Bedah buku Bringing Civilization Together - Nusantara di Simpang Jalan karya SD Darmono

Oleh : Hariyanto | Kamis, 25 Juli 2019 - 07:36 WIB

Bedah buku Bringing Civilization Together - Nusantara di Simpang Jalan karya SD Darmono
Bedah buku Bringing Civilization Together - Nusantara di Simpang Jalan karya SD Darmono

INDUSTRY.co.id - Jakarta - President University bersama dengan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) menggelar acara bedah buku "Bringing Civilizations Together - Nusantara di Simpang Jalan" yang merupakan sebuah karya ke-6 dari SD Darmono Founder PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (Jababeka Group).

Acara bedah buku tersebut menghadirkan dua narasumber, yakni Prof. Budi Susilo Soepandji Ketua Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP) yang juga mantan Gubernur Lemhanas RI periode 2011-2016 serta Dr. Muhammad A.S. Hikam, Dosen President University yang juga mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi era Presiden Abdurahman Wahid.

Didepan para pelajar dan mahasiswa yang hadir Budi Susilo Soepandji atau biasa disapa Prof Budi mengatakan buku ini bercerita mengenai semangat dan optimisme seorang Darmono dalam upaya mengatasi berbagai persoalan utamanya membina manusia sebagai kunci peradaban.

"Ini merupakan buku yang penting, wajib dibaca, bagaimana kita membangun SDM yang unggul,  mengolah tata ruang, membangun smart city dan smart people, lalu budi pekerti, etika, cinta kasih, teknologi dan tantangan industri 4.0 hingga kepersoalan politik," kata Prof Budi dalam acara bedah buku "Bringing Civilizations Together - Nusantara di Simpang Jalan" di President Lounge Menara Batavia,  Jakarta, Rabu (24/7/2019)

Ditambahkannya, gagasan yang lahir didalam buku Darmono ini sangatlah dibutuhkan untuk membangun bangsa dewasa ini.

"Disini kita bisa lihat cita-cita besar Pak Darmono agar bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan masyarakatnya berdaya saing bahkan lebih unggul dari mereka dinegara maju, namun tetap menjunjung tinggi etika dan cinta kasih" ungkapnya.

Prof Budi menjelaskan lebih lanjut,  bahwa dalam buku ini SD Darmono memilih suatu istilah teknis, "human processing factory", untuk mempertegas gagasannya,  membina manusia adalah kunci peradaban.

Human Process Factory atau pabrik proses manusia, dengan artian Indonesia memiliki potensi yang besar yang perlu digarap bersama sama dengan dunia luar.

Beliau menceritakan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dengan sumber daya alamnya yang luar biasa.

Untuk itu, Indonesia harus memiliki konsep seperti pabrik yang memproses manusia, yaitu yang miskin jadi kaya, dan yang bodoh menjadi pandai.

"Dalam pembangunan manusia dan ekonomi perlu dilakukan pemerataan. Perlunya membangun smart cities dan smart people disetiap provinsi di indonesia. Jadi dari ribuan pulau yang ada,  nantinya tidak semua terkonsentrasi hanya di pulau Jawa. Karena itu untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat mutlak dibutuhkan sebuah kolaborasi. Jangan sampai pengertian Nation menjadi ekslusif sehingga menjadi hambatan dalam membangun bangsa," jelas Prof Budi.

Sementara itu, ditempat yang sama A.S Hikam menilai, ternyata selain sebagai pengusaha nasional, Darmono sangat piawai dalam menuangkan gagasan yang berasal dari pengalaman hidup yang dilakoninya dan pengetahuan yang dimilikinya.

"Pak Darmono dikenal sebagai sosok pebisnis handal yang kapasitasnya berkelas internasional, namun menulis buku juga ternyata enak dibaca juga mudah dimengerti oleh semua lapisan. Jarang sekali ada orang seperti ini," kata Hikam.

Buku ini menjadi makin menarik, karena selama ini jarang ada pebisnis yang bicara soal etika. Pasalnya selama ini dikatakan Hikam, pebisnis hanya akan mengedepankan keuntungan semata.

"Bukan hanya profit, etika menjadi prinsip utama Pak Darmono dalam menjalankan setiap proses bisnisnya," ujar Hikam.

Hal menarik lainnya, disebut Hikam adalah menyoal sentralisasi politik dalam buku yang ditulis oleh Darmono.

"Pebisnis selama ini menghindari yang berkaitan dengan politik. Namun, hal ini menjadi salah satu pandangan yang menarik diuraikan secara lugas oleh pak Darmono, didalam bukunya" tandas Hikam.

Perlu diketahui,  Inti dari buku "Bringing Civilizations Together"  karya SD Darmono adalah tentang membina manusia sebagai kunci peradaban.

Peradaban tersebut dimulai dari cinta, yakni  'cinta akan kebijaksanaan' dan 'cinta akan pengetahuan. Cinta tersebut kemudian menjelma menjadi etika, akhlak, moral, atau keluhuran budi.

Dalam menulis buku dan menjalankan setiap aktifitas pekerjaannnya SD Darmono dilandasi oleh cita-citanya untuk melayani orang lain atau orang banyak.

Melayani tersebut merupakan awal dari kebijaksanaan yang berlandaskan pengetahuan. Kebijaksanaan tersebutlah yang pada ujungnya dibutuhkan untuk membangun bangsa dan membangun peradaban.

Adapun buku-buku yang telah ditulis ataupun membahas profll SD Darmono lainnya ialah, Menembus Batas: Pemikiran, Pendapat, dan Visi Setyono Djuandi Darmono (2006),Think Big, Start Small. Move Fast (2009), One City One Factory: Mewujudkan 100 Kota Baru (2015), dan Building a Ship While Sailing (2017).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…