Dukung Komputasi Edge AI Berkecepatan Tinggi, MediaTek Luncurkan Platform AI IoT i700

Oleh : Hariyanto | Senin, 22 Juli 2019 - 12:01 WIB

MediaTek Helio P90
MediaTek Helio P90

INDUSTRY.co.id - Jakarta - MediaTek meluncurkan platform AI IoT i700, yang menawarkan komputasi edge AI berkecepatan tinggi untuk pengenalan gambar dengan cepat. Memperkuat kepemimpinan MediaTek dalam edge AI, platform i700 bisa diaplikasikan dalam berbagai scenario, termasuk kota cerdas, bangunan cerdas dan manufaktur cerdas.

Sebagai sebuah platform terintegrasi yang menggabungkan CPU, GPU, ISP dan sebuah unit proses AI khusus, i700 memampukan pelanggan untuk mempercepat pengembangan produk-produk IoT konsumen yang berbasis AI.

 

Mewakili generasi baru dari solusi AI IoT MediaTek, platform i700 memiliki CPU delapan-inti, termasuk dua inti ARM Cortex-A75 2.2GHz dan enam inti ARM Cortex-A55 2.0GHz, beroperasi bersama-sama ISP IMG 9XM-HP8 970MHz. Platform AI IoT baru ini mendukung CorePilot, yang memastikan alokasi efisiensi berbagai sumber daya proses di seluruh inti untuk kinerja maksimal dan efisiensi batere.

 

Sebuah mesin AI yang lebih baik terdiri dari prosesor AI inti-ganda khusus, AI Accelerator dan AI Face Detection Engine ditanamkan dalam platform i700. Seluruh komponen ini memungkinkan i700 untuk melakukan komputasi AI lima kali lebih cepat dibandingkan pendahulunya, i500.

Selain itu, i700 mendukung MediaTek NeuroPilot. Kompatibel dengan API Android Neural Network dari Google, i700 menyediakan sebuah platform terbuka bagi pelanggan dan produk perangkat untuk sepenuhnya memanfaatkan berbagai kerangka kerja industri umum seperti TensorFlow, TF Lite, Caffee dan Caffe2 ketika mengembangkan aplikasi-aplikasi baru.

 

Jerry Yu, Senior Corporate Vice President, unit bisnis Intelligent Devices, MediaTek, mengatakan, dengan hadirnya jaringan 5G, perangkat-perangkat cerdas mendorong permintaan akan kinerja edge AI dan IoT yang lebih baik. Sebagai cara yang paling langsung bagi kita untuk berinteraksi dengan perangkat, teknologi pengenalan wajah sudah diadopsi luas di berbagai industri.

"Platform MediaTek i700 terbaru adalah sebuah solusi terintegrasi yang menggabungkan pengalaman luas MediaTek dalam multimedia, komunikasi nirkabel dan AI. Tidak hanya menyediakan sebuah platform canggih bagi pelanggan kami, tapi juga mendukung upaya-upaya kami dalam ekosistem AI IoT untuk sebuah masa depan yang sangat terhubung." kata Jerry Yu melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id,  Senin (22/7/2019).

 

i700 mendukung konfigrasi kamera hingga kamera tunggal 32MP atau dua kamera 24MP+16MP. Platform ini juga mendukung pengenalan gambar yang akurat dengan latensi nol di video 30fps yang direkam dengan kamera 32MP, dan juga pengenalan kecepatan tinggi di video gerak lambat 120fps resolusi tinggi.

Selain itu, ISP tiga-inti yang sudah ditingkatkan mendukung proses 14-bit RAW dan 10-bit YUV, sementara mesin AI Face Detection memungkinkan pengenalan wajah dengan cepat.

 

Untuk konektivitas, platform i700 mendukung WiFi 802.11ac 2x2 dan Bluetooth Low Energy 5.0. Platform ini juga mendukung modem jaringan mobile hingga Cat.12, dengan 4x4 MIMP dan agregasi operator tri-band untuk memastikan produk pelanggan menghasilkan konektivitas stabil dan berkecepatan tinggi.

 

Kemampuan pengenalan AI yang luar biasa dari i700 menyediakan tulang punggung teknologi yang diperlukan untuk toko otomatis dan pembayaran dengan pengenalan wajah.

Penggunaan lainnya adalah kendali akses biometrik wajah, absen karyawan, dan sistem deteksi hambatan untuk forklift otomatis. Fungsi deteksi pose manusia 3D di i700 memungkinkan aplikasi untuk menyediakan layanan pelatihan kebugaran, atau memberikan peringatan ketika pengguna melakukan gerakan berbahaya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P.

Selasa, 10 Desember 2019 - 22:00 WIB

Panglima TNI : Prajurit Marinir Harus Siap Dengan Perubahan dan Beradaptasi Pada Tuntutan Zaman

Prajurit Marinir TNI AL harus siap mengikuti perubahan dan beradaptasi dengan tuntutan jaman dan jangan alergi terhadap perubahan serta selalu siap digerakkan sesuai dengan perintah pimpinan…

Lippo Mall Kuta

Selasa, 10 Desember 2019 - 21:42 WIB

Perda Perpasaran Bikin Industri pusat Perbelanjaan Tidak Sehat, APBI Lapor ke Menkop UKM

Jakarta - Asosiasi Pengurus Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyampaikan keluhan ke Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki terkait Perda DKI Jakarta No. 2 Tahun 2018 tentang Perpasaran yang…

PT Sarinah (Persero)

Selasa, 10 Desember 2019 - 21:34 WIB

BUMN Sarinah Jadi Etalase Produk UMKM Lokal, Ini Harapan Kemenkop Teten

Jakarta-BUMN PT Sarinah yang merupakan pusat perbelanjaan pelat merah diarahkan untuk menjadi showroom atau etalase produk UMKM lokal sehingga diperlukan sinergi yang lebih kuat mendorong dan…

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (foto humas Kemenkop)

Selasa, 10 Desember 2019 - 21:18 WIB

Kemenkop dan UKM Targetkan Peningkatan Kontribusi UMKM Terhadap PDB dan Ekspor

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM menyusun Strategi Pemberdayaan UMKM dalam lima tahun ke depan. Strategi ini merupakan implementasi dari program pemerintah dalam pengarusutamaan UMKM dalam…

David Maraharja, MM Tech President University

Selasa, 10 Desember 2019 - 20:50 WIB

Warung Kopi dan Gaya Hidup Melenial

Siapa yang tidak mengenal kopi?? Bila di tanyakan suka kopi atau tidak? Kebanyakan orang akan menjawab suka atau bahkan suka sekali. Memang kopi tidak mengenal usia, jenis kelamin dan pekerjaan.…