Menteri Rini: Kehadiran BUMNShop Dorong Peningkatan Kesejahteraan Warga Desa

Oleh : Herry Barus | Rabu, 24 Juli 2019 - 12:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Sukabumi -Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali bersinergi memperluas jaringan layanan BUMN Shop untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa. Perluasan ini salah satunya dilakukan di Sukabumi, Jawa Barat.

Selain menjual produk-produk barang dan jasa yang dihasilkan BUMN, BUMNShop juga menjual produk-produk UMKM karya masyarakat sekitar.

Keberadaan BUMNShop nantinya juga akan meningkatkan layanan inklusi keuangan di masyarakat desa melalui berbagai layanan transaksi keuangan.

Menteri BUMN, Rini M. Soemarno menargetkan akan ada 100 BUMNShop di Kabupaten Sukabumi. Saat ini 49 BUMNShop telah hadir untuk memenuhi kebutuhan warga di desa-desa di Sukabumi.

"Saya ke sini mengecek langsung dan memastikan yang sudah kita bangun berjalan baik. Ke depan kami akan mengevaluasi skala ukurannya sehingga bisa juga menampung UKM lokal," ungkap Menteri Rini di sela sela kunjungannya.

Ada pun produk-produk BUMN yang dijual di BUMNShop yaitu layanan penjualan kebutuhan sembako, obat-obatan, BBM dan LPG, kebutuhan pulsa, pupuk dan lain lain.

Selain menjual kebutuhan sehari-hari, di BUMNShop juga terdapat Pertashop yaitu layanan Pertamina yang memberikan akses energi bagi masyarakat di perdesaan terutama daerah terpencil dengan menyediakan One Stop Pertamina Product yaitu BBM, LPG dan Pelumas.

Sekitar 22 Pertashop kini telah beroperasi di Sukabumi dan ditargetkan bertambah hingga 30 Pertashop.

Pentingnya Digitalisasi

Menteri Rini juga menegaskan tentang pentingnya digitalisasi dalam mendukung penjualan produk-produk di BUMNShop. Digitalisasi juga akan membantu pemasaran dan perluasan usaha.

"Upaya-upaya ini, tidak sebatas pada ketersediaan produk, tapi juga pemikiran jangka panjang. Bagaimana bisa menambah lapangan pekerjaan dan menciptakan aktivitas produktif di tengah masyarakat," tegas Rini.

Untuk mendukung permodalan BUMNShop yang sudah beroperasi, BNI telah memberikan fasilitas pinjaman berupa kredit kemitraan kepada 6 BUMDes sebagai modal kerja BUMN Shop. Skema pinjaman ini diharapkan akan menjadi percontohan bagi pengembangan BUMDes lainnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis kredit kemitraan kepada BUMDes Motekar yang diwakili oleh pak Ilman selaku ketua BUMDes dan simbolis KUR ke salah satu pelaku UKM di Sukabumi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dokter Reisa Tim Covid-19

Minggu, 05 Juli 2020 - 06:21 WIB

Ayah Bunda Tolong Catat! Tips Sukses Belajar Dirumah, dr Reisa: Siswa Harus Gembira, Jangan Stres

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional dr. Reisa Broto Asmoro menyampaikan tujuh kiat atau cara sukses melakukan kegiatan belajar jarak jauh secara daring dari rumah. Ia mengatakan, pertama,…

Prajurit TNI di Lebanon Kembali Donasikan Obat-Obatan dan APD

Minggu, 05 Juli 2020 - 05:30 WIB

Prajurit TNI di Lebanon Kembali Donasikan Obat-Obatan dan APD

Bentuk perhatian kepada masyarakat desa binaan di wilayah Tulin, prajurit TNI yang tergabung Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Mekanis (Yonmek) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N/UNIFIL yang…

Ternak Sembawa (Doc: Kementan)

Sabtu, 04 Juli 2020 - 21:11 WIB

Jos Gandos, Sembawa Jadi Penyangga Pangan Nasional

Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan), yaitu Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak…

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Memaparkan Strategi Pariwisata di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Termasuk Penerapan 3M (Memakai masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak) Pada Sesi Bincang Santai di Acara Live Stream Traveloka LIVEstyle

Sabtu, 04 Juli 2020 - 20:30 WIB

Bertandang ke Traveloka, Ridwan Kamil dan Azwar Anas Beberkan Strategi Menggairahkan Pariwisata

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas bertandang ke akun sosial media Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital…

Uji Swab Covid-19

Sabtu, 04 Juli 2020 - 19:51 WIB

Bertambah 1.447 Kasus, Yurianto: Total Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Totalnya Menjadi 62.142

Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 per hari ini Sabtu (4/7) totalnya menjadi 62.142.