TP Rachmat Bos Triputra Group : Membangun Bisnis, Membangun People (Bag 4)

Oleh : Candra Mata | Selasa, 16 Juli 2019 - 06:05 WIB

Pendiri Triputra Group, Theodore Permadi Rachmat atau TP Rachmat (Foto ist)
Pendiri Triputra Group, Theodore Permadi Rachmat atau TP Rachmat (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - MEMBANGUN BISNIS, MEMBANGUN PEOPLE - Bapak dan Ibu yang saya kasihi...

Merintis, membangun, dan membesarkan United Tractors, Astra Group, Triputra Group, Adaro Group, adalah wujud rasa terima kasih melalui pembukaan kesempatan bekerja bagi ratusan ribu tenaga kerja, pemasukan pajak bagi negara, tumbuhnya ekonomi lokal-informal di banyak tempat, dan yang tidak kalah penting, membantu bangsa membangun pola pikir dan values generasi penerus.

Di perusahaan-perusahaan tersebut, belasan ribu engineer dilatih berbagai teknik problem solving dan teknik-teknik operational excellence. 

Dalam mata rantai selanjutnya, mereka tentu memberikan sumbangan yang tidak kecil dalam upaya untuk membangun engineering capability bangsa ini.

Setidaknya ada 2 lembaga pendidikan yang pada saat itu dibangun di Astra untuk mengembangkan talenta-talenta muda yang kompeten, memiliki mindset yang benar, dan menghidupi nilai-nilai luhur.

Yang pertama adalah AMDI, Astra Management Development Institute. Melalui AMDI, belasan ribu pemimpin Astra dari berbagai level dicetak, ilmu pengetahuan dilembagakan dan disebarluaskan.

Yang kedua adalah Politeknik Manufaktur Astra. Sejak tahun 1995, Polman Astra telah mencetak ribuan tenaga muda terdidik terlatih dalam berbagai bidang manufaktur seperti mekatronika, teknologi manufaktur, teknologi pembuatan peralatan presisi

Perusahaan-perusahaan itu juga mengadopsi kehebatan Toyota Production System, yang hari ini banyak dipakai banyak perusahaan untuk meningkatkan OPERATIONAL EXCELLENCE, tidak hanya di industri manufaktur otomotif, tapi diadopsi oleh berbagai industri lainnya.

Melalui Astra, berbagai usaha pembuatan komponen otomotif dilokalisasi, dan saat ini menjadi salah satu tulang punggung industri otomotif nasional.

Semoga semua itu secara langsung maupun tidak langsung, membantu meningkatkan daya saing bangsa, sehingga Indonesia makin dapat berdiri tegak di antara bangsa-bangsa, adil, dan sejahtera.

Bila di zaman dulu, semangat kejuangan dimaknai sebagai tindakan melawan bangsa penjajah, maka saat ini dan di masa yang akan datang semangat kejuangan perlu dimaknai sebagai upaya untuk membantu membangun kesempatan bekerja.

Terlibat dalam upaya pembangunan generasi penerus yang lebih hebat dari kita, dan sebisa mungkin membantu memecahkan masalah kesenjangan yang masih banyak terjadi di bangsa ini.

Dalam kesempatan yang baik ini, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para pengusaha, eksekutif, karyawan, dan semua pihak, yang pernah atau masih bekerja sama dalam mewujudnyatakan semangat kejuangan melalui kontribusi di berbagai bidang karyanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Manjakan pengemudinya Grab meresmikan Grabbike Lounge di Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu 7 Maret 2018 (Fadli: INDUSTRY.o.co.id)

Selasa, 12 November 2019 - 21:25 WIB

Grab Mengharapkan Konsumen Mengerti Hak dan Kewajibannya

Jakarta - Proses gugatan konsumen Grab bernama Zico Leonardo Djagardo Simanjuntak kepada perusahaan aplikasi transportasi online tersebut memasuki babak baru. Dalam persidangan kemarin (11/11),…

BMW M4 Competition

Selasa, 12 November 2019 - 20:45 WIB

Resmi Diluncurkan, BMW M4 Competition Seharga Rp 2,3 M Laris Terjual

BMW Group Indonesia resmi meluncurkan varian baru, BMW M4 Competition sebagai inkarnasi dari sport coupe asal Jerman. Model ini mendapatkan peningkatan tenaga, serta pilihan warna baru BMW individual…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Selasa, 12 November 2019 - 20:30 WIB

Kemenperin Tawarkan 359 Formasi dalam Seleksi CPNS 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali membuka kesempatan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 359 formasi pada tahun 2019. Hal ini sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan…

Ketum Dekopin Nurdin Halid, Menkop dan UKM Teten Masduki, Wagub Sulsel Sudirman Sulaiman.

Selasa, 12 November 2019 - 20:26 WIB

Wadah Tunggal Harga Mati, Nurdin Halid Canangkan Panca Program 2019-2024

Makassar – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid menegaskan bahwa Dekopin adalah wadah perjuangan dan kebersamaan dalam mewujutkan keadilan dan kemakmuran sosial melalui…

Mitsubishi Xpander Cross (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 12 November 2019 - 20:10 WIB

Resmi Mengaspal di Indonesia, Mitsubishi Xpander Cross Dibanderol Seharga Rp286 Juta

Mitsubishi Xpander akhirnya memiliki adik baru. Setelah dirilis pertama kali tahun 2017 lalu, Mitsubishi Motor Indonesia resmi memperkenalkan Xpander Cross hari ini, Selasa, 12 November 2019.