengan topik "Mendorong Transformasi Ekonomi Indonesia dengan Blockchain" untuk menyampaikan mengenai peran Tokoin dalam membantu penyelesaian masalah yang dihadapi oleh UMKM di Indonesia.

Dihadiri oleh 500 institusi investasi dan komunitas investor, serta 3000 lebih peserta industri mancanegara, momentum ini merupakan kesempatan bagi Tokoin untuk memperluas jangkauan kerja sama.

Acara ini juga dihadiri oleh Ender Xu, Founding Chairmain dari the Global Blockchain Investment Alliance dan Ketua dari HK Blockchain Association, Anggota dari Keluarga Penguasa Uni Emirat Arab - Al Fujairah, Sheikh Abdullah Bin Rashid Al Sharqi.

Turut hadir pula, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro.

"Indonesia sudah waktunya melakukan untuk gigi pada dunia bahwa projek blockchain dan cryptocurrency dari tanah air bisa mendunia dan membantu industri UMKM mengubah cara mainnya serta mempermudah mereka expansi mendapatkan partner dan pendanaan jauh lebih mudah," ungkap Reiner.

Berangkat dari permasalahan yang masih kerap dihadapi oleh UMKM di negara berkembang, Tokoin berupaya memberikan solusi dengan menjadi wadah para UMKM membangun profil bisnis digital dan credit scoring serta menjembatani UMKM untuk mendapatkan akses ke insitutsi finansial, perbankan, supplier, dan banyak lagi. 

UMKM merupakan salah satu penggerak roda perekonomian paling besar di negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia, yakni dengan menyumbangkan 60,3% pendapatan atas Produk Domestik Bruto (PDB) dan 97% atas tenaga kerja nasional. 

Kendati demikian, UMKM masih belum bisa lepas dari permasalahan yang sedari dulu menghambat laju pertumbuhan bisnisnya. Sebanyak 40% UMKM di negara berkembang belum terakses bantuan dari lembaga-lembaga finansial. UMKM kesulitan untuk mendapatkan bantuan pendanaan dari instansi-instansi finansial.

"Dilandasi oleh fakta tersebut, Tokoin membangun sebuah platform untuk membantu UMKM mengakselerasi bisnisnya. Lewat implementasi teknologi blockchain, UMKM difasilitasi untuk membangun kredibilitas usaha valid, yang tak diragukan oleh pihak institusi keuangan non-bank, oleh karenanya tidak akan ada lagi “trust issue” yang selama ini menghambat akselerasi UMKM di negara2 berkembang," tutupnya.

Bersama dengan tim Tokoin yaitu Eddy Christian (COO dari Tokoin) dan anggota tim lainnya, Tokoin hadir di acara Global Blockchain Summit dan siap untuk terus menyebarkan semangat Tokoin kepada seluruh peserta acara dan kepada berbagai komunitas serta intitusi yang hadir di acara tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…