Tips Mencegah Gigi Berlubang Pada Si Kecil

Oleh : Andi Mardana | Selasa, 23 Juli 2019 - 21:15 WIB

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc. pakar kesehatan gigi dan mulut.(ist)
Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc. pakar kesehatan gigi dan mulut.(ist)

INDUSTRY.co.id- Jakarta - Anak sekolah telah melewati libur yang cukup panjang dan menyenangkan. Saat liburan bersama keluarga tentunya anak-anak mencoba berbagai macam makanan, mulai dari makanan manis, asam dan asin, bahkan panas dan dingin.

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc. selaku pakar kesehatan gigi dan mulut menerangkan, saat liburan, terkadang orangtua lebih permisif dalam mengontrol berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi anak.

"Harus diakuin orangtua terutama ibu-ibu lebih persimif gak sih ke anaknya? mungkin skrg ini lenih dibatasi makanan dan minuman untuk kesehatan gigi dan mulut anak. Bahkan guru-guru sekarang juga lebih ketat ke anak-anak muridnya," jelas Mirah pada talkshow Pepsodent Action 123 Complete di kawasan Kebayoran, Jakarta, Selasa (23/7).

Lebih lanjut Mirah menjelaskan, semangat untuk mengeksplorasi makanan dan minuman ini bisa berlanjut saat anak mulai bersekolah, dimana mereka juga terekspos dengan makanan dan minuman baru yang ingin mereka coba. Perlu diwaspadai bahwa ketika anak sering mengonsumsi makanan manis dan lengket maka akan lebih berpotensi mengalami masalah gigi dan mulut seperti gigi berlubang, plak gigi, dll.

"Karbohidrat, minuman karbonasi juga merupakan pencetus masalah gigi dan mulut. Karena bakteri dalam mulut senang yang manis mereka (bakteri) akan mengubah manis jadi asam, inilah yang menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak diobati dan ditambal bisa menyebabkan bau mulut, nafas yang tidak segar dan warna akan berubah gak cemerlang sehingga si kecil gak percaya diri," jelasnya.

Bukan hanya anak-anak, gigi berlubang dialami hampir setengah penduduk di dunia, dalam hal ini sebanyak 3,5 miliar dari 7,7 miliar penduduk di dunia mengalami gigi berlubang. "Gigi berlubang merupakan penyakit tidak menular (PTM) nomor 1 terbanyak di dunia. Masalah gigi berlubang bukan hanya anak-anak," kata Mirah.

Masalah gigi belum terasa jika baru mengenai email (lapisan terluar gigi). Namun ketika kerusakan gigi suda masuk ke lapisan bawah (dentin) penderitanya akan merasakan sakit itu. Ketika dibiarkan tanpa intervensi, kerusakan gigi akan masuk ke ruang saraf, si kecil akan mengalami sakit yang hebat sehingga ia tidak bisa sekolah, belajar dan melakukan aktivitas lain.

"Ketika didiemin aja sampai ke ruang saraf itu nyut-nyutan. Kasihan anak-anak tidak bisa sekolah, tidak bisa tidur," terangnya. Untuk itu, Mirah mengingatkan kepada orangtua untuk melakukan pencegahan dengan memastikan perlindungan yang lebih menyeluruh untuk kesehatan gigi dan mulut anak mereka.

Lebih lanjut Mirah membagikan tips perlindungan menyeluruh kesehatan gigi dan mulut si kecil.

1. Biasakan anak menyikat gigi dua kali sehari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sikat bagian kanan kiri, atas bawah masing-masing 30 detik dengan cara memutar. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut.

2. Persiapkan bekal yang sehat dan tidak banyak mengandung gula. Orangtua juga harus memperhatikan jajanan si kecil.

3. Orangtua harus memberikan pasta gigi yang memberikan perlindungan menyeluruh untuk gigi berlubang dan nafas segar.

Banyak ibu yang belum menyadari bahwa kebutuhan anak untuk memiliki gigi dan mulut yang sehat semakin kompleks seiring dengan pertumbuhan usianya.

"Tidak hanya perlu terlindung dari masalah gigi berlubang akibat ragam makanan yang berpotensi merusak gigi, anak juga membutuhkan perlindungan dari noda yang mengganggu warna alami gigi, serta nafas yang lebih segar agar mereka dapat lebih percaya diri dalam memberikan senyuman yang terbaik kepada orang-orang di sekitarnya," tegas Mirah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…