Presiden Jokowi Segera Teken Perpres Mobil Listrik

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Juli 2019 - 10:15 WIB

mobil listrik indonesia ( foto Liputan6.com)
mobil listrik indonesia ( foto Liputan6.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, aturan terkait dengan mobil listrik sudah selesai dan siap ditandatangani Presiden Joko Widod (Jokowi).

"Perpresnya sudah selesai, mungkin hari-hari ke depan Presiden tandatangani," kata Luhut di Jakarta (24/7).

Menurut dia, seluruh menteri yang terlibat sudah menandatangai aturan terkait dengan mobil listrik itu. "Dari kami sudah selesai tanda tangan. Bu Sri Mulyani juga sudah," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Perpres Kendaraan Berbasis Listrik (KBL) yang akan segera terbit itu memuat sejumlah pasal tentang pemberian insentif dalam bentuk fiskal dan non-fiskal bagi perusahaan-perusahaan industri yang melakukan produksi KBL berbasis baterai.

Pemberian insentif fiskal dilakukan melalui pembebasan/pengurangan pajak pusat dan daerah, insentif bea masuk atas importasi KBL berbasis baterai, serta bentuk-bentuk insentif pajak lain.

Sementara pemberian insentif non-fiskal dilakukan melalui pelimpahan hak produksi atas teknologi terkait KBL berbasis baterai yang patennya telah dipegang pemerintah, pengecualian dari pembatasan penggunaan jalan tertentu, dan sebagainya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 19 Januari 2020 - 15:00 WIB

Bamsoet Dilantik Jadi Dewan Pembina E-Sport Indonesia

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dilantik menjadi Ketua Dewan Pembina Pengurus Besar (PB) e-Sport Indonesia periode 2020-2024 bersama Sandiaga Uno. Sedangkan Kepala Badan Intelijen Negara…

Truk bermuatan lebih

Minggu, 19 Januari 2020 - 14:30 WIB

Lima Industri Ini Dapat Pengecualian Zero ODOL Sampai 2022 dari Kemenhub

Kemenhub dan Kemenperin telah bersepakat akan memberlakukan pengecualian untuk kendaraan ODOL yang mengangkut 5 industri pengangkut komoditas berikut: semen, baja, kaca lembaran, beton ringan,…

Bandara Soekarno-Hatta Siap Jadi Destinasi Wisata dan Seni Budaya Indonesia

Minggu, 19 Januari 2020 - 13:00 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Siap Jadi Destinasi Wisata dan Seni Budaya Indonesia

Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan salah satu Pintu Gerbang Utama Indonesia dalam menyambut kedatangan wisawatan mancanegara.

K13N Band Ramaikan Industri Musik Nasional

Minggu, 19 Januari 2020 - 12:30 WIB

K13N Band Ramaikan Industri Musik Nasional

Meski industri musik Indonesia tengah mati suri, dan grup band mapan rontok. Ternyata tidak mengurang minat pemusik muda untuk meramaikannya. Salah satu nya K13N band, yang beranggotakan, Chikin…

DPP Parfia Gelar Parfi Award 2020

Minggu, 19 Januari 2020 - 12:00 WIB

DPP Parfia Gelar Parfi Award 2020

Terobosan dilakukan DPP Persatuan Artis Film (PARFI) Kuningan yang dikomandan Firman Nurjaya, Sultan Saladin dkk. Berencana akan menggelar ajang PARFI AWARDS 2020 dengan tema “Film Indonesia…