Rusmin: Caketum Golkar Sebaiknya adu Gagasan dan Program

Oleh : Herry Barus | Selasa, 23 Juli 2019 - 06:21 WIB

Partai Golkar (Foto Ist)
Partai Golkar (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Pengamat politik Rusmim Effendy menyarankan kandidat calon ketua umum partai Golkar sebaiknya adu gagasan, ide dan program demi kemajuan partai kedepan.

"Sekarang ini jelas terlihat persaingan antar caketum semakin tidak sehat dan saling menjatuhkan. Ini kan tidak elok dan memberi contoh ke publik apalagi Golkar dikenal sebagai partai tua yang sudah berpengalaman," ujarnya di Jakarta, Senin (22/7/2019)

Menurut Rusmin, cara-cara yang tidak sehat dalam perebutan kursi ketua umum harus dihindarkan. "Semakin banyak colon semakin baik, bukan saling menjatuhkan. Silakan saja bersaing secara fairnes. Siapa yang unggul pasti akan mendapatkan dukungan dari DPD I dan II sebagai pemilik suara," kata dia.

Sampai saat ini, lanjut dia, Golkar tetap memiliki captive market dan pesona, tetap survive dalam turbulensi perpolitikan nasional.

"Karena itu, figur ketua umum sangat menentukan masa depan Golkar dalam menghadapi pileg dan pilpres 2024," ujarnya.

Rusmin juga memprediksi bakal terjadi head to head antata Airlangga Hartarto (AH) versus Bambang Soesatyo (BS) di munas golkar mendatang.

"Sampai saat ini baru ada dua figur yang menonjol antara AH san BS, sedangkan figur lainnya belum kelihatan. Tapi namanya politik peta dukungan bisa berubah setiap saat dan muncul figur baru pada last minute," tegas dia.

Selain itu, lanjut Rusmin, siapapun yang terpilih menjadi ketua umum nanti faktor terpenting bagaimana Golkar mampu melakukan konsolidasi baik internal maupun eksternal, melakukan regenerasi dan program kerakyatan.

"Jangan sampai munas Golkar menjadi ajang perebutan kekuasaan atau struggle to power atau war of position antar elite Golkar. Tapi menjadikan munas sebagai ajang adu program, ide dan gagasan demi kejayaan partai kedepan," ujarnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Red Hat

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:30 WIB

Red Hat-DXC Technology Sepakat Percepat Pengembangan dan Pengerahan Aplikasi di Era Cloud dan Digital

Red Hat dan DXC Technology melanjutkan kolaborasinya dalam rangka membantu para pengembang membangun, menjalankan, dan mengelola aplikasi dalam container, dalam skala yang diperlukan pada suatu…

Indosiar Tayangan Lida 3

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:00 WIB

Indosiar Tayangan Lida 3

Indosiar benar-benar ingin menunjukan sebagai rumah dangdut Indonesia dan terdepan untuk masalah Musik dangdut di televisi. Karena ya, ketika tv lain tengah mencari format untuk Program dangdut,…

Presiden Jokowi (Foto Dok Hutama Karya)

Minggu, 26 Januari 2020 - 11:38 WIB

Presiden Jokowi Resmikan East Connection Taxiway Tahap 1 Bandara Soetta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, serta Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono,…

Fintech payment aplikasi Cashbac

Minggu, 26 Januari 2020 - 10:47 WIB

Rayakan Imlek Cari Cashbac

Rayakan tahun baru Imlek hadirkan promo angpao Lebih W88W untuk semua pengguna, dan berikan keuntungan lebih untuk pelanggan Maybank, Digibank by DBS dan OCBC NISP.

Gudetama Hadir Rayakan Perayaan Tahun Baru Imlek Di Mall Of Indonesia

Minggu, 26 Januari 2020 - 09:06 WIB

Moment Seru GUDETAMA Saat Hadir Merayakan Tahun Baru Imlek di Mall Of Indonesia

Jakarta-Gudetama akan memeriahkan perayaan hari raya Imlek tahun ini di Mall Of Indonesia dengan tema GUDETAMA SPRING CELEBRATION.